• Home
  • Blog
  • Stres
  • Cara Menghilangkan Stres Berlebih dengan 3 Langkah Ampuh

Cara Menghilangkan Stres Berlebih dengan 3 Langkah Ampuh


By Cindy Wijaya

Lembaga National Institutes of Health (NIH) mengatakan bahwa awal terbaik untuk mengatasi stres adalah mengubah gaya hidup. Berarti kita perlu menyesuaikan pola makan menjadi lebih seimbang dan sehat, cukup tidur dan istirahat, serta teratur berolahraga. Di samping itu, ada tips-tips praktis untuk cara menghilangkan stres berlebih yang bisa dilakukan saat ini juga.

Dalam artikel ini akan dikupas bagaimana cara menghilangkan stres berlebih dengan trik-trik praktis untuk dengan cepat menenangkan diri. Juga akan dibahas tentang cara mengobati stres berat dengan mengembangkan kebiasaan yang baik saat menghadapi situasi sulit. Di akhir artikel juga diulas apa saja penyebab stres yang sebenarnya dapat dihilangkan.

1. Cara Menghilangkan Stres Berlebih dengan Trik-Trik Cepat

Kalau Anda merasa benar-benar kewalahan dan membutuhkan cara cepat untuk menenangkan diri dari stres, jangan khawatir. Ada beberapa trik cepat dan mudah yang dapat Anda lakukan sekarang juga.

Coba Jalan Kaki Sebentar

Olahraga sangat bagus untuk mengurangi stres, karena membantu untuk melepaskan stres dan memproduksi hormon endorfin. Bahkan jika Anda hanya punya waktu 5 – 10 menit, menggerakkan tubuh sebentar sudah cukup membantu. Jika ada waktu lebih banyak atau bisa berjalan-jalan di luar, lebih baik lagi.

Menarik Napas Dalam-Dalam

Jika Anda sedang tidak bisa bergerak kemana-mana, cobalah lakukan latihan pernapasan. Itu bisa membuat Anda menghirup lebih banyak oksigen ke dalam tubuh sekaligus melepaskan tekanan fisik di tubuh. Dan Anda bisa lakukan itu kapan pun atau dimana pun.

Bayangkan Hal-Hal yang Menghibur

Jika Anda bisa beberapa menit saja membayangkan sesuatu yang menghibur atau menenangkan, itu adalah cara menghilangkan stres yang cepat untuk memulihkan ketenangan pikiran. Trik ini gampang dilakukan dan bisa membuat rileks secara mental dan fisik. Berupayalah pikirkan dan bayangkan hal-hal yang positif saat merasa stres atau khawatir.

Analisis Kembali Situasi Anda

Kadang kita memperburuk situasi sebenarnya karena memandangnya dengan sudut pandang yang negatif. Stres mental dan emosional dapat disebabkan oleh pesimisme atau pola pikir yang negatif. Cobalah periksa situasinya dari sudut pandang berbeda, yang lebih positif, dan Anda mungkin menemukan hal-hal yang membuat Anda lebih sedikit stres.

Lemaskan Otot-Otot yang Tegang

Ada trik bernama relaksasi otot progresif (ROP) dimana Anda menegangkan dan kemudian melepaskan semua otot-otot tubuh, membuat tubuh Anda merasa lebih rileks sesudahnya. Hampir semua orang bisa melakukan ROP, dan dengan latihan, Anda dapat sepenuhnya melepaskan hampir semua ketegangan di tubuh dalam hitungan detik. Ini adalah cara mengobati stres berat yang praktis karena membuat Anda merasa lebih tenang dan lebih mampu menangani situasi dengan lebih baik.

Tuliskan Apa yang Sedang Terjadi

Kalau punya waktu beberapa menit, Anda bisa mencoba cara menghilangkan stres berlebih dengan menulis catatan harian. Suatu penelitian tahun 2020 yang dirilis di jurnal Critical Care Nurse mendapati bahwa menulis catatan harian tampaknya membantu mengurangi beban psikologis pada keluarga dengan orang-orang terkasih yang sakit kritis. Anda bisa menulis tentang apa yang menyebabkan Anda stres dan meluapkan emosi Anda di halaman itu.

Minum Segelas Air

Di samping rasa haus, dehidrasi juga bisa membuat Anda merasa lelah dan pusing. Jadi kalau Anda sedang kewalahan, cobalah minum segelas air. Atau lebih baik lagi: jika ada waktu lebih, seduh dan minumlah secangkir teh yang dapat membuat meluangkan waktu sebentar untuk “pergi” dari penyebab stres Anda.

Jalan Kaki Sebentar untuk Kurangi Stres (Credit Photo: Morakot Kawinchan – Shutterstock)

2. Cara Menghilangkan Stres Berlebih dengan Kebiasaan Sehat

Mengembangkan kebiasaan-kebiasaan sehat dapat membantu Anda untuk lebih sanggup menanggapi dan menghadapi situasi-situasi sulit. Anda jadi mampu untuk menghindari atau bahkan memulihkan diri dari dampak-dampak negatif stres berat. Jadi, kebiasaan sehat termasuk cara mengobati stres berat.

Makan Lebih Baik

Satu cara paling populer untuk mengembangkan gaya hidup sehat adalah memperbaiki pola makan. Pola makan yang lebih sehat membawa sejumlah manfaat sangat baik bagi kesehatan, Anda jadi terhindar dari kegemukan, badan terasa lebih bugar, dan kebutuhan zat gizi tercukupi akan mendatangkan manfaat sekarang dan di masa depan.

Olahraga Teratur

Olahraga singkat sudah dijelaskan merupakan cara mengobati stres berat yang pengaruhnya cepat. Namun ada manfaat lebih besar lagi kalau Anda teratur berolahraga. Kadar stres secara keseluruhan bisa lebih terkendali. Selain itu Anda juga akan menjadi lebih sehat secara keseluruhan dan bisa terhindar dari berbagai penyakit. Tipsnya adalah mulai dengan olahraga yang ringan, lalu tingkatkan secara perlahan.

Cukup Tidur

Orang sering meremehkan pentingnya cukup tidur malam. Kurang tidur punya banyak dampak buruk, yang mungkin tidak langsung terlihat tetapi dapat berakibat fatal. Tetapi karena stres bisa membuat Anda susah tidur, sebaiknya coba pelajari dulu bagaimana cara cepat mengurangi stres agar bisa lebih nyenyak tidur malam ini.

3. Cara Menghilangkan Stres Berlebih dengan Menyingkirkan Penyebabnya

Keadaan yang sulit bisa menguras energi kita dan menyebabkan stres berkepanjangan. Kita mungkin mengalami stres yang berulang tanpa menyadari bahwa hal itu bisa diminimalkan atau bahkan dihindari. Berikut ini adalah sejumlah sumber stres yang umum dihadapi orang-orang.

Hubungan yang Seperti Racun

Kalau Anda sedang berada dalam suatu hubungan (pertemanan maupun romatis) yang lebih banyak menimbulkan stres daripada sukacita, penting untuk berupaya memperbaikinya, misalnya dengan memperbaiki kemampuan komunikasi Anda berdua.

Atau jika tidak bisa diperbaiki dan bisa diakhiri, ada baiknya untuk mengakhiri hubungan tersebut. Misalnya dengan membatasi pertemanan Anda dengan orang-orang yang hanya memanfaatkan Anda.

Dengan mengenali hubungan yang seperti racun, dan berupaya untuk memperbaiki atau mengakhirinya, Anda bisa mengurangi stres atau bahkan menjadi cara menghilangkan stres berlebih.

Lingkungan yang Berantakan

Setiap orang punya batas nyamannya sendiri. Namun jika Anda merasa bahwa ruangan Anda sudah terlampau berantakan, Anda harus mengatasi situasi itu sebelum menimbulkan stres. Cobalah luangkan waktu 10 menit setiap hari untuk mengurangi tumpukan yang tidak rapi di sekeliling Anda, atau gunakan akhir pekan untuk membersikan dan menata ulang ruangan.

Dengan menghilangkan kekacauan, mengatur, dan menciptakan ruangan yang rapi untuk diri sendiri, Anda dapat mengurangi stres akibat beraktivitas di lingkungan yang berantakan.

Beban Pekerjaan yang Berat

Beban pekerjaan yang berat bisa mengakibatkan burnout, ditandai dengan perasaan lelah, kurang motivasi, pikiran negatif, dan tanda-tanda negatif lainnya. Ini bisa membuat sistem imun tubuh melemah, produktivitas kerja menurun, dan lebih buruk lagi.

Meskipun Anda tidak selalu dapat mengendalikan faktor-faktor penambah beban di tempat kerja, Anda dapat secara proaktif mengambil langkah-langkah untuk cara menghilangkan stres.

Misalnya, Anda bisa mengambil cuti untuk menyegarkan kembali badan dan pikiran. Anda juga bisa memisahkan kehidupan pribadi dengan kehidupan pekerjaan, misalnya dengan tidak melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan saat sedang libur.

Kesimpulan tentang Cara Menghilangkan Stres Berlebih

Kita semua bisa merawa kewalahan dari waktu ke waktu; itu wajar. Meskipun hampir tidak mungkin untuk menghilangkan situasi-situasi sulit yang memicu stres, namun ada beberapa cara mengobati stres berat agar pikiran bisa lebih tenang. Pikiran yang tenang membuat kita lebih mampu menghadapi situasinya.

Memperbaiki pola hidup dengan mengembangkan kebiasan-kebiasaan yang baik juga efektif untuk mengurangi kadar stres sekaligus memperkuat kemampuan kita untuk menghadapi situasi sulit.

Kadang kita juga dapat menghindari atau mengendalikan penyebab-penyebab stres yang tidak perlu, seperti hubungan pertemanan atau romantis yang seperti racun, lingkungan yang berantakan, atau beban pekerjaan yang berat.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang bagaimana cara menghilangkan stres berlebih. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Verywell Mind. 9 Quick Ways to Calm Down When You Feel Overwhelmed. URL: https://www.verywellmind.com/ways-to-calm-down-quickly-when-overwhelmed-3145197

Verywell Mind. Healthy Lifestyle Habits for Stress Relief. URL: https://www.verywellmind.com/healthy-lifestyle-habits-for-stress-relief-3144693

Verywell Mind. Reduce Stress by Eliminating Stressful Situations. URL: https://www.verywellmind.com/top-stressful-situations-3145007

Verywell Mind. An Overview of Stress Management. URL: https://www.verywellmind.com/stress-management-4157211

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>