Bagaimana Terbentuknya Tanda Lahir?


By Cindy Wijaya

Mungkin Anda mempunyai ciri khas bintik-bintik atau bercak di kulit yang sudah dimiliki sejak lahir—ini adalah tanda lahir. Tanda lahir pada manusia warna beraneka ragam, mungkin cokelat, hitam, biru pucat, merah muda, putih, merah, atau ungu.

Bentuk tanda lahir pun bermacam-macam dan umumnya berbentuk tak beraturan. Beberapa tanda lahir hanya kelihatan dari perbedaan warna dari kulit lainnya, sedangkan yang lainnya menonjol ke atas permukaan kulit atau meluas sampai ke bawah jaringan kulit.

Kebanyakan tanda lahir bukanlah warisan dari orangtua. Penyebab terbentuknya tanda lahir pun masih belum jelas diketahui karena belum ada penjelasan ilmiah yang bisa dipercaya. Yang ada hanyalah cerita dongeng dan mitos tentang tanda lahir yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Apakah Tanda Lahir Perlu Dihilangkan?

Sebagian besar tanda lahir tidak perlu dikhawatirkan. Tanda lahir tersebut biasanya akan tetap seperti itu seraya anak bertumbuh dewasa. Namun, beberapa tanda lahir ada yang merupakan tumor pembuluh darah—disebut hemangioma—mungkin membutuhkan perawatan karena terletak di bagian yang rawan.

Sebagai contoh, hemangioma di dekat mata bisa jadi mengganggu penglihatannya dan perlu dihilangkan. Pada sejumlah kasus yang jarang terjadi, pembentukan tanda lahir berkaitan dengan kondisi pertumbuhan benjolan abnormal di hati, paru-paru, lambung, atau usus.

Jenis-Jenis Tanda Lahir

Ada dua kategori utama untuk tanda lahir—tanda lahir vaskular (berhubungan dengan pembuluh darah) dan tanda lahir pigmen. Tanda lahir vaskular seringkali berupa bercak merah muda atau merah di kulit yang terbentuk sebelum atau tak lama setelah lahir. Sedangkan tanda lahir pigmen adalah bercak kulit yang sudah ada pada saat lahir dan warnanya bervariasi dari cokelat atau hitam sampai kebiruan atau biru keabu-abuan.

Apakah Tumor Hemangioma Sama dengan Tanda Lahir?

Hemangioma adalah jenis tumor vaskular yang umum terjadi di awal kehidupan dan menyerupai tanda lahir. Tumor ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, tidak berbahaya, dan tidak diketahui penyebabnya. Perubahan warna di tanda lahir berasal dari pertumbuhan berlebih pembuluh darah di area tersebut.

Jenis-jenis tanda lahir hemangioma dan tanda lahir biasa mencakup:

  • Hemangioma stroberi yang biasanya terdapat di wajah, kulit kepala, punggung, atau dada. Bentuknya berupa penumpukan pembuluh darah kecil yang menonjol. Tanda lahir ini biasanya terbentuk beberapa minggu sejak lahir dan akan hilang setelah anak berusia 10 tahun.
  • Hemangioma kavernosa mirip dengan hemangioma stroberi, hanya terbentuk lebih dalam. Tanda lahir ini mungkin muncul dalam bentuk menyerupai jaringan sekumpulan spons berwarna merah-biru. Tanda lahir ini bisa hilang sendiri seraya anak bertambah besar.
  • Tanda lahir noda cawan anggur adalah tanda lahir datar yang terbentuk akibat pelebaran kapiler darah. Tanda lahir ini paling sering terdapat pada wajah dan ukurannya bervariasi. Ini biasanya bersifat permanen kecuali sengaja dihilangkan.
  • Tanda lahir bercak salmon adalah tanda lahir yang paling banyak dimiliki oleh bayi baru lahir. Ini berupa pembuluh-pembuluh darah kecil (kapiler) yang terlihat melalui kulit. Paling sering terdapat di dahi, kelopak mata, bibir atas, diantara alis, dan bagian belakang leher. Seringkali, tanda lahir ini memudar seraya bayi bertumbuh.

Kebanyakan tanda lahir, seperti bercak salmon dan hemangioma stroberi tidak permanen dan tidak membutuhkan perawatan. Namun apabila tanda lahir terasa mengganggu kehidupan Anda, misalnya karena penglihatan jadi terganggu, sebaiknya bicarakan dengan dokter kulit untuk cara terbaik menghilangkannya.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}