Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Mudah

510

Diedit:

Cara menghitung berat badan ideal, pernahkah Anda memikirkan hal ini? Mungkin jika Anda tidak pernah mengalami masalah kesehatan, Anda tak akan terlalu memikirkan hal ini. Tetapi jika Anda sudah merasakan ada yang mengganggu kesehatan Anda, khususnya karena faktor berat badan, Anda akan memberikan perhatian lebih.

Sebelum terlalu terlambat, mari bersama-sama pelajari cara menghitung berat badan ideal. Dengan begitu, jika berat badan Anda terlalu kurang atau berlebihan, maka Anda dapat segera melakukan perubahan pada diri Anda. Berat badan ideal merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus Anda peroleh. Mari baca selengkapnya tentang cara menghitung berat badan ideal ini.

Berat Badan Ideal dan Kepercayaan Diri

Dengan mengetahui cara menghitung berat badan ideal, maka Anda dapat mengetahui jika Anda sudah berada dalam kisaran berat ideal atau belum. Berat badan yang ideal memiliki kaitan yang erat dengan kepercayaan diri, baik Anda sadari maupun tidak. Karena itu banyak orang yang mendambakan memiliki berat badan ideal tersebut, selain baik untuk kesehatan, juga berat badan ideal itu nyaman dilihat – Secara tak langsung juga akan ikut meningkatkan rasa percaya diri dari orang yang bersangkutan. Kepercayaan diri penting untuk aktivitas sosial sehari-hari, apalagi di jaman sekarang banyak orang yang lebih menomorsatukan penampilan. Itulah sekilas kegunaan cara menghitung berat badan ideal yang perlu diketahui oleh Anda.

Mengetahui Berat Badan Ideal

Untuk mengetahui berat badan ideal tak bisa dikira-kira begitu saja, namun membutuhkan cara menghitung berat badan ideal yang akurat. Ada beberapa alternatif cara, yang akan kami bahas pada kesempatan artikel kesehatan kali ini. Dengan menggunakan cara perhitungan tersebut, Anda akan mengetahui jika saat ini apakah Anda sudah memiliki berat tubuh yang ideal atau tidak.

Baca juga:  Inilah Penyebab Berat Badan Kurus Kering dan Susah Gemuk!

Salah satu contohnya adalah cara menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus. Cara ini memang terdengar merepotkan, namun pada prakteknya tidaklah terlalu sulit. Anda dapat melakukannya dengan mudah. Dengan mengetahui cara menghitung berat badan ideal, kini Anda tak perlu bertanya-tanya dalam hati lagi.

Berat Timbangan

Dalam mengetahui berat badan ideal, cara menghitung berat badan ideal itu tidak hanya berdasarkan angka yang muncul pada timbangan, atau Anda hanya mengira-ngira sendiri. Cara tersebut adalah cara yang salah. Ada standar berat badan yang sudah diciptakan, di mana standar tersebut dibuat berdasarkan badan kesehatan dunia, dengan begitu Anda hanya perlu mengikuti standar tersebut, karena sudah dilakukan penelitian terkait.

Cara menghitung berat badan ideal juga dapat Anda pilih sendiri, pilihlah cara yang menurut Anda terbaik, salah satunya adalah dengan menggunakan rumus, walaupun ada juga beberapa pilihan cara yang lainnya. Sekarang mari langsung menuju cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus.

Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal BMI

Rumus yang digunakan untuk perhitungan berat badan ideal disebut dengan rumus BMI atau Body Mass Index. Dalam bahasa Indonesia dikenal juga dengan sebutan IMT atau Indeks Massa Tubuh. Cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus ini termasuk salah satu cara yang cukup sering digunakan sebagai acuan dalam mengetahui berat ideal seseorang. Rumus ini menggunakan kombinasi antara perhitungan berat badan dan tinggi seseorang. Hasil final dari rumus cara menghitung berat badan ideal BMI ini yaitu: Berat badan (Kilogram) / (Tinggi badan (m) x Tinggi badan (m)).

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Kalkulator BMI

Jika Anda tidak ingin repot, Anda juga dapat menggunakan alternatif cara lainnya. Alternatif cara tersebut tidak lain adalah dengan menggunakan kalkulator BMI. Cara menggunakan kalkulator ini jauh lebih mudah, karena Anda tidak perlu menghitung lagi, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan data-data saja. Kolom data dari cara menghitung berat badan ideal menggunakan kalkulator BMI terdiri atas tinggi badan, berat badan sekarang dan begitu Anda masukkan data-datanya, secara otomatis kalkulator BMI akan menghitungkan apakah berat badan Anda sudah ideal atau belum. Cara menghitung berat badan ideal ini sangatlah praktis.

Mengetahui Standar BMI

Terkait cara menghitung berat badan ideal, Anda akan bertemu dengan yang namanya standar BMI. Standar BMI ini berbeda antara standar BMI untuk wanita dan yang untuk pria. Anda dapat melihat perbedaannya pada penjelasan kami di bawah ini:

Ini sangat penting terkait cara menghitung berat badan ideal, khususnya yang menggunakan rumus.

Standar BMI Pria

  • > 27 = Kegemukan atau obesitas
  • 23 – 27 = Kelebihan berat badan
  • 17 – 23 = Berat badan ideal
  • < 17 = Terlalu kurus, berat badan kurang

Standar BMI Wanita

  • > 27 = Kegemukan atau obesitas
  • 25 – 27 = Kelebihan berat badan
  • 18 – 25 = Berat badan ideal
  • < 18 = Terlalu kurus, berat badan kurang

Itulah standar BMI antara pria dan wanita, dalam menggunakan cara menghitung berat badan ideal memakai rumus, Anda dapat mengategorikan hasil angka yang keluar dalam batasan standar BMI tersebut.

Cara menghitung berat badan ideal tersebut memang bagus. Namun, Anda tetap harus melihat kondisi tubuh Anda. Jika Anda merasa tubuh Anda terlihat bergelambir karena lemak, maka tidak perlu terlalu terpatok pada angka BMI dan cara menghitung berat badan ideal, namun Anda boleh melakukan upaya menurunkan berat badan mulai dari saat itu juga. Upayakanlah gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga dan pola makan seimbang, itulah yang terpenting dalam upaya mendapatkan berat badan ideal.

Baca juga:  4 Minuman Ini Lebih Efektif dari Air Lemon dalam Menurunkan Berat Badan
Advertisement
Alinesia