Cara Mengatasi Telinga Tersumbat yang Sederhana

868
Cara Mengatasi Telinga Tersumbat
Credit Photo: absolutimages / iStock

Diedit:

Telinga yang tersumbat bisa menjengkelkan, karena selain membuat Anda jadi budek, Anda juga bisa merasakan sakit atau tidak nyaman di telinga. Masalah ini bisa disebabkan oleh kotoran telinga yang keras, karena flu, atau karena kemasukan air. Adakah cara mengobati telinga budek yang secara alami? Baca di sini cara alami mengatasi telinga tersumbat karena kotoran keras, flu, dan air.

Keluhan telinga tersumbat dapat terjadi pada siapapun, meski sering kali dialami oleh anak-anak. Apa saja penyebab telinga tersumbat? Biasanya orang-orang mengalami masalah ini karena penumpukan kotoran telinga di saluran Eustachius; air masuk dan berdiam di dalam telinga, perubahan tekanan atau ketinggian (biasa terjadi saat take off pesawat terbang), gejala flu, infeksi sinus, infeksi telinga tengah, dan alergi.

Apabila penyebabnya tidak serius, misalnya karena kotoran keras, kemasukan air, atau gejala flu, biasanya Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara alami. Namun penyebab yang serius, seperti karena infeksi sinus, infeksi telinga tengah, dan alergi, kemungkinan Anda harus pergi ke dokter untuk mengobatinya.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara mengobati telinga budek secara alami. Cara-cara ini khususnya berguna untuk mengatasi telinga tersumbat karena kotoran keras, kemasukan air, gejala flu, atau perubahan ketinggian. Semua informasi di sini bersumber dari situs-situs web kesehatan yang dapat dipercaya, silakan lihat “sumber referensi” di paling bawah artikel.

Cara Mengatasi Telinga Budek: Obat Tetes Alami

Cara ini bagus untuk mengatasi telinga tersumbat karena kotoran keras, untuk melunakkan kotoran tersebut. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami sebagai obat tetes telinga seperti minyak mineral (minyak parafin), minyak bayi, atau minyak zaitun.

Panaskan 2 – 3 sendok teh minyak yang akan Anda gunakan, tapi jangan sampai terlalu panas karena bisa mengiritasi kulit. Pastikan suhunya sudah pas dengan mencoba mengoleskannya ke pergelangan tangan.

Jika suhunya sudah pas, gunakanlah pipet untuk meneteskan 1 – 2 tetes minyak itu ke dalam telinga Anda. Biarkan kepala tetap dalam posisi miring selama 10 – 15 detik. Lakukan cara ini beberapa kali sehari hingga 5 hari untuk mengobati telinga budek akibat kotoran secara alami.

Cara Mengobati Telinga Tersumbat: Irigasi Telinga

Irigasi telinga adalah cara mengatasi telinga tersumbat karena kotoran keras. Tetapi ingatlah bahwa cara ini sebaiknya tidak dilakukan jika Anda baru saja menjalani operasi di telinga atau mengalami cedera telinga. Metode ini juga tidak boleh dilakukan jika Anda sedang mengalami infeksi di saluran telinga.

Metode irigasi telinga paling aman jika dilakukan oleh dokter. Tetapi Anda juga bisa mencoba sendiri di rumah dengan peralatan yang aman dan sederhana. Anda bisa menggunakan pipet untuk memasukkan minyak bayi, minyak mineral, atau obat tetes telinga khusus untuk melunakkan kotoran di dalam telinga.

Masukkan beberapa tetes ke dalam telinga 2 – 3 kali sehari selama beberapa hari. Setelah kotoran telinga melunak, gunakkan alat suntik (syringe) yang sudah diisi air atau campuran air & garam untuk membilas kotoran tersebut.

Cara Mengatasi Telinga Budek: Terapi Uap Panas

Uap panas dapat membantu meringankan gejala-gejala infeksi pernapasan seperti flu. Karena itu cara ini dapat digunakan untuk mengatasi telinga tersumbat akibat flu. Bagaimana cara melakukannya?

Masak satu panci air sampai mendidih. Angkat panci dari kompor dan posisikan kepala Anda ke atas panci itu. Letakkan handuk di atas kepala lalu tarik napas dalam-dalam beberapa kali untuk menghirup uap panas dari air di dalam panci.

Anda juga dianjurkan untuk mandi air panas, karena uap dari air panas itu juga dapat memberikan efek yang serupa.

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat Karena Flu
Credit Photo: South_agency / iStock

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat: Kompres Hangat

Kompres hangat merupakan cara bagus untuk mengatasi telinga budek karena gejala-gejala flu, terutama yang disertai pilek dan hidung tersumbat. Kompres hangat dapat membantu mengeluarkan lendir dari hidung dan melegakan sumbatan di telinga.

Untuk menggunakan kompres hangat, caranya sangat sederhana. Celupkan handuk bersih ke air panas, lalu peras sampai handuknya. Tempelkan handuk itu di bawah telinga yang tersumbat sekitar 5 sampai 10 menit. Ulangi sampai penyumbatan di telinga membaik.

Cara Mengobati Telinga Tersumbat: Alkohol & Cuka

Alkohol dapat membantu mengeringkan air, karena itu cara ini berguna untuk mengatasi telinga tersumbat karena kemasukan air. Alkohol juga bermanfaat menghilangkan pertumbuhan bakteri, yang membantu mencegah infeksi di dalam telinga.

Dan jika air terperangkap di dalam telinga karena adanya penumpukan kotoran telinga, maka cuka bisa membantu menghilangkan kotoran itu.

Campurkanlah alkohol dan cuka dalam jumlah yang sama untuk membuat larutan tetes telinga. Gunakan pipet untuk meneteskan 3 – 4 tetes larutan ini ke dalam telinga. Gosokkan bagian luar telinga dengan lembut. Tunggu 30 detik, dan miringkan kepala ke samping agar larutannya mengering.

Catatan: Jangan gunakan cara ini jika Anda memiliki infeksi pada telinga, gendang telinganya berlubang atau robek, atau memiliki tabung tympanostomy yang dipasangkan ke dalam gendang telinga.

Cara Mengatasi Telinga Tersumbat: Pakai Pengering Rambut

Cara ini berguna untuk mengatasi telinga tersumbat karena kemasukan air. Suhu panas dari mesin pengering rambut bisa membantu mengeringkan air yang terperangkap di dalam telinga.

Nyalakan pengering rambut dan atur pada tingkat panas paling rendah. Pegang mesin pengering rambut sekitar 30 cm dari telinga dan gerakkan mesin maju-mundur. Lakukan itu sambil menarik cuping telinga ke bawah.

Cara Mengatasi Telinga Budek: Manuver Valsalva

Manuver Valsalva dapat membantu membuka sumbatan di saluran Eustachius. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan menutup hidung dengan jari-jari, kemudian mencoba mengembuskan napas lewat hidung, sambil menjaga mulut tetap tertutup (sehingga pipi jadi mengembang). Tetapi jangan mengembuskan napas terlalu keras, karena akan menyebabkan masalah pada gendang telinga.

Cara mengatasi telinga tersumbat ini hanya berguna apabila penyebabnya adalah perubahan tekanan, misalnya saat Anda berpindah ke tempat yang lebih tinggi atau saat take off pesawat. Cara ini tidak akan membantu mengatasi telinga tersumbat karena air.

Credit Photo: Cameron Whitman / Shutterstock

Jangan Gunakan Cotton Bud atau Benda Lain!


Anda sebaiknya tidak menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Cotton bud justru dapat menyebabkan telinga lebih tersumbat karena mendorong kotoran semakin masuk ke dalam. Anda juga dianjurkan tidak menggunakan benda kecil apapun untuk mencoba mengorek kotoran keluar dari dalam telinga, karena bisa menyebabkan cedera di dalam telinga.

Kesimpulan tentang Cara Mengatasi Telinga Tersumbat

Masalah telinga tersumbat biasanya sangat mudah untuk diatasi sendiri dengan cara-cara yang alami. Memang adakalanya masalah ini disebabkan oleh sesuatu yang serius sehingga harus diobati oleh dokter, tapi sering kali penyebabnya hanya ringan, seperti karena kemasukan air, kotoran telinga, gejala flu, atau perubahan tekanan.

Berapa lama masalah telinga tersumbat akan hilang tergantung pada akar penyebabnya dan bagaimana Anda mengatasinya. Jika disebabkan oleh kemasukan air atau perubahan tekanan, biasanya akan cepat teratasi. Tetapi kalau disebabkan oleh kotoran keras atau gejala flu, mungkin butuh waktu sampai seminggu untuk hilang.

Bagaimana kalau tidak juga membaik lebih dari seminggu? Sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk memeriksakannya. Ada kemungkinan penyebabnya lebih serius, misalnya karena infeksi sinus atau telinga yang memang harus ditangani secara medis. Dan sebaiknya langsung ke dokter bila ada keluhan lain yang menyertai, misalnya gangguan pendengaran, pusing, sakit telinga, telinga berdengung, atau keluar cairan dari telinga.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang cara mengatasi telinga tersumbat secara alami. Semoga informasi ini dapat membantu menghilangkan masalah Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. How to Unclog Your Ears. Reviewed: 2018-11-09. URL: https://www.healthline.com/health/how-to-unclog-ears. Accessed: 2020-02-12

Medical News Today. How can you unblock your ear?. Reviewed: 2018-04-19. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321547.php. Accessed: 2020-02-12

Healthline. 12 Ways to Get Water Out of Your Ear. Reviewed: 2019-12-23. URL: https://www.healthline.com/health/how-to-get-water-out-of-your-ear. Accessed: 2020-02-12

Healthline. Ear Irrigation. Reviewed: 2016-12-01. URL: https://www.healthline.com/health/ear-irrigation. Accessed: 2020-02-12