Benarkah Tidur Siang Bisa Bikin Anda Pintar?

265

Diedit:

Orang yang rutin tidur siang terbukti memiliki kinerja yang lebih baik dalam melakukan tugasnya daripada mereka yang tidak. Inilah pernyataan yang diberikan oleh Matthew Walker, PhD, seorang peneliti dari University of California. Apakah Anda rutin tidur siang? Tahukah Anda bahwa tidur siang ternyata bisa bikin pintar?

Kemampuan otak untuk mempelajari informasi tidak selalu stabil selama satu hari. Area di otak yang berfungsi untuk menyimpan memori seolah tersendat ketika kesibukan semakin meningkat, mirip kasusnya dengan email masuk yang memenuhi inbox di komputer Anda.

Tidur sebentar di siang hari—saat di mana kemampuan otak untuk belajar mulai menurun—seolah mengosongkan kembali kotak penyimpanan memori dan menyediakan tempat untuk informasi baru di otak Anda.

Hubungan Tidur Siang dengan Kesulitan Tidur di Malam Hari

Bertolak belakang dengan kepercayaan banyak orang, kecuali dalam kasus insomnia akut, tidur sejenak di siang hari tidak selalu mengganggu jam tidur Anda di malam hari. Malah, tidur siang sebentar bisa jadi sangat kompatibel dengan jam biologis tubuh Anda.

Para ahli berpendapat bahwa cara terbaik untuk mengatasi kelelahan adalah dengan selalu cukup tidur di malam hari. Tapi bagi beberapa orang, khususnya bagi mereka yang bekerja di malam hari, ini bisa jadi sangat sulit. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tidur siang bisa membantu mereka meningkatkan perhatian, kewaspadaan, mood, dan bahkan tingkat kebahagiaan.

Hubungan Tidur Siang dengan Kepintaran

Matthew Walker, seorang peneliti yang disinggung di awal artikel, melakukan riset yang melibatkan 39 orang dewasa yang sehat. Ke-39 orang ini—yang semuanya rata-rata berusia 21 tahun—diberikan tugas sulit pada jam 12 siang yang bertujuan untuk mendorong hipokampus untuk bekerja keras (bagian otak yang membantu menyimpan memori berdasarkan fakta).

Kemudian, pada jam 2 siang, sebagian dari mereka diberi waktu 90 menit untuk tidur siang dan sebagian lagi diminta agar tetap terjaga. Pada jam 6 sore mereka diberi tes lagi. Hasilnya, kelompok yang tidur siang menunjukkan kenaikan kemampuan otak sebanyak 10%.

Matthew Walker juga menjelaskan bahwa semakin banyak waktu yang para patisipan gunakan untuk tidur siang, semakin baik juga peningkatan kemampuan otak mereka.

Tidur Siang Membantu Anda Belajar Lebih Baik

Tidur siang sebelum waktu belajar sangat berpengaruh pada kinerja otak, sama halnya dengan tidur setelah belajar membantu otak Anda memperkuat informasi yang baru saja dipelajari. Memori yang berdasarkan fakta disimpan sementara di hipokampus, kemudian dikirim ke area yang dikenal sebagai korteks prafrontal—yang diyakini memiliki kapasitas lebih luas.

Jadi, tidur sejenak di siang hari sebelum Anda mulai belajar dapat membantu mengosongkan kembali hipokampus dan mengirim informasi ke korteks prafrontal. Hal ini memungkinkan informasi baru dapat masuk dan tersimpan di hipokampus.

Apakah Anda termasuk orang yang rutin tidur siang? Kalau ya, pasti dengan mengetahui hubungan tidur siang dengan kepintaran, Anda semakin memantapkan diri untuk melanjutkan kebiasaan ini. Tapi, tetap batasi waktu tidur siang jika Anda tidak mau kesulitan tidur di malam hari.

Baca juga:  10 Manfaat Tidur yang Bikin Anda Ingin Cukup Tidur Malam Ini
Advertisement
Alinesia