Gangguan Kesehatan Akibat Kolesterol Tinggi dan Obat Kolesterol Tinggi


By Cindy Wijaya

Obat kolesterol tinggi kerap digunakan sebagai solusi utama bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi untuk menormalkan kembali kadar kolesterol dalam tubuh. Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi tergolong sebagai gangguan kesehatan yang serius karena berpotensi menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis lainnya.

Terdapat dua jenis kolesterol dalam tubuh, yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Jenis kolesterol yang diklaim berbahaya bagi tubuh adalah kolesterol jahat sehingga perlu dikurangi kadarnya. Jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh melebihi batas normal, kemungkinan besar akan terjadi beberapa jenis penyakit komplikasi di dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat, terutama kebiasaan makan yang mengabaikan nilai gizi serta kurangnya olahraga.

Dua faktor di atas kemudian menyebabkan lemak jahat menumpuk dan terbentuklah plak-plak di dalam pembuluh darah. Plak-plak inilah yang mengganggu peredaran darah ke seluruh tubuh. Alhasil, tekanan darah menjadi tinggi sehingga timbulah penyakit tekanan darah tinggi alias hipertensi. Penyakit-penyakit lainnya yang muncul akibat kadar kolesterol tinggi antara lain diabetes, obesitas, asam urat tinggi, penyakit jantung, dan penyakit-penyakit yang menyerang organ-organ penting dalam tubuh.

Kadar kolesterol tinggi umumya banyak diderita oleh mereka yang sudah lanjut usia. Namun tidak tertutup kemungkinan mereka yang masih muda dan sehat dapat juga berisiko menderita salah satu atau beberapa penyakit akibat tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh jika tidak menerapkan gaya hidup sehat.

Bagaimana Ciri-Ciri Kadar Kolesterol Tinggi?

Untuk menekan atau menghindari risiko penyakit akibat kadar kolesterol jahat yang tinggi, solusi terbaiknya yaitu dengan mengetahui semua gejala tingginya kadar kolesetrol jahat dalam tubuh sedari awal. Adapun gejala awal tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah sebagai berikut:

  • Tengkuk atau daerah belakang leher terasa berat dan pundak terasa pegal. Gangguan ini muncul karena suplai oksigen dan darah pada dua area ini kurang akibat terhambatnya aliran darah. Aliran darah menjadi lambat karena darah sulit untuk melalui plak-plak lemak yang terdapat di dalam pembuluh darah.
  • Kepala terasa sakit karena adanya peningkatan jumlah kolesterol. Jumlah kolesterol yang tinggi dapat membawa efek berupa pengerasan pada pembuluh darah (arteriosklerosis). Pengerasan ini tentu akan sangat menghambat aliran darah ke otak.
  • Penderita mudah mengantuk. Kolesterol di dalam pembuluh darah akan membuat pembuluh darah menjadi sempit dan bahkan pembuluh darah bisa saja tertutup oleh tumpukan kolesterol. Efeknya, aliran darah yang membawa oksigen dan zat-zat makanan ke otak akan terhambat sehingga penderita akan mudah dan cepat merasakan kantuk. Selain mudah mengantuk, efek lainnya yang umum dirasakan akibat terhambatnya aliran darah ke otak yaitu tubuh mudah lemas, lelah, dan lesu (gejala anemia). Jika Anda pernah merasakan gejala anemia, sebaiknya Anda juga perlu cek kadar kolesterol untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh Anda.
  • Penderita sering mengalami kesemutan. Kesemutan terjadi akibat tak lancarnya peredaran darah di dalam tubuh. Cara cepat untuk meredakan kesemutan adalah dengan meluruskan anggota tubuh yang mengalami kesemutan.

Kadar kolesterol jahat yang tinggi pada tubuh juga diklaim dapat memicu kerusakan pada dinding pembuluh darah. Plak-plak yang menempel pada pembuluh darah bukan hanya berupa lemak saja, melainkan juga berisi komponen-komponen yang dapat menyebabkan peradangan. Plak-plak ini dapat muncul di pembuluh darah mana saja. Akan sangat berbahaya apabila plak-plak timbunan lemak ini menumpuk dan mempersempit saluran pembuluh darah di sekitar organ jantung karena dapat menimbulkan penyakit jantung koroner.

Titik lokasi lainnya yang dianggap berbahaya apabila terdapat timbunan lemak alias plak adalah pembuluh darah di otak. Kapan saja plak-plak ini dapat menutupi seluruh lubang saluran pembuluh darah di otak sehingga aliran darah ke otak terhenti total dan pecahnya pembuluh darah di otak. Plak-plak pada pembuluh darah juga bisa pecah dan pecahannya dapat terbawa bersama aliran darah ke organ-organ penting.

Misalnya saja pecahan plak terbawa hingga ke bagian pembuluh darah jantung lalu menyumbatnya. Akibat tersumbatnya pembuluh darah jantung oleh plak kolesterol sangatlah fatal. Organ jantung tidak dapat menerima suplai darah sehingga otot-otot organ jantung akan melemah hingga jantung berhenti alias mati. Kondisi inilah yang disebut dengan serangan jantung.

Rutinlah Mengecek Kadar Kolesterol!

Untuk mengetahui kadar kolesterol di dalam tubuh kini sangat mudah karena kini telah ada sebuah alat pengecek kadar kolesterol canggih yang langsung dapat mengindentifikasi kadar kolesterol dengan cepat dan hasil yang akurat. Alat ini menggunakan metode dipstick di mana sample darah akan diambil dari pembuluh darah kapiler yang berada di ujung jari tangan. Jika ternyata kadar kolesterol tergolong tinggi, sebaiknya Anda ubah pola makan Anda. Tidak lupa juga untuk berolahraga secara rutin untuk menekan kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

Cegahlah Kolesterol Tinggi!

Pola makan yang baik untuk mencegah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat Anda terapkan dengan cara selektif dalam memilih makanan yang akan disantap. Beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari antara lain makanan yang kaya akan serat (sayur dan buah-buahan), putih telur yang sudah direbus terlebih dahulu, susu rendah lemak, daging tanpa lemak dan kulit, dan mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun untuk memasak.

Adapun makanan-makanan yang perlu dihindari agar tercegah dari melonjaknya kadar kolesterol antara lain gorengan, daging yang berlemak, susu berlemak tinggi, seafood, bagian kuning telur, telur puyuh, dan otak sapi.

Semoga informasi singkat mengenai kolesterol tinggi ini dapat menambah pengetahuan kesehatan Anda. Pada intinya mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun bagi Anda yang sudah positif memiliki kolesterol tinggi, Anda dapat memanfaatkan beberapa obat herbal alami seperti jati belkita, tempuyung, buah noni atau Noni juice, kemuning, seledri, dan masih banyak bahan herbal lainnya yang dapat Anda jadikan obat kolesterol.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}