Buah Plum Bermanfaat bagi Tulang, Jantung, Hingga Kanker

366
buah plum
Buah Prem (Credit: Наталья Лысенко / Adobe Stock)

Diedit:

Buah plum adalah sumber yang sangat baik untuk memperoleh vitamin, mineral, serat, dan antioksidan sehingga dikenal memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kita. Tapi mungkin masih ada yang bingung tentang cara makan buah plum dan juga ragu-ragu karena takut dengan efek samping darinya. Tenang saja, artikel ini dapat membantu menjelaskan informasi tersebut.

Dalam artikel ini akan dijelaskan tentang khasiat, cara konsumsi, dan efek samping dari buah plum (yang juga disebut prem).  Namun pertama-tama ada baiknya kita berkenalan dulu dengan buah ini agar lebih mudah mengenalinya. Mari perhatikan bagian pertama dari artikel ini, yaitu apa itu buah prem.

Apa Itu Plum?

Pada umumnya buah prem yang dijual di dunia adalah dari dua jenis utama, yaitu Prunus domestica dan Prunus salicina. Plum, atau prem, merupakan bagian dari genus Prunus dan subgenus yang bernama sama, Prunus. Tanaman ini masih berkerabat dengan tanaman buah berbiji lainnya dari genus Prunus seperti ceri, persik, dan aprikot. Prem adalah salah satu tanaman buah berbiji keras & besar (stone fruit) yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

buah plum eropa
Buah Prem Eropa (Credit: annalovisa / Adobe Stock)

Saat ini prem Prunus domestica masih lebih umum dibudidayakan di wilayah barat seperti di Amerika Serikat dan Eropa. Karena itulah jenis ini seringnya disebut sebagai plum eropa atau plum barat. Sedangkan plum yang banyak tersedia di Indonesia tergolong dalam jenis prem Prunus salicina yang berasal dari Cina, atau disebut plum oriental.

Selain dibudidayakan di tempat asalnya, plum oriental juga banyak ditanam di Korea, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia. Plum eropa atau plum barat biasanya berwarna merah keunguan, rasanya manis, dan mengandung sedikit air. Sedangkan plum oriental biasanya berwarna hijau kekuningan, rasanya asam manis, dan mengandung banyak air.

buah plum oriental
Buah Prem Oriental (Credit: HikoPhotography / Shutterstock)

Selain dua jenis itu, ada lagi jenis plum lain yang umum dibudidayakan di Asia yaitu Prunus mume. Prunus mume juga sering disebut sebagai plum cina atau aprikot jepang. Tanaman prem jenis ini berasal dari dataran Cina dan juga umum dibudidayakan di Jepang, Korea, serta Vietnam.

Setelah mengenali jenis buah prem yang banyak tersedia di Indonesia, sekarang saatnya untuk mencari tahu apa saja khasiat dari buah ini. Mari perhatikan bagian kedua yang membahas tentang manfaat buah prem bagi kesehatan.

Apa Saja Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan?

Artikel ini akan lebih berfokus pada manfaat kesehatan yang dapat dihasilkan oleh buah prem dari jenis Prunus domestica dan Prunus salicina. Karena dua jenis inilah yang paling banyak dijual di dunia. Memang di Indonesia lebih umum dijual jenis Prunus salicina atau plum oriental, tetapi ada juga toko-toko yang menjual plum impor dari Eropa yang berjenis Prunus domestica. Berikut adalah sejumlah manfaat kesehatan yang bisa dirasakan jika rutin mengonsumsi buah ini.

Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan Tulang

Khasiat buah plum untuk kesehatan tulang adalah dari kandungan senyawa fenolik di dalamnya. Berbagai penelitian menggunakan plum kering dan ekstrak plum menunjukkan bahwa buah ini dapat meningkatkan pembentukan tulang dan menghambat resoprsi tulang. Hasil penelitian lainnya memperlihatkan bahwa plum kering bermanfaat pada kepadatan mineral tulang, sehingga membantu melindungi dari pengeroposan tulang.

Khasiat Buah Plum sebagai Antioksidan

Manfaat antioksidan dari buah ini sebagian besar berasal dari kandungan senyawa fenolik-nya yang tinggi. Berbagai penelitian yang menggunakan ekstrak plum menunjukkan bahwa ekstrak itu menghasilkan efek antioksidan yang efektif menghambat pertumbuhan dari berbagai jenis sel kanker, termasuk sel kanker hati, kanker lambung, kanker serviks, dan leukemia.

Khasiat Buah Plum untuk Meningkatkan Kognitif

Yang termasuk dalam kemampuan kognitif yaitu kemampuan berpikir dan kemampuan untuk mengingat. Efek peningkatan kognitif dari buah ini terutama berasal dari kandungan senywa polifenolik-nya yang tinggi. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi plum secara rutin dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar dari objek penelitian. Selain itu plum juga didapati mampu meredakan kecemasan. Bahkan konsumsi buah ini dapat dengan baik mengurangi gejala dari penyakit Alzheimer.

Khasiat Buah Plum untuk Melindungi Jantung

Salah satu pemicu gangguan jantung adalah tekanan darah tinggi. Penelitian menggunakan ekstrak prem memperlihatkan bahwa prem dapat menurunkan tekanan darah dengan cukup signifikan. Penelitian lainnya mendapati bahwa prem yang dikeringkan dapat mengurangi aterosklerosis, yang adalah kondisi pengerasan dan penyempitan pembuluh darah arteri. Aterosklerosis merupakan salah satu pemicu serangan jantung dan stroke.

Khasiat Buah Plum untuk Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah plum untuk melancarkan pencernaan adalah dari kandungan seratnya yang tinggi. Telah dilakukan penelitian untuk mempelajari efek plum pada penderita gejala-gejala gastrointestinal ringan dan didapati bahwa konsumsi jus plum mengurangi gejala susah BAB atau sembelit. Begitu juga dengan konsumsi jus plum setiap hari sebelum makan pada para penderita sembelit kronis yang bisa langsung dirasakan manfaatnya. Khasiat serupa juga didapati pada penggunaan plum kering pada penderita sembelit ringan – sedang.

Khasiat Buah Plum sebagai Anti-Alergi & Anti-Bakteri

Penelitian menggunakan ekstrak prem menunjukkan bahwa prem dapat secara signifikan mengurangi gejala-gejala alergi tungau debu seperti bersin-bersin. Bukan hanya mengurangi gejalanya, didapati juga terjadi penurunan kadar allergen-specific immunoglobulin E (IgE) dalam darah. Kadar IgE yang tinggi terjadi ketika tubuh bereaksi berlebihan terhadap pemicu alergi (alergen). Jika kadarnya menurun, berarti reaksi alergi tubuh sudah mulai mereda.

Mengenai khasiatnya sebagai anti-bakteri, telah dilakukan penelitian untuk mengamati efek dari ekstrak etanol prem terhadap lima jenis bakteri gram-positive yang berbeda. Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak prem menghasilkan efek anti-bakteri pada semua jenis bakteri tersebut.

Khasiat-Khasiat Buah Plum yang Lainnya

Salah satu manfaat kesehatan lain dari buah plum yang telah diamati secara ilmiah adalah efeknya pada fungsi hati. Sebuah penelitian mengamati terjadinya penurunan signifikan serum alanine transaminase dan serum alkaline phosphatase (penanda kesehatan klinis pada hati), tanpa adanya perubahan pada serum aspartate transaminase dan bilirubin.

Kemudian diamati juga efek positif jus plum pada faktor risiko penyakit kencing batu. Sebuah penelitian melaporkan terjadinya peningkatan kapasitas antioksidan urin setelah mengonsumsi jus plum. Manfaat lain yang diamati ialah plum dapat dikonsumsi sebagai camilan sehat yang lebih mengenyangkan, sehingga membantu menjaga berat badan.

Bagaimana Cara Konsumsi Buah Plum?

Setelah mengetahui manfaat-manfaat buah prem bagi kesehatan, sekarang yang perlu dicari tahu adalah cara makan buah plum. Kita bisa memperoleh manfaat buah plum yang lebih maksimal jika menerapkan cara konsumsi yang tepat. Berikut adalah beberapa cara makan buah plum yang bisa kita terapkan.

cara makan buah plum
Potongan Buah Prem (Image by Andreas Lischka from Pixabay)

Konsumsi dalam Kondisi Mentah/Segar

  • Cuci dulu buahnya sampai bersih dengan air mengalir, lalu keringkan.
  • Makan langsung buah plum tanpa dikupas seperti cara makan apel.
  • Atau kita bisa potong-potong dulu seperti memotong apel.
  • Potongan-potongan plum bisa dimasukkan ke dalam oatmeal, yogurt, atau sereal.
  • Potongan plum juga bisa dijadikan jus, dan bisa dicampur dengan buah-buahan lain seperti pisang, jeruk, apel, dsb.
  • Selain dijadikan jus, potongan plum juga dapat dicampur dengan potongan buah-buahan lain atau sayuran untuk dijadikan salad.

Konsumsi dalam Kondisi Kering

  • Cara makan buah plum yang sudah dikeringkan mirip dengan cara makan kismis.
  • Tambahkan plum-plum kering ke dalam oatmeal, yogurt, atau sereal untuk sarapan.
  • Plum kering juga dapat ditambahkan ke dalam masakan untuk menambahkan rasa asam-manis, yang cocok untuk ayam.

Sebenarnya cara konsumsi buah plum itu sederhana. Sama seperti beberapa buah-buahan lain, buah prem bisa langsung dimakan dalam kondisi mentah atau segar tanpa dikupas kulitnya. Malahan kulit buahnya memiliki banyak serat dan kandungan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan. Yang terpenting, cuci dulu sampai benar-benar bersih untuk membersihkan semua kotoran dan pestisida yang menempel di kulitnya.

Apa Saja Efek Samping Buah Plum yang Perlu Diwaspadai?

Melihat cukup banyak manfaat yang diberikan olehnya, tidak aneh jika buah ini merupakan salah satu yang paling disarankan para ahli untuk dikonsumsi. Akan tetapi, sama seperti banyak jenis buah-buahan lain, buah plum juga dapat menimbulkan efek samping tertentu. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Plum Mengandung Oksalat

Buah ini mengandung oksalat yang cukup besar. Bila di dalam tubuh terdapat oksalat dalam kadar tinggi, maka akan menghambat penyerapan kalsium yang dapat mengakibatkan pengendapan kalsium. Pengendapan kalsium kemudian bisa menyebabkan pembentukan batu di ginjal dan di kandung kemih.

Meski begitu, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi plum dalam jumlah sedang tidak banyak berpengaruh pada pembentukan batu ginjal. Namun orang yang sudah memiliki masalah kesehatan semacam itu disarankan menghindari konsumsi buah plum agar tidak mengalami efek samping berbahaya.

Plum Kering Diawetkan dengan Sulfit

Sulfit adalah bahan kimia yang biasa digunakan untuk mengawetkan makanan, termasuk buah-buahan. Plum kering sering diawetkan dengan sulfit untuk mencegahnya mengalami oksidasi yang dapat menggelapkan warnanya dan mengubahnya menjadi cokelat. Orang yang sensitif terhadap sulfit sebaiknya menghindari konsumsi buah plum kering karena dapat menimbulkan efek samping reaksi alergi bahkan sampai alergi yang parah (anafilaksis).

Plum Mengandung Banyak Serat

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah plum memang bermanfaat, tetapi jika dikonsumsi berlebihan akibatnya adalah efek samping pada pencernaan. Serat yang terlalu banyak dapat mengakibatkan gangguan pencernaan seperti susah BAB atau sembelit dan masalah diare. Namun efek samping buah plum ini dapat dihindari jika mengonsumsinya dalam jumlah sewajarnya.

Jika dibandingkan, efek samping buah plum tidak seberapa dibandingkan dengan manfaat yang dimilikinya. Dan efek samping tersebut hanya akan terjadi jika buah dikonsumsi dalam jumlah berlebihan atau sudah diawetkan dengan sulfit. Karena itu jika ingin aman, sebaiknya kita mengonsumsi buah yang segar tanpa bahan pengawet dan dalam jumlah tidak berlebihan.

Kesimpulan tentang Buah Plum

Buah prem yang banyak tersedia di Indonesia adalah dari jenis tanaman Prunus salicina, meski ada juga toko-toko yang menjual prem impor dari jenis Prunus domestica. Penelitian-penelitian telah mendapati adanya beragam manfaat buah plum bagi kesehatan, diantaranya untuk kesehatan tulang, sebagai antioksidan, untuk meningkatkan kognitif, melindungi jantung, melancarkan pencernaan, serta sebagai anti-alergi dan anti-bakteri.

Cara konsumsi buah plum sebenarnya sederhana; kita bisa langsung memakannya dalam kondisi mentah/segar tanpa dikupas kulitnya. Kita bisa memasukkan potongan buah ke dalam oatmeal, yogurt, atau sereal untuk sarapan sehat. Potongan plum juga bisa dijadikan jus atau untuk campuran salad. Buah yang sudah dikeringkan juga dapat dimakan langsung atau dicampur ke dalam oatmeal, yogurt, dan sereal untuk sarapan.

Mengenai efek samping buah plum, sebenarnya kita tidak perlu khawatir bila mengonsumsinya dalam kondisi segar, tanpa pengawet, dan tidak berlebihan. Namun jika dikonsumsi berlebihan ditakutkan dapat memicu masalah batu ginjal atau batu kandung kemih dan gangguan pencernaan. Buah yang sudah dikeringkan juga biasanya menggunakan pengawet sulfit yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Demikianlah artikel ini yang mengulas seputar buah prem. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda terhadap tanaman-tanaman bermanfaat yang ada di sekitar Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar tanaman bermanfaat dan tanaman herbal hanya di Deherba.com.


Referensi Buah Plum:

Igwe, Ezinne O. & Charlton Karen E. (2016). A Systematic Review on the Health Effects of Plums (Prunus domestica and Prunus salicina). Phytotherapy Research. 30(5): 701-731  DOI: 10.1002/ptr.5581

Nagdeve, Meenakshi. 21 Best Benefits of Plums. Updated: 2019-12-06. URL: https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-plums.html#side-effects-of-plums. Accessed: 2019-07-08


Advertisement
Alinesia