Cermati Gejala-Gejala Flu Berikut Ini!


By Cindy Wijaya

Influenza (sering disingkat sebagai flu) adalah penyakit pernapasan yang sangat menular. Bergantung pada jenis-jenis flu, penyakit ini bisa menimbulkan gejala yang ringan sampai berat, dan bahkan ada yang bisa mengakibatkan kematian. Apa sajakah gejala-gejala flu tersebut?

Perlu diingat bahwa flu dan pilek adalah dua penyakit yang berbeda. Pilek adalah penyakit pernapasan yang lebih ringan daripada flu. Meskipun gejala-gejala pilek dapat membuat Anda merasa sakit sampai berhari-hari, namun gejala flu dapat membuat Anda sakit sampai berminggu-minggu. Flu juga bisa mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti pneumonia dan membutuhkan perawatan inap di rumah sakit.

Orang yang terserang flu biasanya akan merasakan beberapa atau seluruh gejala berikut:

  • Demam atau merasa meriang
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung tersumbat atau meler
  • Nyeri otot atau sakit badan
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Muntah dan diare, ini lebih sering dialami oleh anak-anak

Kebanyakan orang yang terserang influenza akan sembuh dalam kurun waktu beberapa hari sampai 2 minggu kurang. Tetapi beberapa orang dapat mengalami komplikasi (seperti pneumonia) sebagai akibat dari flu parah, beberapa diantaranya bahkan dapat mengancam jiwa dan mengakibatkan kematian.

Pneumonia, bronkitis, sinus, serta infeksi telinga adalah contoh dari komplikasi flu. Flu dapat membuat problem kesehatan kronis menjadi bertambah buruk. Misalnya, penderita asma bisa mengalami kekambuhan serangan asma ketika menderita flu, dan penderita gagal jantung kongestif yang kronis mungkin kondisinya bertambah buruk karena dipicu oleh flu.

Siapapun bisa mengalami gejala flu, bahkan orang yang sehat sekalipun, dan problem kesehatan serius berkaitan dengan flu dapat terjadi di segala usia. Akan tetapi, tampaknya ada beberapa orang yang lebih mungkin mengalami komplikasi parah saat terserang flu. Mereka ini termasuk lansia yang berusia 65 tahun ke atas, ibu hamil, anak-anak, serta penderita penyakit kronis (seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung).

Datangnya gejala flu seringkali tidak dapat diprediksikan dan tingkat keparahan gejalanya dapat bervariasi bergantung pada banyak hal, salah satunya adalah jenis virus influenza mana yang sedang banyak menyebar.

Virus influenza memasuki tubuh Anda melalui membran mukus di hidung, mata, atau mulut. Setiap kali Anda menyentuh bagian-bagian tubuh tersebut, sangat mungkin bagi virus yang menempel di tangan untuk menginfeksi tubuh melalui bagian-bagian tersebut. Karena alasan inilah, sangat penting untuk menjaga kebersihan tangan dengan selalu mencuci tangan untuk mencegah terjadinya gejala flu.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}