Hubungan Stres dengan Penyakit Kulit Psoriasis

485

Diedit:

Stres dan psoriasis tampaknya punya hubungan yang erat dan selalu berkaitan. Stres dapat menyebabkan psoriasis tambah parah, dan psoriasis dapat menimbulkan stres. Namun ada beberapa cara untuk mengurangi stres yang turut memperbaiki kondisi psoriasis.

Para ahli belum tahu pasti bagaimana stres dan psoriasis bisa berkaitan erat. Mungkin ini ada hubungannya dengan efek pada sistem kekebalan tubuh. Beberapa orang mengalami kemunculan pertama dari gejala psoriasis pada saat-saat mereka sedang dilanda stres berat.

Jadi aspek apa saja dari psoriasis yang dapat menyebabkan stres?

  • Stigma. Hidup dengan psoriasis dapat membuat Anda malu dan tidak percaya diri. Setiap situasi sosial bisa jadi situasi yang sangat menekan, misalnya dari bertemu lawan jenis yang disukai sampai hanya sekadar berjabat tangan dengan seseorang.
  • Keuangan. Perawatan dan pengobatan psoriasis bisa jadi mahal. Suplai obat-obat biologis dalam setahun saja biayanya bisa lebih dari 250 juta. Belum lagi ditambah obat-obat lainnya.
  • Rasa sakit. Psoriasis dapat menyebabkan nyeri kronis yang menambahkan beban stres jangka panjang di kehidupan. Kadang rasa sakit bisa membuat aktivitas sehari-hari terasa berat. Dan jika Anda memiliki artritis, rasa sakitnya bisa bertambah parah.
  • Pengobatan. Beberapa pengobatan psoriasi bisa saja tidak ada efeknya, dan ini tentu menimbulkan stres. Metode pengobatan lain mungkin butuh waktu lama, misalnya Anda perlu menjalani terapi 3 kali seminggu selama setahun. Menyesuaikan diri ke jadwal baru bisa jadi sulit, belum lagi efek samping pengobatan yang juga menambah berat kehidupan Anda.
  • Hidup dengan kondisi kronis. Adakalanya psoriasi dapat menimbulkan perasaan kecil hati. Anda mungkin sering hanyut dalam kecemasan terhadap masa depan.

Cara untuk Meringankan Stres agar Gejala Psoriasis Berkurang

Belajar teknik menenangkan diri. Cobalah menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan ketika sedang dilanda stres. Mendengarkan musik klasik dengan nada yang menenangkan juga membantu pikiran jadi rileks. Teknik lainnya ialah dengan olahraga jalan kaki atau berendam air hangat.

Terapi pijat. Pemijatan yang baik dapat membantu meregangkan otot-otot yang tegang, mengurangi stres, dan membantu Anda rileks. Kalau memungkinkan, carilah ahli terapi pijat yang sudah berpengalaman bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki psoriasis.

Percaya dengan dokter. Untuk meringankan stres, Anda perlu yakin dengan dokter. Kalian adalah partner dalam menentukan pengobatan psoriasis yang terbaik, jadi jika Anda ragu dengan rekomendasi pengobatan dari dokter yang sekarang, sebaiknya cari saran dari dokter lain.

Dapatkan pengobatan yang lebih baik. Pengobatan psoriasi sendiri kadang-kadang bikin stres. Tetapi pengobatan yang tepat bisa menjadi obat yang terbaik untuk psoriasis sekaligus stres yang dihadapi.

Dengan mengetahui caranya mengendalikan stres, Anda pun bisa mengendalikan kondisi psoriasis di kulit. Untuk lebih lengkapnya mengenai cara mengurangi stres, Anda bisa membaca artikel ini yang membahas 10 Tips Praktis untuk Mengobati Stres.

Baca juga:  7 Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja Anda
Advertisement
Alinesia