Badan Menggigil: Penyebab & Cara Mengatasinya

1471
ilustrasi badan menggigil
Credit: Shutterstock/David Stuart

Diedit:

4.7
(17)

Mengapa badan bisa menggigil? Apakah badan menggigil hanya karena kedinginan, atau adakah penyebab lainnya? Bagaimana cara mengatasi menggigil? Informasi dalam artikel ini akan berguna bagi Anda yang sering merasakan menggigil dengan disertai atau tanpa demam.

Di artikel ini Anda akan menemukan penjelasan mengenai penyebab menggigil dan cara mengatasi menggigil. Temukan juga informasi seputar cara alami dan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk segera menghentikan menggigil.

Apa Itu Badan Menggigil?

Tubuh Anda mengatur reaksinya terhadap suhu panas, dingin, stres, infeksi, dan kondisi-kondisi lain di bawah alam sadar. Contohnya, Anda berkeringat untuk mendinginkan tubuh saat sedang kepanasaan. Dan ketika sedang kedinginan, secara otomatis badan akan menggigil.

Badan menggigil karena otot-otot yang berulang-ulang mengencang dan relaks dengan cepat. Pergerakan otot tanpa sadar ini merupakan reaksi alami tubuh terhadap dingin dan upaya untuk menghangatkan diri.

Akan tetapi reaksi terhadap lingkungan yang dingin hanyalah salah satu penyebab menggigil. Anda juga bisa mengalami menggigil karena masalah kesehatan atau penyebab-penyebab lainnya. Pelajarilah apa saja itu dan bagaimana cara mengatasi menggigil di bagian-bagian selanjutnya.

Apa Penyebab Badan Menggigil?

Badan menggigil sering kali dikaitkan dengan demam, tapi tidak selalu. Kadang, tubuh menggigil merupakan pertanda akan demam, terutama jika demam disebabkan oleh infeksi. Tetapi adakalanya penyebab menggigil sama sekali tidak terkait dengan kenaikan suhu tubuh.

Kondisi tubuh menggigil bisa menjadi hal yang serius atau tidak, bergantung pada penyebabnya. Mari perhatikan apa saja penyebab menggigil yang perlu Anda waspadai.

Udara Dingin:

Anda mungkin akan merasa menggigil apabila berada di tempat yang sangat dingin, misalnya di tengah laut, atau di luar ruangan ketika musim dingin. Badan menggigil juga terjadi jika pakaian Anda sedang basah. Bahkan di dalam ruangan pun bisa menggigil jika suhu AC terlalu rendah.

Seraya bertambah tua, tubuh akan semakin kesulitan untuk mengatur suhu tubuh. Ada juga penyakit seperti diabetes dan gangguan jantung yang membuat masalahnya tambah sulit.

Bila penyebab menggigil adalah udara dingin, maka cara mengatasi menggigil yang terbaik adalah menghangatkan tubuh. Akan tetapi, jika tubuh terus-menerus gemetar karena dingin yang teramat, Anda bisa saja terkena komplikasi seperti hipotermia atau frostbite (radang dingin)—keduanya adalah kondisi yang membahayakan.

Gejala-gejala lain yang menunjukkan hipotermia atau frostbite yaitu: kebas (mati rasa), warna kulit berubah, susah bicara, sangat mengantuk, terasa tersengat atau terbakar (terutama di jari-jari, telinga, atau hidung), dan kulit menggelembung. Segera lah cari bantuan medis jika Anda merasa sudah mengalami hipotermia atau frostbite.

Infeksi:

Jika badan menggigil tetapi Anda tidak merasa kedinginan, itu mungkin tanda bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi virus atau bakteri. Sama seperti menggigil adalah cara tubuh untuk meghangatkan diri, menggigil juga adalah cara tubuh untuk memanaskan diri guna membunuh bakteri atau virus yang telah menyusup.

Menggigil sebenarnya juga bisa menjadi pertanda awal dari demam. Dan demam merupakan cara lain tubuh untuk melawan infeksi-infeksi yang terjadi.

Efek Samping Obat:

Badan menggigil tanpa demam mungkin diakibatkan oleh konsumsi obat tertentu. Bisa juga penyebab menggigil adalah mengonsumsi obat resep, obat warung, atau suplemen dalam dosis yang tidak tepat.

Baca juga:  Apakah Suhu Tubuh Itu?

Jadi pastikan Anda selalu membaca keterangan efek samping yang ditulis pada kemasan obat. Jika diduga bahwa penyebab menggigil Anda ialah karena obat, beritahukan segera pada dokter Anda. Bergantung pada keparahannya, Anda mungkin membutuhkan perawatan medis segera.

Reaksi terhadap Aktivitas Fisik Ekstrem:

Lari maraton atau jenis olahraga ekstrem lain yang membutuhhkan tenaga fisik yang intens dapat menyebabkan perubahan suhu tubuh inti. Hal itu dapat menjadi penyebab menggigil.

Reaksi ini dapat terjadi pada cuaca apapun, tetapi lebih mungkin terjadi pada saat udara sedang sangat dingin atau sangat panas. Pada saat cuaca panas, kelelahan karena panas dan dehidrasi bisa menyebabkan reaksi ini. Pada cuaca dingin, hipotermia dan dehidrasi bisa menyebabkan reaksi ini.

Cara mengatasi menggigil yang semacam ini ialah dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi air yang cukup dan berpakaian yang tepat untuk olahraga. Hindarilah berolahraga selama waktu-waktu paling dingin atau paling panas.

Hipotiroidisme (Tiroid Kurang Aktif):

Pada hipotiroidisme, kelenjar tiroid tidak memproduksi cukup hormon yang dibutuhkan untuk mengatur laju metabolik atau untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan. Kondisi ini bisa membuat tubuh lebih sensitif terhadap dingin, sehingga mengakibatkan badan menggigil.

Tanda-tanda lain bahwa tubuh Anda mengalami hipotiroidisme yakni: wajah bengkak; berat badan naik tanpa sebab; kulit, kuku, dan rambut kering; otot lemah, nyeri, atau kaku; depresi atau perasaan sedih; ingatan lemah; dan sembelit.

Hipotiroidisme didiagnosis melalui tes darah. Ini adalah kondisi yang dapat diobati dan biasanya mengharuskan penderitanya mengonsumsi obat harian.

Hipoglikemia:

Hipoglikemia terjadi jika kadar gula darah turun terlalu rendah. Bila Anda mengidap diabetes, ini mungkin pertanda bahwa pengobatan atau pola makan Anda perlu disesuaikan. Anda juga dapat mengalami hipoglikemia tanpa diabetes.

gula darah rendah salah satu penyebab menggigil
Credit: Shutterstock/Bacho

Hipoglikemia harus ditangani segera agar kadar gula darah kembali normal. Salah satu gejala hipoglikemia adalah tubuh gemetaran atau otot melemah, yang menyerupai gejala badan menggigil.

Tanda-tanda lain dari hipoglikemia yaitu: berkeringat, mudah cemas, jantung berdebar-debar, kesemutan di sekitar mulut, kebingungan, kejang, dan penglihatan kabur.

Malnutrisi (Gizi Buruk):

Malnutrisi terjadi ketika tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkannya. Ini dapat terjadi karena ketidakmampuan mendapatkan makanan bergizi, mengidap penyakit yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, atau mengidap kelainan/gangguan makan seperti anoreksia.

Tanpa gizi yang seimbang, tubuh Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Tanda-tanda lain dari malnutrisi yaitu: kelelalan atau mengantuk, kelemahan, sulit konsentrasi, kulit pucat, ruam merah di kulit, jantung berdebar-debar, rasa ingin pingsan, kebas atau kesemutan di sendi-sendi atau di anggota-anggota badan, dan pada wanita mungkin akan terjadi gangguan menstruasi.

Konsultasikanlah dengan dokter jika Anda menduga sudah mengalami malnutrisi. Ini adalah kondisi serius yang dapat mengakibatkan komplikasi jika dibiarkan tak ditangani.

Reaksi Emosional:

Penyebab menggigil yang selanjutnya adalah reaksi emosional Anda terhadap suatu situasi. Emosi yang mungkin membuat badan menggigil adalah rasa takut atau cemas.

Menggigil juga bisa disebabkan oleh pengalaman-pengalaman yang membuat diri Anda tergugah secara emosi, misalnya saat mendengarkan musik atau kata-kata inspiratif.

Reaksi emosional ini kadang disebut sebagai goosebump. Jenis reaksi ini mungkin disebabkan oleh mekanisme neurobiologis yang memicu pelepasan hormon dopamin, yaitu sejenis neurotransmitter di otak.

Baca juga:  Beberapa Penyakit yang Berkaitan dengan Perubahan Suhu Tubuh

Badan menggigil bisa jadi merupakan gejala dari penyakit yang Anda derita, jadi jangan abaikan. Kalau Anda merasa sangat kedinginan, sebaiknya kenakan baju hangat atau hangatkan udara di dalam rumah agar tidak sampai menggigil.

Jika Anda merasa lebih dingin daripada biasanya padahal udara tidak begitu dingin, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Itu mungkin tanda ada masalah pada kelenjar tiroid Anda. Jika menggigil disertai gejala-gejala lain, misalnya demam atau keluhan flu lainnya, periksakan diri juga ke dokter. Dan periksa juga ke dokter jika Anda merasa tangan atau kaki gemetar yang jelas-jelas bukan karena kedinginan.

Bagaimana Cara Mengatasi Badan Menggigil?

Cara mengatasi menggigil yang tepat bergantung pada penyebab menggigil yang dialami. Setelah Anda memahami apa sebenarnya penyebab badang menggigil, sekarang mari cari tahu bagaimana cara tepat untuk mengatasinya.

Mengatasi Badan Menggigil Karena Kedinginan:

Jika menggigil adalah reaksi terhadap udara dingin, cobalah hangatkan diri dengan mengenakan pakaian ekstra. Atau segera ganti pakaian jika yang saat ini dikenakan sedang basah. Anda juga mungkin perlu mematikan AC atau pendingin ruangan lain. Selalu bawa baju hangat atau jaket kemana pun Anda bepergian.

Mengatasi Badan Menggigil Karena Infeksi:

Infeksi virus biasanya butuh waktu untuk berakhir sendiri. Sering kali, satu-satunya cara mengatasi menggigil karena infeksi adalah istirahat. Pada beberapa kasus yang serius, mungkin dibutuhkan obat anti-virus.

cara mengatasi menggigil dengan istirahat
Credit: Shutterstock/ESB Professional

Jika menggigil disertai demam, siramlah kulit dengan air hangat secara perlahan untuk membantu mendinginkan tubuh. Jangan gunakan air dingin karena bisa memperparah menggigil Anda.

Infeksi bakteri biasanya harus menggunakan obat antibiotik agar teratasi. Jika badan menggigil akibat penyakit, berhati-hatilah jangan sampai membuat tubuh terlalu panas dengan terlalu banyak memakai selimut atau pakaian berlapis-lapis.

Mengatasi Badan Menggigil Karena Hipoglikemia:

Cara mengatasi menggigil ini biasanya cukup dengan memakan camilan berkabohidrat tinggi, seperti roti atau kue. Secara umum, Anda sebaiknya jangan terlalu lama membiarkan tubuh tanpa makan.

Hal ini khususnya berlaku bila Anda rentan mengalami penurunan kadar gula darah. Jika Anda bermasalah dengan kadar gula darah rendah, pastikan selalu sedia camilan untuk dimakan sewaktu-waktu.

Kesimpulan tentang Badan Menggigil

Mengapa tubuh bisa menggigil? Singkatnya itu karena tubuh memiliki reaksi otomatis saat sedang kedinginan sebagai upaya untuk menghangatkan diri. Ketika menggigil, otot-otot akan berulang-ulang mengencang dan relaks secara cepat.

Badan menggigil umumnya hanya terjadi sementara. Bila itu terjadi karena demam, kadar gula darah rendah, atau reaksi emosional, biasanya itu akan menghilang setelah Anda mengatasi penyebab-penyebab tersebut. Kadang penyebab menggigil adalah karena masalah kesehatan yang dialami. Jika Anda khawatir dengan kondisi Anda, ada baiknya datang konsultasi ke dokter.

Demikianlah informasi seputar badan menggigil. Semoga dengan membaca artikel ini Anda jadi lebih peduli terhadap kesehatan sendiri maupun keluarga Anda. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.


Referensi tentang Badan Menggigil:

Healthline. What You Should Know About Shivering. Reviewed: 2017-12-01. URL: https://www.healthline.com/health/shivering. Accessed: 2018-09-19. (Archived by WebCite®)

Healthline. 7 Causes for Chills Without Fever and Tips for Treatment. Reviewed: 2018-01-25. URL: https://www.healthline.com/health/chills-without-fever. Accessed: 2018-09-19. (Archived by WebCite®)


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: 4.7 / 5. Pemilih: 17

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?