10 Tips Praktis untuk Mengobati Stres

471
Shutterstock

Diedit:

Kaum ibu yang berkerja sudah semakin umum zaman sekarang, dan sering kali merekalah kaum yang paling aktif mencari cara untuk mengobati stres.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Family Psychology, wanita yang menjalankan pekerjaan sekuler memiliki kadar hormon kortisol yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak.

Para peneliti itu mengukur kadar kortisol setiap pagi pada 56 para ibu yang memiliki anak berusia dua hingga empat tahun yang juga bekerja sekuler.

Mereka mendapati bahwa salah satu yang menyumbang kepada tingginya kadar kortisol adalah stres akibat membagi waktu mengasuh anak sekaligus bekerja. Maka, apa yang bisa dilakukan para ibu yang bekerja untuk mengobati stres?

Buatlah Daftar

Membuat daftar apa yang harus dilakukan mungkin kelihatannya tidak dapat mengobati stres dan malah menyita waktu. Tetapi sebenarnya, itu justru menghemat waktu dan mencegah stres.

Dengan mengurutkan prioritas apa yang harus dilakukan lebih dahulu, Anda akan fokus untuk menyelesaikannya satu per satu dan tidak kewalahan melakukan semuanya dalam waktu yang bersamaan.

Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik managemen ini dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir 80-an. Teknik ini dapat menghilangkan stres untuk jangka waktu pendek. Dengan 25 menit aktifitas dan dijeda dengan 5 menit istirahat, seseorang dapat lebih produktif dan tetap segar untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Teknik ini juga membantu mengobati stres dalam jangka panjang karena dapat mengurangi kelelahan akibat banyaknya kegiatan yang tidak terselesaikan.

Bernafas Lebih Dalam

Menurut Better Health Channel, Australia, jika kita khawatir, cara kita bernapas dapat mempengaruhi detak jantung dan stres. Untuk mengatasinya, kita perlu bernapas dengan lebih lambat dan dalam sehingga detak jantung melambat dan kita jadi lebih rileks. Hal itu juga dapat mempengaruhi sistem saraf otonom kita sehingga dapat mengobati stres dalam waktu singkat.

Baca juga:  Tips Mengurangi Stres bagi Orang Tua Baru

Gerak Badan

Gerak badan yang rutin tidak hanya menghindarkan dari penyakit dan memperpanjang kehidupan, tapi juga dapat mengobati stres. Luangkan 15 menit setiap harinya untuk melakukan gerak badan ringan hingga sedang sebelum kerja, atau lakukanlah jalan kaki ringan pada jam istirahat. Hasilnya pasti positif bagi stres Anda.

Hilangkan Kebiasaan Makan yang Buruk

Ketika Anda stres, Anda biasanya cenderung mengonsumsi makanan secara sembarangan. Anda mengira bahwa memuaskan keinginan makan dapat mengobati stres, padahal justru sebaliknya.

Banyak studi yang menunjukkan bahwa pada saat stres, otak kita kehilangan kemampuan untuk membuat keputusan yang baik, termasuk soal apa yang kita makan. Maka, upayakanlah untuk tidak melampiaskan stres dengan makan sembarangan.

Bicarakan Kekhawatiran Anda

Sebuah survei akbar yang diadakan pada tahun 2007 di Inggris menyimpulkan bahwa 22 persen dari responden yang mengalami stres hanya menyimpan kekhawatiran mereka.

Menurut para peneliti tersebut, salah satu cara yang efektif untuk mengurangi kecemasan dan mengobati stres adalah dengan membicarakannya pada teman hidup, sahabat, atau keluarga yang dipercaya.

Nikmati Hasil Kerja Keras Anda

Setiap kali Anda merasa beban kerja Anda terlalu berat, ambilah jeda dan upahi diri atas kerja keras Anda. Nikmati makanan ringan atau bersantai. Sambil merenungkan hasil-hasil baik dari kerja keras Anda, hargailah hal itu dan manjakan diri Anda sejenak.

Miliki Tujuan yang Menyenangkan

Kerja keras yang dipaksakan adalah perbudakan. Tetapi, dengan memiliki tujuan-tujuan yang Anda senangi, bekerja tidak lagi menjadi pemaksaan yang membuat stres tetapi menjadi hobi yang menyenangkan. Mengapa harus mengobati stres kalau Anda bisa menghindarinya?

Rencanakan Berlibur

Liburan selalu menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu. Jika Anda merencanakan liburan dan membayangkan diri Anda sedang menikmati liburan, waktu akan berlalu dengan suasana yang menyenangkan dan stres berkurang.

Baca juga:  Stres karena Hubungan Retak? Inilah Cara Minta Maaf untuk Memperbaikinya

Perhatikan Makanan dan Gizi Tambahan Anda

“You are what you eat,” itulah idiom yang tidak asing lagi bagi kita. Ya, asupan yang kaya antioksidan dapat sangat membantu mengurangi ketegangan sel-sel tubuh dan mengobati stres.

Tubuh kita memang memproduksi enzim yang berperan sebagai antioksidan, namun bahan-bahan alami dalam buah dan sayur juga dibutuhkan oleh tubuh yang mengalami stres.

Buah Noni adalah salah satu dari buah-buahan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Mencoba Noni juice atau jus buah-buahan lainnya bisa menjadi alternatif untuk mencegah dan mengobati stres.

Advertisement
Alinesia