Buatlah Kamar Tidur yang Nyaman: Kunci Tidur Berkualitas!

404

Diedit:

Kesulitan tidur di malam hari yang sunyi dan sepi? Anda tidak sendirian. Berdasarkan National Sleep Foundation, ada lebih dari 15 persen orang dewasa di Amerika yang punya gangguan tidur. Istirahat malam yang baik dapat berperan penting dalam menentukan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Kabar baiknya, Anda dapat mendapatkan tidur berkualitas hanya dengan beberapa langkah mudah.

Di dunia yang serba cepat ini, tidur malam yang baik tidak lagi diperhatikan, bahkan mungkin jatuh ke paling bawah pada daftar prioritas seseorang. Padahal, istirahat malam adalah bagian penting dari kehidupan, sama pentingnya dengan kebutuhan Anda akan makanan dan air. Nikmatilah tidur yang lebih berkualitas mulai dari mendesain ulang kamar tidur Anda.

Pilihlah Warna yang Tenang

Warna cat di dinding kamar tidur dan warna dekorasinya dapat mempengaruhi perasaan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Sejumlah studi di College Student Journal telah memperlihatkan efek warna biru dan hijau yang lembut menimbulkan ketenangan, kenyamanan, kedamaian, dan harapan. Warna yang lebih muda, misalnya peach dan cokelat muda, juga dapat menenangkan pikiran sebelum tidur.

Pasang Tempat Tidur yang Nyaman

Anda menghabiskan hampir sepertiga waktu sepanjang hidup Anda di tempat tidur, jadi masuk akal bukan untuk meluangkan waktu dan uang guna memastikannya memenuhi kenyamanan Anda? Carilah tempat tidur dengan seksama di berbagai toko, kalau bisa yang membolehkan Anda untuk mencobanya sebelum membeli. Coba juga bantal guling yang berbeda dan pilih kasur dengan ukuran dan tingkat keempukan yang tepat bagi Anda.

Matikan Lampu Sebelum Tidur

Mungkin saran ini sudah basi, tapi memastikan kamar cukup gelap sangat penting untuk mendapatkan tidur berkualitas. Matikan atau tutupi seluruh sumber cahaya, termasuk menutup gorden karena bahkan cahaya bulan bisa mengganggu tidur Anda. Namun jangan sampai sama sekali gelap gulita, tempatkan lampu meja yang mudah dinyalakan saat harus ke toilet di malam hari atau gunakan senter. Alternatif lain adalah menyalakan lampu khusus malam yang redup.

Baca juga:  Tidur: Apa Manfaat Cahaya Matahari Bagi Istirahat Malam?
Jauhkan Alarm Anda

Meletakkan jam alarm jauh dari tempat tidur atau menghadap ke arah tembok adalah langkah yang sederhana namun efektif. Cahaya redup dari jam dapat mengurangi kualitas tidur dan sebentar-sebentar bangun melihat jam bisa menimbulkan stres yang mencegah Anda tidur pulas.

Singkirkan Televisi Maupun Komputer

Mungkin tampaknya menenangkan untuk tiduran sambil menonton film. Tapi sebaiknya jangan dilakukan, khususkan kamar tidur Anda hanya untuk istirahat. Pindahkan televisi dan komputer ke ruangan lain. Jika Anda menggunakan kamar tidur sebagai kantor pribadi, pastikan bahwa ketika pekerjaan sudah beres, seluruh perangkat elektronik Anda sudah dimatikan serta tidak ada lagi cahaya redup warna biru kedip-kedip dari smartphone.

Atur Ulang Kamar Tidur Anda

Rapihkan lemari dan rak-rak supaya tidak ada lagi tumpukan pakaian atau buku bertebaran di sekeliling kamar. Keluarkan kertas-kertas laporan atau proyek yang belum selesai dari kamar tidur agar tidak menimbulkan stres sebelum tidur. Kamar yang berantakan menghasilkan pikiran yang berantakan pula, sebaliknya, kamar yang rapih membuat pikiran lebih tenang.

Jika Anda sudah menerapkan langkah-langkah untuk menikmati tidur berkualitas namun tetap tidak bisa tidur nyaman, mungkin sudah saatnya untuk mengambil langkah yang lebih serius. Anda sebaiknya mencari bantuan profesional untuk mengatasi gangguan tidur yang diderita.

Advertisement
Alinesia