Share:

Diedit:

Tahukah Anda jika hipertensi bisa dibantu dengan konsumsi jus (sari) buah mengkudu untuk hipertensi? Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa Noni Juice atau jus mengkudu mampu menstabilkan tekanan darah. Senyawa alami apa yang menghasilkan khasiat atau manfaat mengkudu untuk hipertensi?

Dalam artikel ini Anda akan melihat bagaimana kinerja buah mengkudu yang eksotis dalam menurunkan atau menstabilkan hipertensi yang Anda miliki. Perlu diperhatikan bahwa sekalipun konsumsi mengkudu dapat menormalkan kondisi hipertensi, pemeriksaan medis berupa konsultasi dokter masih perlu dilakukan guna mengetahui kondisi hipertensi dalam tubuh Anda.

Mengkudu untuk Hipertensi—Cara Alami Atasi Hipertensi!


Kapan Anda disebut sebagai penderita hipertensi? Jika peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan diastolik lebih dari 90 mmHg, maka ini tergolong dalam hipertensi. Seperti yang Anda ketahui, penderita hipertensi harus bersahabat dengan buah dan sayur.

Buah mengkudu masuk dalam daftar buah yang harus Anda konsumsi. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin C, fitonutrient, selenium, dan antioksidan dalam buah mengkudu. Tentu saja, beragam nutrisi dalam mengkudu dibutuhkan untuk mengendurkan dan melebarkan pembuluh darah.

Selain itu, buah mengkudu mengandung senyawa scopoletin yang berfungsi untuk menurunkan hipertensi. Senyawa ini merupakan semacam alkalin yang membantu menjaga keseimbangan Ph yang ada dalam cairan tubuh manusia, termasuk darah dan juga mampu memerangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Sejak 2000 tahun lalu, mengkudu sudah dikenal di sini, dan sampai saat ini masih disebut sebagai “buah dewa” dan banyak dikonsumsi masyarakat. Buah mengkudu aman dikonsumsi dan kaya manfaat. Ini terlihat dari keputusan yang dihasilkan oleh Komisi Eropa pada 2003 yang menyetujui mengkudu sebagai buah yang diijinkan untuk dikomersialkan.

Buah mengkudu merupakan makanan baru di Eropa yang telah diuji keamanannya. Namun, ada yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi buah mengkudu. Anda perlu memastikan bahwa produk tersebut merupakan buah mengkudu alami yang terjamin kesegarannya.

Buah mengkudu juga kaya akan vitamin A, kalsium, niasin dan potasium. Dalam buah mengkudu juga mengandung 10 vitamin esensial, 18 jenis asam amino, dilengkapi dengan mineral. Yang paling menggembirakan, buah mengkudu mengandung seronin, sejenis alkaloid yang dibutuhkan untuk memperbaiki fungsi sel.

Berdasarkan penelitian Rachim (2012) khasiat atau manfaat mengkudu untuk hipertensi dapat dibuktikan. Pemanfaatan mengkudu dalam bentuk jus sangat praktis dan efektif. Mengkudu mengandung prexeronin yang mampu bekerja pada vasoaktif endotel sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Selain prexeronin, didalam mengkudu juga terdapat zat yang dinamakan scopoletin yang berperan utama dalam efek antihipertensi.

Potasium yang tinggi dalam buah mengkudu oleh beberapa pihak dikhawatirkan dapat mengganggu kinerja ginjal Anda di masa depan. Namun, potasium yang tinggi inilah yang amat dibutuhkan untuk diet hipertensi. Jadi, kita bisa ambil jalan tengah; konsumsi jus (sari) buah mengkudu untuk hipertensi harus disertai dengan konsumsi air putih yang cukup.

Penggunaan Mengkudu dan Pemeriksaan Medis


Hipertensi merupakan penyakit yang tak bisa dideteksi karena tidak menimbulkan gejala. Oleh karena itu, saat Anda rutin mengonsumsi jus buah mengkudu, ada baiknya Anda juga rutin memeriksakan hipertensi Anda ke dokter.

Ini untuk mengantisipasi dampak buruk yang mungkin timbul karena konsumsi buah mengkudu yang berlebihan dan tidak terkontrol untuk kesehatan. Selain itu, jangan hanya andalkan buah mengkudu untuk menurunkan hipertensi Anda.

Olahraga teratur dan diet sehat dengan menu buah dan sayur juga harus didampingi oleh jus (sari) buah mengkudu untuk hipertensi agar hasil yang optimal bisa cepat Anda peroleh. Ada beragam informasi seputar efek samping mengkudu.

Misalnya karena tinggi akan kandungan kalium atau potasium dapat memberatkan fungsi ginjal. Namun, jika konsumsi Anda sudah tepat dan Anda rutin memeriksakan kesehatan Anda ke dokter, semua itu bisa dihindari.

Selain itu, kalium juga dibutuhkan tubuh untuk berbagai fungsi lainnya. Yang perlu diperhatikan ialah berapa banyak asupan kalium harian yang Anda konsumsi. Setiap nutrisi memiliki takaran yang beragam bergantung kebutuhan tubuh. Dan, hal ini tidak selalu sama antara orang yang satu dengan yang lainnya.

Jika Anda kelebihan kalium, maka efek yang dirasakan ialah mual, lelah, ataupun sulit bernapas. Dampak berupa gangguan ginjal dan jantung hanya berlaku pada kondisi yang cukup ekstrim. Bagaimana dengan gangguan hati? Apapun jenis obat ataupun herbal mengandung senyawa yang diurai dalam hati.

Maka, sebenarnya bukan hanya buah mengkudu saja yang perlu diwaspadai oleh penderita gangguan fungsi hati. Konsumsi obat medis-pun memiliki risiko yang tidak baik bagi penderita penyakit hati, terlebih jika obat ang harus dikonsumsi cukup banyak. Namun, hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter yang merawat Anda.

Sekalipun belum ada bukti penelitian yang meneguhkan pernyataan bahwa buah mengkudu perlu diwaspadai oleh ibu hamil dan menyusui. Ada baiknya untuk mempertimbangkan anjuran tersebut. Tentu saja, apapun yang berlebihan atau kurang tidak baik bagi tubuh.

Manfaat atau Khasiat Mengkudu untuk Hipertensi


Di berbagai belahan dunia, buah mengkudu digunakan sebagai obat alternatif. Penggunaannya tidak hanya untuk mengobati hipertensi, tetapi juga untuk pengobatan kanker, diabetes tipe 1 maupun 2, obesitas, arthritis, depresi, insomnia, sakit ginjal, gangguan pencernaan, dan beragam penyakit berat lainnya (termasuk komplikasi hipertensi).

Orang-orang polinesia di daerah samudera pasifik mengolah buah dan daun mengkudu dalam bentuk tonik, teh, dan suplemen siap minum, tak hanya dalam bentuk jus. Mereka percaya bahwa buah ini adalah buah dewa yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan mereka.

Jus (sari) buah mengkudu untuk hipertensi yang baik adalah yang diambil langsung dari pohon dalam keadaan matang dan diproses secara alami. Proses produksinya pun tak mengandalkan zat tambahan apapun, juga bukan konsentrat atau buah yang diproses kembali dan tak ada tambahan air.

Hasil penelitian diperoleh berdasarkan uji paired t t-test didapat nilai signifikan = 0,000 berarti p<0,05 maka hi diterima artinya ada pengaruh jus mengkudu terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa fakta adanya penurunan nilai rata-rata tekanan darah sistolik dan diastolik post test penderita hipertensi (responden) telah sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa buah mengkudu dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat disimpulkan, pertama tekanan darah pada penderita hipertensi sebelum diberikan terapi buah mengkudu didapatkan nilai rata-rata tekanan darah sistolik sebesar 150 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 96 mmHg.

Kedua tekanan darah pada penderita hipertensi setelah diberikan terapi buah mengkudu didapatkan nilai rata-rata tekanan darah sistolik sebesar 126 mmHg dan tekanan darah diastolik sebesar 85 mmHg. Ketiga berdasarkan hasil Uji Paired t Test disimpulkan bahwa ada pengaruh jus mengkudu terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Selalu, pastikan dosis yang Anda gunakan dalam mengonsumsi mengkudu sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dalam bentuk buah konsumsi 6 hingga 8 gram mengkudu sudah memenuhi kebutuhan tubuh untuk meningkatkan energi dan meredakan rasa sakit. Selamat mencoba!

Daftar Pustaka:

dr. Devika Y. Darah Tinggi dan Mengkudu. 24 Mei 2016. URL: https://www.alodokter.com/komunitas/topic/darah-tinggi-dan-mengkudu.
😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍2