Bagaimana Melatonin Berkhasiat sebagai Obat Tidur Alami?

576
Shutterstock

Diedit:

Sebagian besar orang pernah mengalami kesulitan tidur, tapi yang jadi masalah adalah jika masalah tersebut berlangsung lama hingga membuat Anda terpaksa melewati banyak malam tanpa tidur. Walaupun ini adalah masalah umum, tetapi susah tidur bisa berdampak sangat buruk bagi ekefitivitas kerja maupun kesehatan Anda.

Susah tidur atau insomnia bisa menguras energi, menurunkan produktivitas, serta memperbesar risiko penyakit seperti darah tinggi dan diabetes. Karena itu banyak orang akhirnya mencoba berbagai solusi, misalnya dengan meminum obat tidur alami, agar bisa mengatasi insomnia.

Salah satu suplemen obat tidur yang cukup populer dikonsumsi oleh orang-orang yang susah tidur adalah melatonin. Melatonin sebenarnya adalah hormon yang berfungsi untuk memberi tahu tubuh kapan waktunya tidur.

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara kerja melatonin, dan bagaimana Anda bisa mendapatkan melatonin dari bahan alami yang tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Apa Itu Melatonin?

Melatonin adalah hormon yang secara alami dibuat oleh tubuh Anda. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pineal yang terutama ada di otak, tetapi juga terdapat di bagian tubuh lain, seperti di mata, sumsum tulang, dan usus.

Melatonin sering kali disebut sebagai “hormon tidur”, karena jika tubuh memiliki hormon ini dalam kadar tinggi maka Anda akan lebih mudah tidur.

Akan tetapi, melatonin tidak mampu bekerja sendirian. Hormon ini sebenarnya hanya memberi tahu tubuh Anda kapan waktu baginya untuk rileks sehingga lebih gampang tertidur.

Karena fungsinya itulah banyak penderita insomnia dan jet lag yang memanfaatkan suplemen melatonin. Di banyak negara suplemen ini bisa dibeli secara bebas tanpa resep dokter.

Melatonin adalah suatu jenis antioksidan yang kuat, sehingga sanggup memberikan beragam manfaat lain bagi tubuh, selain sebagai obat tidur alami.

Sebenarnya, hormon ini dapat membantu menyehatkan mata, mengatasi maag dan refluks asam lambung, meringankan gejala tinnitus (telinga berdengung), dan bahkan meningkatkan kadar hormon pertumbuhan pada pria.

Melatonin adalah hormon yang dibuat secara alami oleh kelenjar pineal. Hormon ini membantu Anda lebih mudah tertidur dengan cara menenangkan tubuh sebelum waktu tidur.

Bagaimana Cara Kerja Melatonin?

Melatonin bekerja bersama dengan ritme sirkadian tubuh Anda. Ritme sirkadian secara sederhana diartikan sebagai jam internal tubuh Anda. Jam ini memberitahukan tubuh kapan waktunya untuk tidur, bangun, dan makan.

Baca juga:  Tidur: Apa Manfaat Cahaya Matahari Bagi Istirahat Malam?

Melatonin juga membantu mengatur suhu tubuh, tekanan darah , serta kadar hormon dalam tubuh.

Kadar hormon mulai meningkat di dalam tubuh jika hari sudah mulai gelap, sehingga memberi sinyal pada tubuh bahwa waktu tidur sudah dekat.

Hormon ini juga mengikat reseptor (penerima sinyal) pada tubuh serta bisa membantu Anda merasa rileks. Sebagai contoh, melatonin mengikat reseptor di otak untuk membantu mengurangi aktivitas sarafnya. Di dalam mata, melatonin bisa membantu mengurangi kadar dopamin, suatu hormon yang membuat Anda tetap terbangun.

Walaupun masih belum jelas bagaimana sebenarnya cara kerja melatonin dalam membantu Anda tertidur, akan tetapi diduga bahwa proses-proses di atas lah yang membantu Anda lebih mudah tidur.

Jika suasana gelap meningkatkan kadar melatonin, maka sebaliknya, cahaya terang akan menekan produksi melatonin. Ini adalah salah saru cara agar tubuh Anda tahu saatnya untuk bangun.

Karena melatonin membantu mempersiapkan tubuh untuk tidur, maka orang-orang yang tubuhnya tidak menghasilkan cukup melatonin di malam hari bisa mengalami susah tidur.

Ada banyak penyebab mengapa kadar melatonin rendah di malam hari. Stres, merokok, terkena banyak sinar di malam hari, tidak mendapat cukup cahaya matahari di siang hari, bekerja shift, dan penuaan—semuanya mampu memengaruhi produksi melatonin.

Oleh sebab itu, banyak orang disarankan untuk mengonsumsi suplemen melatonin sebagai obat tidur alami untuk membantu menaikkan kadar melatonin dalam tubuh serta menormalkan jam internal tubuh Anda.

Melatonin bekerja erat dengan ritme sirkadian tubuh Anda untuk membantu mempersiapkan tubuh agar lebih mudah tertidur. Kadar melatonin seharusnya meningkat pada malam hari.

Manjurkah Melatonin sebagai Obat Tidur Alami?

Berbagai bukti memperlihatkan bahwa mengonsumsi melatonin sebelum waktu tidur akan memudahkan seseorang untuk tertidur.

Dalam sebuah analisis dari total 19 penelitian pada orang-orang penderita gangguan tidur, para ahli mendapati bahwa melatonin membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dengan rata-rata 7 menit. Dalam banyak dari penelitian ini, orang-orang juga dilaporkan memiliki kualitas tidur yang jauh lebih baik.

Disamping itu, melatonin dapat membantu mengatasi jet lag, yang adalah suatu jenis gangguan tidur. Jet lag terjadi ketika jam internal tubuh tidak sinkron dengan zona waktu baru. Pekerja shift juga mungkin mengalami gejala-gejala jet lag karena mereka bekerja di waktu yang seharusnya untuk tidur.

Baca juga:  Tidur: Fakta Umum Seputar Tidur dan Tes Kantuk!

Melatonin dapat membantu mengurangi keluhan jet lag dengan cara menyinkronkan jam internal tubuh dengan perubahan waktu yang Anda alami.

Sebagai contoh, sebuah analisis dari 10 penelitian menyelidiki efek melatonin pada orang-orang yang bepergian melalui 4 atau lebih zona waktu. Para peneliti mendapati bahwa melatonin sangat efektif dalam meringankan gejala-gejala jet lag mereka.

Analisis ini juga melaporkan bahwa konsumsi dalam dosis rendah (0.5 mg) maupun dosis tinggi (5 mg) sama-sama manjur dalam meredakan jet lag.

Berbagai bukti ilmiah memperlihatkan bahwa melatonin manjur sebagai obat tidur alami untuk memudahkan Anda tidur lebih nyenyak. Selain itu, melatonin juga membantu mengatasi jet lag.

Bagaimana Mendapatkan Melatonin dari Sumber Alami?

Meskipun tersedia suplemen melatonin yang dapat dibeli di toko obat atau apotek, akan tetapi sebagian orang lebih memilih mendapatkan hormon ini dari sumber-sumber alami. Dengan begitu mereka dapat memanfaatkan sumber tersebut dalam jangka panjang, tanpa perlu takut dengan efek sampingnya.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi obat tidur alami seperti itu, maka salah satu yang direkomendasikan ialah Noni juice. Ini adalah minuman herbal yang terbuat dari sari buah Noni. Noni berkhasiat merangsang produksi melatonin dalam tubuh.

Di dalam Noni terdapat kandungan scopoletin yang dapat meningkatkan aktivitas kelenjar pineal yang ada di otak, tempat dimana hormon melatonin dihasilkan. Melatonin merupakan semacam alarm alami yang mengingatkan tubuh Anda sudah waktunya untuk beristirahat.

Selain berkhasiat untuk mengatasi masalah susah tidur, herbal ini juga ampuh mengatasi stres yang juga turut memperparah insomnia. Sebenarnya, gangguan tidur dan stres saling berkaitan erat—jika stres maka Anda sering susah tidur, sebaliknya jika susah tidur maka Anda pun jadi lebih gampang stres.

Jika Anda berminat untuk mencoba Noni juice sebagai obat tidur alami guna meningkatkan kadar melatonin alami dalam tubuh, Anda dianjurkan memastikan produk Noni juice yang dipilih benar-benar berkualitas. Anda juga disarankan untuk secara teratur mengonsumsinya setidaknya selama 1 bulan agar fungsi herbal dapat bekerja maksimal memperbaiki keluhan-keluhan tubuh.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Noni juice dan aneka ragam manfaat lainnnya bagi kesehatan, silakan baca artikel berikut: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukan Darah Tinggi, Diabetes, Gangguan Jantung, dan Penyakit Lainnya!