Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Mohon maaf kami tidak bisa melayani Anda dari tgl 17-19 Nov. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Cepat Turunkan Kolesterol! Cepat Turunkan Kolesterol! Shutterstock

Ini Dia Cara Cepat Turunkan Kolesterol dalam 1 Minggu!

Hari raya Idul Adha baru saja kita lewati. Di hari besar ini, sebagian dari Anda mungkin juga baru saja melalui sebuah pesta barbeque yang meriah bersama kerabat dan kolega. Dan tanpa Anda sempat sadari, beberapa tusuk sate daging kambing yang gurih dan menggugah selera sudah Anda nikmati.

Belum lagi dengan semangkuk gulai kambing berkuah santan kental yang juga menemani Anda mengakhiri hari. Lengkap sudah hidangan Anda hari itu dan kini Anda mulai menyadari beberapa keluhan seperti nyeri dan linu pada persendian, leher yang kaku dan kepala yang sedikit pening.

Mungkin kini sudah saatnya Anda memeriksakan diri dengan intensif. Bisa jadi saat ini kadar kolesterol dalam tubuh Anda naik. Jangan pandang remeh persoalan kolesterol, karena bila kadarnya berlebihan dalam tubuh, sejumlah risiko penyakit bisa menyerang Anda.

Kolesterol yang tinggi, terutama bila itu adalah jenis LDL kolesterol yang dikenal jahat, sulit dibakar dan cenderung lebih mudah disimpan dalam tubuh. Tertimbunnya kolesterol dalam jumlah besar pada tubuh akan meningkatkan risiko penyakit serius seperti diabetes, hipertensi, asam urat, keluhan jantung, ginjal dan masih banyak lagi.

Meski memiliki sejumlah risiko yang tinggi, sebenarnya kolesterol termasuk penyakit yang sangat mungkin untuk dikendalikan. Anda bisa mengatur secara mandiri kadar kolesterol Anda, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh Anda.

Dan yang mungkin cukup menarik untuk Anda yang saat ini tengah mengkhawatirkan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh Anda, kadar kolesterol ini bisa Anda turunkan dengan waktu singkat. Kuncinya terletak pada beberapa cara simpel berikut ini.

Perbanyak Makanan Berserat

Pada dasarnya, makanan berserat tinggi memiliki manfaat untuk membantu mengikat kolesterol dan lemak yang terdapat dalam pencernaan. Setidaknya ini membantu menurunkan kemungkinan meningkatnya kadar kolesterol dari dalam tubuh Anda.

Dalam everyday HEALTH, peran serat akan cukup kompleks terhadap kolesterol. Serat sendiri terbagi dalam dua bagian, yakni serat larut dan serat tak larut. Keduanya memiliki peran masing-masing dalam membantu turunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Peran serat tak larut sebagaimana dijelaskan sebelumnya sebagai peningkat massa feses dan membantu mendorong feses lebih cepat keluar. Karakternya yang menyerupai busa akan menarik kolesterol yang terdapat dalam usus untuk turut keluar bersama kotoran.

Sedang serat larut memiliki komponen lipid yang akan memudahkan kolesterol untuk lebih mudah dimanfaatkan oleh tubuh sebagai energi. Ini meningkatkan pembakaran dalam tubuh dan pada akhirnya akan menurunkan kolesterol.

Perbanyak Asupan Vitamin C

Dalam Journal of Chiropractic Medicine tahun 2008 oleh National University of Health Sciences menjelaskan bagaimana vitamin C memiliki keampuhan tinggi untuk membantu cepat turunkan kolesterol dalam tubuh.

Vitamin C memiliki kemampuan cukup kuat dalam menurunkan level LDL kolesterol dengan cepat. Bukan hanya LDL kolesterol saja tetapi juga lemak seperti trigliserida yang juga akan menganggu fungsi pembuluh darah dan jantung.

Vitamin C dengan aspek anti oksidannya juga akan menurunkan efek oksidasi dari LDL kolesterol. Juga menurunkan risiko pembentukan plak dari endapan kolesterol yang tertumpuk pada pembuluh darah.

Asup vitamin C setidaknya 500 mg untuk memastikan tubuh Anda mempertahankan kadar kolesterol dalam level moderat. Namun dalam posisi kolesterol yang tinggi Anda mungkin akan membutuhkan setidaknya vitamin C dalam dosis 1000 mg sampai 3000 mg dalam sehari.

Tetap Aktif Bergerak

Ketika kalori yang Anda bakar tak mampu setidaknya memadani kadar kalori yang Anda asup, di saat itulah kalori tersisa ini akan diubah oleh tubuh menjadi cadangan lemak yang menjadikan tubuh Anda gemuk. Termasuk di antaranya menjadi timbunan kolesterol pada tubuh dan pembuluh darah.

Olahraga adalah cara tercepat untuk bisa membakar kalori dalam tubuh. Dengan memaksimalkan pembakaran kalori Anda bisa mencegah terbentuknya cadangan lemak dan timbunan kolesterol dalam tubuh.

Hanya saja, kebanyakan orang kemudian hanya terpaku pada pandangan bahwa untuk membakar kalori Anda harus berolahraga. Faktanya sebenarnya setiap aktivitas Anda bisa membantu Anda meningkatkan pembakaran, terutama bila itu adalah aktivitas fisik.

Anda memang disarankan untuk berolahraga, tetapi lebih dari itu, Anda juga disarankan untuk memilih berjalan kaki untuk sekedar menyambangi kedai dekat rumah, naik 1 lantai ke atas di gedung kantor Anda dengan tangga atau mungkin sekedar membersihkan sendiri kediaman Anda.

Gerakan-gerakan fisik ini juga bisa cukup efektif membakar kalori, dengan hasil tak jauh berbeda dari olahraga. Teruslah aktif dan bergerak untuk memaksimalkan manfaat olahraga yang Anda lakukan.

Perbanyak Makan Ikan

Ikan adalah salah satu sumber protein yang lengkap bagi tubuh dengan kandungan kolesterol yang relatif rendah. Adapun lemak dalam ikan mengandung kadar lipid tinggi sehingga justru akan meningkatkan kadar HDL kolesterol yang sehat bagi tubuh.

Menurut webMD, justru kadar asam lemak omega 3 dalam ikan-ikanan akan membantu mengurangi kadar LDL kolesterol dalam tubuh dan meningkatkan komposisi HDL kolesterol.

Dijelaskan bahwa komponen asam lemak omega 3 membantu Anda menurunkan kadar trigliserida hingga 30%. Trigliserida sendiri merupakan komponen cadangan lemak yang menjadi salah satu formula dari kolesterol dalam darah.

Bukan hanya itu, komponen protein yang tinggi dalam ikan-ikanan juga baik untuk membantu Anda mempertahankan rasa lapar lebih lama. Semakin baik Anda mampu menahan lapar, semakin sedikit asupan kalori yan akan Anda makan.

Konsumsi Makanan Kaya Flavonoid

Dalam riset pada Biomed Research International tahun 2014, dijelaskan akan manfaat makanan dari jenis sayuran dan buah-buahan yan diketahui mengandung komponen flavonoid akan bekerja efektif dalam menurunkan kolesterol.

Flavonoid membantu menurunkan daya serap tubuh terhadap LDL kolesterol dan membantu meningkatkan kinerja hati dalam menyerap kelebihan kolesterol dalam darah. Flavonoid juga bekerja pada sistem metabolisme untuk mendorong pembakaran kalori.

Flavonoid sendiri memiliki efek sangat baik terhadap kerusakan sel. Semakin banyak komponen flavonoid dalam tubuh Anda semakin baik sel-sel dalam tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri. Flavonoid jua dikenal memiliki efek anti inflamasi yang aktif.

Inilah sebabnya kemudian disimpulkan bahwa flavonoid menjadi Antiartherosclerotic yang mencegah kerusakan saluran pembuluh darah akibat efek plak kolesterol. Sehingga dikatakan, flavonoid akan bekerja triple dalam tubuh Anda, mencegah penyerapan kolesterol, meningkatkan pembakaran dan netralisasi dan membantu mencegah kerusakan akibat kolesterol.

Flavonoid sendiri memiliki banyak sekali rupa. Mulai dari formula quercetin yang bisa Anda jumpai pada buah Noni, naringerin yang lazim terdapat dalam jenis jeruk-jerukan sampai katekin dalam teh hijau.

Hindari Sumber Gula dan Lemak

Kolesterol merupakan bentuk dari lemak yang sudah diolah oleh tubuh. Dan karenanya, tentu Anda sebaiknya hindari sementara makanan sumber lemak bila Anda sedang dalam upaya untuk cepat turunkan kolesterol.

Kecuali bila jenis lemak yang Anda asup adalah jenis asam lemak, terutama dari jenis asam lemak omega 3. Karena asam lemak omega 3 justru akan membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tetapi bukan hanya lemak saja ternyata yang perlu Anda hindari, tetapi juga gula dan segala jenis makanan yang akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh, termasuk di antaranya karbohidrat sederhana macam nasi dan roti tawar putih.

Ada kaitan kuat antara gula dan kolesterol, dimana semakin tinggi kadar gula dalam tubuh akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini karena semakin banyak gula sisa dalam tubuh semakin besar pembentukan lemak dan kolesterol dalam tubuh.

Untuk catatan penting  yang perlu Anda tau, Anda bisa menggantikan asupan karbohidrat rutin Anda dengan oat. Oat akan membantu turunkan kolesterol Anda setidaknya 5 – 6 % dalam 6 minggu.

Konsumsi Probiotik

Dalam ulasan yang dijelaskan pada International Journal of Molecular Sciences tahun 2010 dijelaskan bahwa makanan yang mengandung kadar probiotik yang tinggi,akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Probiotik akan membantu meningkatkan kinerja pencernaan. Ketika pencernaan lancar, maka lemak yang terdapat dalam usus akan mudah dibawa keluar menuju usus besar untuk dibuang, sehingga mengurangi kemungkinan terserapnya lemak ke oleh usus.

Probiotik akan membantu meningkatkan kadar lipid dalam kolesterol sehingga efektif membantu cepat turunkan kolesterol LDL yang buruk untuk tubuh. Sebagaimana diungkap dalam Science Daily tahun 2012.

Berjemur Sinar Matahari Pagi

Ada relasi cukup menarik antara vitamin D dan kadar kolesterol. Dalam bahasan healthline, dijelaskan bahwa mereka yang kekurangan vitamin D memiliki kecenderungan untuk memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Meski belum ada bukti kuat bahwa vitamin D memiliki efek menurunkan kolesterol.

Hanya saja, vitamin D bekerja pada sistem kardiovaskular, sirkulasi darah dan sistem metabolisme. Peran-peran yang secara tidak langsung akan mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah.

Dan untuk mendapatkan suplai vitamin D yang mencukupi, rahasianya sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya perlu berjemur dibawah pancaran sinar matahari pagi. Efek fotosintesa tubuh terhadap sinar matahari pagi yang lembut akan membantu tubuh membentuk vitamin D dengan alami.

Konsumsi Herbal dan Rempah-Rempah

Beberapa jenis rempah populer seperti bawang putih, kunyit, temulawak, jintan, oregano, rosemary hingga kayu manis dan ketumbar memiliki manfaat baik untuk membantu Anda menurunkan kolesterol LDL.

Ini karena sejumlah komponen mikronutrien dalam herbal dan rempah ini memiliki manfaat meningkatkan kinjera liver untuk menetralkan kelebihan lemak dan kolesterol dari dalam tubuh. Juga membantu meningkatkan kadar lipid dari kolesterol sehingga memudahkan kolesterol untuk diubah menjadi energi.

Rasanya tak aneh memang ketika kita banyak mengonsumsi makanan dari bahan daging-dagingan dan Anda kemudian mengalami kenaikan kadar kolesterol.

Jangan terlalu khawatir dengan kondisi tersebut, karena Anda hanya perlu melakukan sejumlah cara sederhana di atas untuk dengan cepat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Cara-cara di atas akan membantu Anda cepat turunkan kolesterol dalam 1 minggu saja!

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Noni Juice Teruji Untuk Darah Tinggi, Diabetes, Asam Urat, Gangguan Jantung

noni fruit 10
Noni juice telah membantu banyak orang untuk bebas dari darah tinggi, diabetes tipe 1 & 2, asam urat, gangguan jantung. Noni juga efektif untuk penderita kolesterol, stroke, sulit tidur, stress […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram