Noni Juice: Obat Stres Alami

669
Noni, Obat Alami yang Ampuh untuk Penenang & Penghilang Stres
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Image by Brian Dorff from Pixabay)

Diedit:

Stres adalah sesuatu yang kita semua alami, bahkan ada orang-orang yang mengalaminya hampir setiap hari. Stres yang berkepanjangan tentu tidak baik bagi kesehatan kita, baik secara mental maupun fisik. Ada banyak cara untuk meredakan stres. Kali ini kita akan melihat salah satu obat alami yang ampuh sebagai penenang & penghilang stres, Noni juice.

Anda mungkin sering mendengar manfaat Noni juice untuk kesehatan fisik, entah untuk menjaga, meningkatkan, maupun untuk memperbaiki kondisi fisik kita. Tetapi rupanya konsumsi herbal ini juga punya pengaruh yang sangat baik bagi kesehatan mental kita.

Stres sering kali membuat mood menjadi buruk sehingga kita cenderung merasa sedih, cemas, lelah, atau marah. Banyak orang yang mulai mengonsumsi Noni mengaku bahwa salah satu efek positif yang langsung dirasakan adalah mood (suasana hati) mereka menjadi lebih baik.

Ini terlihat jelas pada salah satu penelitian terbesar yang pernah dilakukan terhadap Noni juice yang dipimpin oleh Dr. Neil Solomon. Hasil penelitian ini dicatat dalam bukunya yang berjudul “NONI JUICE, How Much, How Often, For What”.

Dr. Neil Solomon melibatkan 1.227 pakar kesehatan dan mengikutsertakan 25.314 pengguna Noni juice dari 80 negara berbeda. Mereka mengalami berbagai jenis masalah kesehatan fisik maupun mental, termasuk stres dan beberapa masalah lain yang terkait seperti depresi, susah tidur, dan mood yang buruk.

Bagaimana hasilnya? Dilaporkan bahwa sebanyak 4.989 orang dibantu untuk meredakan stres mereka setelah mengonsumsi Noni. Selain itu ada sebanyak 1.209 penderita depresi, 1.518 penderita susah tidur, dan 6.303 penderita mood buruk yang juga dibantu untuk pulih. Hasil lengkap dari penelitian ini dapat dibaca di halaman: Hasil Penelitian Dr. Neil Solomon.

Apa yang membuat Noni ampuh untuk digunakan sebagai obat alami penghilang stres? Mari kita perhatikan penjelasan-penjelasan ilmiah berikut ini.

Noni Obat Alami untuk Penghilang Stres di Dalam Otak

Stres yang kita alami berkaitan erat dengan fungsi GABA di dalam otak kita. GABA (gamma-Aminobutric acid) bisa dibilang punya peran sebagai “rem” untuk otak. Selayaknya fungsi “rem”, GABA dapat menurunkan kecepatan atau tingkat dari aktivitas-aktivitas di dalam otak.

Dengan menurunnya aktivitas di dalam otak, maka stres mental dan fisik juga akan berkurang, mood jadi lebih tenang, dan tubuh jadi lebih rileks serta lebih mudah untuk tidur. Secara garis besar, GABA merupakan bagian penting untuk menjaga keseimbangan mental dan fisik tubuh secara keseluruhan.

Penelitian menunjukkan bahwa buah Noni mampu mengaktifkan fungsi GABA sebagai “rem” otak. Salah satu penelitian itu dilakukan oleh Shixin Deng dan Brett West dari Amerika Serikat. Mereka berhasil membuktikan bahwa Noni punya daya tarik-menarik yang kuat dengan reseptor (penerima pesan) GABA, yaitu GABAa.

Dari pengujian terlihat bahwa pada ekstrak Noni dengan konsentrasi 100 μg/ml terdapat 75% binding inhibition dari agonist radioligand [3H] muscimol. Eksperimen lebih lanjut untuk uji pengikatan GABAa juga mendapati bahwa ekstrak metanol Noni, serta partisi cair dan butanolnya, menunjukkan nilai IC50 sebesar masing-masing 22.8, 17.1, dan 27.2 μg/ml.

Baca juga:  Buat yang Sedang Tertekan: 6 Cara Gampang untuk Mengatasi Stress!

Para peneliti menduga bahwa daya tarik-menarik yang kuat tersebut berasal dari kandungan ligand kompetitif di dalam Noni yang sanggup berikatan dengan reseptor GABAa sebagai agonist. Hasil penelitian ini menjadi bukti bahwa Noni secara alami mengaktifkan fungsi GABA di dalam otak, sehingga dapat bertindak sebagai obat ampuh untuk penenang dan penghilang stres.

Noni dapat mengaktifkan fungsi GABA di dalam otak untuk menghasilkan efek relaksasi pada tubuh yang akan meredakan stres, menenangkan mood, dan membuat badan lebih rileks serta lebih mudah untuk tidur.

Noni Obat Alami untuk Menenangkan Stres Kronis

Stres yang berkepanjangan, atau kronis, menyebabkan berkurangnya hormon serotonin, dopamin, serta neurotransmiter monoamin lain di dalam otak. Apabila hal itu terus-menerus terjadi dan tubuh tidak sanggup mengatasinya, maka akan memicu depresi pada orang-orang yang rentan.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan herbal yang dapat menjaga ketersediaan serotonin, dopamin, dan neurotransmiter monoamin lain di dalam otak. Dan herbal Noni juice telah diuji kemampuannya berkenaan dengan hal ini.

Shixin Deng dan Brett West kembali melakukan penelitian untuk menyelidiki kemampuan Noni dalam menghambat enzim-enzim pemecah dan penghilang neurotransmiter monoamin di dalam otak. Enzim-enzim itu disebut MAO (Monoamine Oxidase).

Hasil pengujian mereka menunjukkan bahwa ekstrak etil asetat dari buah Noni memberikan efek penghambat enzim MAO-A dan MAO-B yang paling besar, yaitu masing-masing 78% dan 49% pada konsentrasi 100 μg/mL.

Mereka juga mendapati bahwa di dalam buah Noni setidaknya ada sembilan senyawa yang punya efek penenang (antidepresan). Efek penenang dari senyawa-senyawa inilah yang diduga membuat Noni ampuh untuk menghambat enzim-enzim MAO. Di antara kesembilan senyawa itu, ada tiga yang efeknya paling besar yaitu 3,4,3′,4′- tetrahydroxy-9,7′”-epoxylignano-7″,9′-lactone, quertecin, dan kaempferol.

Penelitian ini menjadi bukti bahwa Noni ampuh untuk digunakan sebagai obat alami untuk penenang stres kronis sekaligus untuk mencegah gejala-gejala depresi. Kandungan senyawa di dalamnya berperan aktif untuk menghambat enzim-enzim pemecah dan penghilang neurotransmiter monoamin di dalam otak.

Noni memiliki kandungan-kandungan senyawa yang berperan aktif untuk menghambat enzim-enzim pemecah dan penghilang neurotransmiter monoamin di dalam otak. Dengan begitu, Noni ampuh sebagai obat alami penenang stres kronis dan pencegah gejala-gejala depresi.

Noni Juice Aman untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Banyak orang menghindari penggunaan obat penenang kimiawi karena khawatir dengan efek sampingnya. Bagaimana dengan Noni juice? Apakah obat penenang alami ini aman untuk dikonsumsi sebagai penghilang stres? Dan apakah ada efek sampingnya apabila dikonsumsi setiap hari?

Kita tidak perlu takut untuk mengonsumsi herbal ini, sebab sudah dilakukan uji keamanan dari konsumsi Noni juice setiap hari. Hasil uji keamanan itu dipublikasikan pada tahun 2009 dalam jurnal Pacific Health Dialog di bawah judul “A Double-Blind Clinical Safety Study of Noni Fruit Juice”.

Baca juga:  Stress: Bagaimana Cara Mengurangi dan Atasi Stres?

Selama pengujian 28 hari, sebanyak 28 partisipan diminta untuk meminum Noni juice dalam tiga dosis berbeda, mulai dari takaran 30 ml, 300 ml, hingga 750 ml. Kemudian dilakukan berbagai tes untuk mengukur efek-efek yang terjadi setelah meminum Noni setiap hari.

Bagaimana hasilnya? Tidak terjadi perubahan negatif pada hasil tes jantung EKG, berat badan, dan tanda-tanda vital. Juga tidak terjadi efek samping yang merugikan pada hasil tes darah, tes urin, dan uji biokimia. Semua ini terlihat baik pada partisipan yang minum Noni takaran 30 ml, 300 ml, maupun 750 ml.

Dari hasil ini kita dapat melihat bahwa Noni juice aman dan bebas dari efek samping merugikan meski dikonsumsi setiap hari, bahkan dalam jumlah besar sekalipun. Tapi kita tidak perlu mengonsumsinya dalam takaran sebesar 750 ml. Banyak pengguna Noni sudah bisa merasakan manfaatnya dengan mengonsumsi 50 ml untuk 2 – 3 kali sehari.

Noni juice aman untuk dikonsumsi setiap hari. Takaran yang dianjurkan ialah 50 ml sebanyak 2 – 3 kali sehari. Takaran 50 ml kurang-lebih setara dengan ¼ gelas belimbing.

Noni Juice Adalah Obat Stres Alami yang Ampuh

Apakah Anda ingin mencoba obat alami untuk penenang dan penghilang stres yang terus-menerus mengganggu kehidupan Anda? Pertimbangkanlah bukti-bukti penelitian yang telah dibeberkan di artikel ini.

Noni Juice, Obat Alami yang Ampuh untuk Penenang & Penghilang Stres
Noni Juice (Credit Gambar Noni: Sommai Larkjit / 123rf)

Pertama, Noni sanggup mengaktifkan fungsi GABA di dalam otak untuk menghasilkan efek relaksasi pada tubuh yang akan meredakan stres, memperbaiki mood, serta membuat badan lebih rileks dan lebih mudah untuk tidur.

Kedua, Noni mampu menghambat enzim-enzim pemecah dan penghilang neurotransmiter monoamin di dalam otak. Dengan begitu ketersediaan neurotransmiter monoamin bisa tetap terjaga, sehingga membantu mengatasi stres kronis sekaligus mencegah gejala-gejala depresi.

Ketiga, Noni tidak seperti obat penenang kimiawi yang punya efek samping berbahaya. Noni adalah obat alami yang aman dikonsumsi untuk penenang dan penghilang stres yang bisa terjadi setiap hari.

Dan sebagai bahan pertimbangan terakhir, ketahui juga fakta bahwa Noni juice adalah satu-atunya herbal yang kegunaannya telah teruji oleh waktu dalam mengobati bermacam jenis penyakit. Dan sudah didukung oleh banyak penelitian ilmiah yang lengkap serta melibatkan banyak ahli dari beragam bidang kesehatan.


Sumber Referensi:

Deng, Shixin & West, Brett. (2007). Noni as An Anxiolytic and Sedative: A Mechanism Involving Its Gamma-Aminobutyric Acidergic Effects. Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacology. 14(7-8): 517-22. DOI: 10.1016/j.phymed.2007.04.005

Deng, Shixin & West, Brett J. (2011). Antidepressant Effects of Noni Fruit and its Active Principals. Asian Journal of Medical Sciences. 3(2): 79-83

West, Brett J., dkk. (2009). A Double-Blind Clinical Safety Study of Noni Fruit Juice. Pacific Health Dialog. 15 (2): 21-32