9 Makanan untuk Pembersih Paru-Paru Setelah Berhenti Merokok

464
spegpine.com

Diedit:

Selama Anda merokok, tubuh telah terkontaminasi sedemikian banyak zat yang sifatnya racun dan karsinogen (pemicu kanker). Sejumlah komponen dalam asap rokok menyebabkan kelumpuhan dan kematian fungsi tubuh, mengganggu siklus udara dalam saluran pernapasan, juga menyebabkan kerusakan sel yang signifikan.

Oleh sebab itu bagi Anda yang menghargai kesehatan dan kehidupan, pilihannya hanya ada dua: sama sekali tidak mulai merokok, atau berhenti merokok. Mengingat rokok selayaknya mesin pembunuh yang agresif dalam tubuh Anda. Rokok bisa menyebabkan lebih dari 20 jenis penyakit dan sebagian besar cukup mematikan.

Sebut saja Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), amfisema, batuk rejan, bronkitis, asma kronis, radang paru-paru, kanker paru-paru, hingga kanker nasofaring adalah beberapa jenis penyakit yang mengancam para perokok aktif.

Tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, tetapi tentu saja semakin cepat semakin baik. Anda bisa melihat bagaimana tubuh Anda bekerja menyembuhkan diri ketika Anda berhenti merokok di artikel: Mungkinkah Membersihkan Paru-Paru Setelah Berhenti Merokok?

Proses membersihkan paru-paru bukanlah perjalanan singkat. Anda butuh waktu panjang sampai sepenuhnya tuntas dari dampak buruk merokok. Untuk itu disarankan agar menunjang proses penyembuhan dengan sejumlah langkah yang menekankan pada perubahan pola hidup menjadi lebih sehat. Anda bisa melihat ulasan selengkapnya di artikel: Tips Membersihkan Paru-Paru Setelah Berhenti Merokok.

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat sangat penting untuk mempercepat penyembuhan paru-paru dan seluruh tubuh Anda setelah berhenti merokok. Pola makan berperan dalam mempercepat pemulihan dari efek ketergantungan, mengoptimalkan penetralan racun, serta mendorong regenerasi sel-sel rusak akibat korosi asap rokok.

Ada juga beberapa jenis makanan yang perlu dihindari karena bisa menyulitkan Anda terbebas dari ketergantungan rokok, seperti makanan manis dan makanan asin. Anda juga disarankan menghindari makanan yang memicu produksi lendir dan pengental lendir seperti makanan bergetah dan bersuhu dingin.

Di sisi lain, Anda disarankan mengonsumsi lebih banyak makanan pembersih paru-paru, yaitu makanan yang bermanfaat dalam proses penyembuhan paru-paru Anda.

Teh Hijau

Kandungan katekin dalam teh hijau bekerja membantu meredakan rasa gatal yang mengganggu pada tenggorokan, sekaligus juga membantu meredakan peradangan yang terjadi dalam saluran pernapasan dan paru-paru.

Katekin juga bekerja membantu menstimulasi proses regenerasi sel baru, sehingga mempercepat proses penggantian sel rusak pada paru-paru dengan sel-sel baru yang sehat. Dalam laman WebMD, juga dijelaskan bahwa teh hijau memiliki kemampuan menurunkan risiko kanker paru-paru pada perokok.

Apel

Rupanya buah yang lebih banyak dikenal untuk diet ini juga bagus sebagai pembersih paru-paru setelah berhenti merokok. Sebagaimana dijelaskan dalam laman Health, komponen nutrisi dalam apel memberi manfaat sangat baik untuk paru-paru dan fungsi pernapasan.

Baca juga:  Efek Berhenti Merokok yang Akan Dirasakan Tubuh

Dalam apel ditemukan kandungan khellin dan quercetin yang bagus bagi kesehatan paru-paru. Apel disarankan dikonsumsi oleh para penderita asma, perokok berat, dan pengidap gangguan paru-paru. Bahkan dijelaskan bahwa mengonsumsi apel setidaknya 5 buah dalam seminggu akan menekan risiko asma hingga 32 persen.

Nanas

Rahasia utama dari nanas sebagai pembersih paru-paru adalah komponen fitonutrien yang dikenal dengan istilah bromelain. Dijelaskan dalam healthline bahwa bromelain dalam nanas memberi manfaat sangat baik bagi penderita batuk.

Telah dijelaskan bahwa pada masa-masa awal setelah berhenti merokok, Anda akan mengalami batuk panjang kadang hingga belasan hari. Anda tidak disarankan mengonsumsi obat batuk terutama yang bekerja mengeringkan dahak, tetapi Anda boleh mengonsumsi nanas atau rempah guna melegakan pernapasan.

Bromelain memiliki sidat anti peradangan yang sangat kuat. Ini membantu mencegah dan mengatasi peradangan yang terjadi di paru-paru serta tenggorokan. Efek mukolitik dalam bromelain membantu mengencerkan dahak dan mengatasi dahak yang melekat pada dinding saluran pernapasan. Sehingga lendir akan lebih mudah keluar. Semakin mudah lendir keluar, semakin cepat batuk teratasi.

Nanas juga diketahui mengandung proxeronine yang bekerja melindungi proses regenerasi sel untuk bertahan pada pola DNA yang murni. Ada pengaruh baik proxeronine terhadap penurunan risiko kanker, termasuk kanker paru-paru.

Pepaya

Dikatakan dalam livestrong.com bahwa tubuh perokok sangat membutuhkan ekstra vitamin A. Karena riset menunjukan bahwa perokok berat cenderung akan mengalami efek defisiasi vitamin A. Menurut pandangan dr Richard Baybutt dari Kansas State University, komponen benzyopyrene yang merupakan salah satu substansi karsinogen dalam rokok menjadi pemicu penurunan kadar vitamin A dalam tubuh.

Vitamin A berperan besar untuk sejumlah fungsi tubuh, termasuk dalam fungsi pernafasan. Perbanyak asup makanan sumber vitamin A akan membantu mempercepat pemulihan tubuh dan mengatasi kekurangan vitamin A yang dialami.

Pepaya lebih dari sekedar sumber vitamin A. Enzim papain dan komponen seratny sangat tinggi. Ini baik untuk melancarkan pencernaan. Pada kondisi tubuh penuh toksin, pencernaan yang lancar berperan sangat penting untuk membantu mempercepat pembuangan racun. Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin A dari tomat, pepaya, daging merah, kuning telur dan lain sebagainya.

Brokoli dan Bayam

Dalam boldsky.com dijelaskan bahwa brokoli dan bayam memberi manfaat baik untuk paru-paru. Keduanya diketahui membantu mempercepat proses pembersihan unsur toksin dan kotoran dalam tenggorokan dan paru-paru.

Brokoli sendiri mengandung elemen senyawa sulphoraphane yang baik untuk paru-paru. Senyawa ini penting untuk membantu memperbaiki fungsi alveoli dengan lebih cepat dan membantu meningkatkan kapasitas udara dari paru-paru.

Noni Juice

Noni juice diketahui kaya akan komponen flavonoid. Ada lebih dari 20 macam flavonoid yang tersimpan dalam noni sehingga memberi manfaat maksimal dari flavonoid dalam proses penyembuhan paru-paru.

Baca juga:  3 Cara Berhenti Merokok yang Efektif Menurut Mantan Perokok

Flavonoid dikenal penting sebagai anti inflamasi, peningkat imun tubuh, stimulan regenerasi sel tubuh dan anti kanker. Dalam Chemistry Central Journal tahun 2009 dengan tajuk Antioxidant activity of noni juice in heavy smokers dijelaskan bagaimana noni juice menjadi anti karsinogen ampuh bagi perokok berat

Noni juice dikenal pula kaya proxeronine yang bekerja menjaga DNA tubuh dan membantu regenerasi sel. Ini menurunkan dengan signifikan resiko kanker akibat rokok. Hal ini juga diungkap dalam Journal of Food Science and Nutrition tahun 2013 dengan tajuk Noni juice reduces lipid peroxidation–derived DNA adducts in heavy smokers.

Buah Beri

Kandungan vitamin C dalam beragam jenis buah berry sangat tinggi. Sedang pasien dengan masalah paru-paru dan pasca merokok sangat disarankan untuk memperbanyak asupan vitamin C.

Vitamin C berperan dalam proses penyembuhan inflamasi, membantu proses detoksifikasi dan menstimulasi proses regenerasi sel yang rusak. Seluruh peran yang dibutuhkan dalam penyembuhan pasca berhenti merokok.

Kandungan anti oksidan dalam berry-berryan juga tinggi. Sebagian mengandung flavonoid yang sangat tinggi juga antosianin. Dalam riset yang dilakukan University of Louisville tahun 2016 ditemukan bahwa berry-berryan memiliki kemampuan menurunkan resiko kanker paru-paru serta menurunkan intensitas perkembangan sel kanker pada paru-paru.

Jahe

livestrong.com menjelaskan bagaimana jahe dapat membantu penyembuhan paru-paru pasca berhenti merokok. Dikatakan jahe memiliki kemampuan membersihkan polusi udara dalam saluran pernafasan, termasuk efek tembakau.

Jahe juga baik sebagai anti inflamasi, dan memberi efek melegakan pada tenggorokan. Anda akan merasa lebih lega dalam bernafas sekaligus bisa membantu meredakan rasa gatal dengan mengonsumsi secangkir teh jahe.

Jahe juga akan membantu melebarkan saluran pernafasan yang tersumbat dan sempit oleh endapan lendir, juga meningkatkan kapasitas paru-paru. Sehingga membantu meningkatkan kapasitas udara yang terhisap saat bernafas.

Rempah-Rempah

Rempah-rempah seperti rosemarry, cengkeh, kayu manis dan masih banyak lagi terbukti membantu dalam proses penyembuhan paru-paru dan saluran pernafasan pasca berhenti merokok. Kandungan anti oksidan dalam rempah-rempah ini memberi efek melegakan sehingga membantu pasien merasa lebih nyaman dengan pernafasan mereka.

Juga membantu mempercepat proses pembuangan toksin dalam tubuh. Komponen anti karsinogen dalam rempah-rempah sangat tinggi dan efektif membantu mempercepat penurunan resiko kanker karena rokok.

Sebagaimana dijelaskan dalam livestrong.com, menambahkan asupan rempah-rempah dalam menu Anda, atau mengonsumsi teh rempah akan membantu Anda merasa lebih lega, meredakan efek gatal dan membantu Anda mengatasi kelebihan dahak dengan cepat.

Pastikan mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat dengan menghindari makanan yang memperburuk kondisi pernapasan Anda dan menambah asupan makanan pembersih paru-paru. Ini akan membantu tubuh membersihkan paru-paru Anda setelah berhenti merokok.

Advertisement
Alinesia