Efek Samping Rokok Elektrik bagi Kesehatan


By Cindy Wijaya

Efek samping rokok elektrik bagi kesehatan, apakah memang benar apa adanya atau hanya mitos saja? Sekarang itu akan menjadi pokok pembahasan artikel kesehatan kali ini. Memang bagi orang-orang yang sudah ketagihan merokok, akan sulit menghilangkan kebiasaan tersebut. Belum lagi belakangan hadir teknologi yang dinamakan rokok elektrik.

Tetapi apakah efek samping rokok elektrik bagi kesehatan itu lebih parah dibandingkan rokok biasa atau lebih aman? Dengan mengetahui ini, maka Anda akan dapat mengambil keputusan sebaiknya menggunakan rokok elektrik atau tidak. Beberapa orang mulai beralih menggunakan rokok elektrik, karena menganggap efek samping rokok elektrik itu tidak ada. Mari baca selengkapnya.

Rokok Elektrik Bisa Mematikan

Ada pihak yang menyebutkan jika ternyata efek samping rokok elektrik itu bisa mematikan. Jadi dapat dibilang rokok elektrik benar-benar berbahaya. Jika Anda masih memiliki anggapan bahwa menggunakan rokok elektrik itu aman dibandingkan memakai rokok tembakau, maka Anda sebaiknya mengubah pola pikir tersebut dari sekarang.

Sebab, pada kenyataannya, ternyata efek samping rokok elektrik tidak boleh dipandang remeh. Itu karena rokok elektrik juga sama-sama memiliki kandungan nikotin yang berarti juga sama-sama berbahaya untuk paru-paru, layaknya rokok tembakau standar yang dibakar. Nikotin yang digunakan dalam rokok elektrik adalah nikotin bentuk cair, efek samping rokok elektrik akan semakin terasa jika digunakan dalam dosis besar.

Regulasi Pemerintah

Melihat efek samping rokok elektrik yang berbahaya, memang cukup disayangkan hingga kini pemerintah masih belum memiliki regulasi khusus terkait hal ini. Peredaran rokok elektrik masih cukup bebas, dan tidak seketat rokok tembakau biasa. Walaupun efek samping rokok elektrik benar-benar ada, tetapi banyak orang yang masih memiliki asumsi yang salah.

Juga, rokok elektrik itu masih belum ada cukainya. Oleh karena itu Anda dapat mengerti jika rokok elektrik termasuk ilegal serta merugikan negara. Mungkin ke depannya pemerintah akan memperbaiki ini, dan segera membuat regulasi khusus terkait peredaran rokok elektrik, termasuk mengedukasi masyarakat terhadap efek samping rokok elektrik tersebut.

Efek Berbahaya Harga yang Cukup Tinggi

Selain efek samping rokok elektrik yang tidak kalah berbahaya dibandingkan rokok tembakau, ternyata harga dari rokok elektrik ini juga terbilang mahal. Jadi Anda bukannya menghemat dengan menggunakan rokok elektrik, justru Anda akan menghambur-hamburkan lebih banyak uang.

Efek samping rokok elektrik sangat berbahaya karena ternyata alat rokok elektrik tersebut dapat mengubah zat kimia ke uap kemudian mengalirkan zat tersebut ke organ paru-paru. Di mana ini bukanlah sesuatu yang baik. Organ paru-paru Anda akan menjadi korbannya. Di sini merokok dengan menggunakan rokok elektrik sama sekali tidak menguntungkan, justru efek samping rokok elektrik yang negatif yang hanya akan Anda dapatkan.

Rokok Elektrik Meledak

Selain efek samping rokok elektrik bagi kesehatan, ternyata masih ada bahaya lain yang mengintai jika Anda terus menggunakan alat ini. Bahaya tersebut tidak lain adalah bahaya “meledak”, ya alat rokok elektrik dapat meledak. Sudah ada beberapa kasus terkait ini. Dapat dikatakan kondisi ini lebih berbahaya selain efek samping rokok elektrik yang akan Anda dapatkan tersebut.

E-cigarette yang merupakan nama lain rokok elektrik sudah menelan korban cukup banyak, salah satunya adalah pria yang berasal dari negara California, U.S. Pria tersebut bahkan mengalami luka serius yang cukup parah pada wajahnya, karena rokok elektrik yang meledak tersebut. Nah, Anda sudah melihat efek samping rokok elektrik bukan satu-satunya bahaya yang akan Anda hadapi.

Rokok elektrik yang meledak tersebut memang masih belum diketahui apa penyebabnya hingga sekarang ini. Tentunya pihak berwajib terus menyelidiki peristiwa tersebut, agar berikutnya tak ada korban karena rokok elektrik yang meledak lagi. Sesungguhnya, rokok elektrik yang meledak di negara paman Sam tersebut bukanlah sesuatu yang baru, melainkan sudah pernah beberapa kali dilaporkan juga. Mungkin ini bukanlah efek samping rokok elektrik, namun tetap harus Anda waspadai. Apalagi sekarang e-cigarette sudah mulai banyak beredar di negara Indonesia. Selain mengetahui efek samping rokok elektrik, resiko rokok elektrik meledak juga harus Anda waspadai.

Kandungan Rokok Elektrik

Efek samping rokok elektrik tidak akan terlepas dari kandungan atau material pembuatannya. E-cigarette ini juga sering disebut dengan nama lain ENDS , sistem pengiriman nikotin elektronik. Di mana rokok elektrik dipatenkan pertama kali oleh seseorang asal China, Hon Lik di tahun 2003. Kembali bicara mengenai kandungan rokok elektrik, pada bagian dalam dari alat ini ada tabung dengan isi larutan cairan yang dapat diisi ulang oleh penggunanya. Kandungan larutan tersebut yaitu propilena glikol, nikotin, perasa, dan gliserin. Ketika larutan tersebut dipanaskan, maka akan muncul uap, jika Anda melihatnya akan nampak seperti asap. Tetapi tentu efek samping rokok elektrik tetap akan menempel walaupun menggunakan metode yang berbeda untuk merokok.

Hindari Merokok!

Setelah Anda membaca mengenai efek samping rokok elektrik, di mana hanya efek samping negatif yang akan Anda dapatkan, Anda lebih baik mulai berhenti merokok. Kebiasaan merokok ini dapat dihentikan asalkan ada kemauan dari Anda. Jangan sampai hanya karena gaya, Anda akhirnya harus menanggung efek samping rokok elektrik dan rokok tembakau juga.

Jika Anda ingin bergaya, janganlah merokok, carilah gaya-gaya lain yang tanpa harus merokok! Dengan berhenti merokok, termasuk rokok elektrik, Anda selain akan bebas dari ancaman efek samping rokok elektrik yang negatif, Anda juga akan menghemat cukup banyak uang.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}