Badan Sering Kedinginan? Mungkin Salah Satu dari 10 Hal Ini Penyebabnya


By Cindy Wijaya

Merasa kedinginan saat berada di luar dalam cuaca yang dingin wajar saja. Tapi kalau badan sering terasa dingin padahal orang lain sedang kepanasan, Anda sebaiknya mencari tahu apa sebabnya. Memang ada orang yang punya kecenderungan alami untuk merasa kedinginan, tapi ada juga berbagai masalah kesehatan penyebab badan sering kedinginan.

Dalam artikel ini akan dikupas 10 penyebab kenapa badan terasa dingin yang mungkin Anda alami. Karena bisa saja itu tanda adanya masalah kesehatan yang mendasarinya, Anda sebaiknya tidak menyepelekannya dan memeriksa apakah ada gejala-gejala tidak biasa lain yang menyertainya.

Berat Badan Kurang

Berat badan rendah—didefinisikan sebagai angka IMT (Indeks Massa Tubuh) sekitar 18,5 atau kurang—dapat membuat badan sering kedinginan karena beberapa alasan.

Pertama, ketika Anda kekurangan berat badan, Anda kekurangan kadar lemak tubuh yang cukup untuk melindungi dari suhu dingin.

Selain itu, IMT rendah biasanya berarti asupan makanan berkurang. Mengurangi kalori memperlambat metabolisme Anda sehingga Anda tidak menghasilkan cukup panas tubuh.

Jika masalah kurang berat badan adalah penyebab kenapa badan terasa dingin, kemungkinan juga akan disertai gejala-gejala lain seperti:

  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Pusing
  • Kelelahan
  • Kelemahan

Cara mengatasinya: Jika Anda kekurangan berat badan, bicarakan dengan dokter Anda, yang akan menjalankan tes untuk melihat apa penyebab berat badan Anda rendah. Dokter mungkin juga menyarankan Anda menambah berat badan dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak protein, lemak, dan karbohidrat kompleks.

Hipotiroidisme

Badan sering kedinginan mungkin adalah salah satu tanda hipotiroidisme, yang berarti kelenjar tiroid Anda tidak mengeluarkan cukup hormon tiroid.

Tanpa kadar hormon tiroid yang mencukupi, metablosime Anda akan melambat, sehingga menghambat tubuh menghasilkan panas yang cukup.

Hipotiroidisme lebih rentan dialami oleh wanita dan orang-orang berusia di atas 60 tahun. Wanita yang sedang hamil atau baru melahirkan dalam waktu 6 bulan terakhir juga lebih berisiko.

Jika penyebabnya kenapa badan terasa dingin adalah masalah ini, maka kemnungkinan akan disertai tanda-tanda lain seperti:

  • Rambut menipis atau rontok
  • Kulit dan rambut kering
  • Periode menstruasi lebih lama atau lebih berat
  • Berat badan bertambah tanpa sebab

Cara mengatasinya: Bila Anda menduga memiliki masalah tiroid, sebaiknya periksa ke dokter. Dokter dapat memastikan diagnosis dengan tes darah dan mengobati kondisinya dengan obat-obatan resep.

Anemia Defisiensi Besi

Kadar zat besi yang rendah adalah salah satu penyebab paling umum badan sering terasa dingin. Itu karena zat besi membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda sehingga mampu menghasilkan panas.

Zat besi juga penting karena kekurangannya dapat memperlambat fungsi tiroid, yang mengarah ke hipotiroidisme, yang juga dapat membuat Anda merasa kedinginan.

Jika penyebabnya adalah anemia defisiensi besi, Anda kemungkinan juga akan mengalami gejala-gejala seperti berikut:

  • Kulit pucat
  • Kuku rapuh
  • Susah konsentrasi
  • Sesak napas

Cara mengatasinya: Pertama, Anda harus mendapat diagnosis yang tepat melalui tes darah oleh dokter. Lalu, tergantung pada seberapa parah anemianya, dokter mungkin menyarankan konsumsi suplemen zat besi, mendapatkan infus IV, atau hanya meningkatkan asupan makanan kaya zat besi seperti daging merah, sayuran hijau, dan telur.

Sirkulasi Darah Buruk

Bila tangan dan kaki Anda sedingin es tapi sebaliknya Anda justru merasa kepanasan, maka mungkin penyebabnya adalah masalah sirkulasi yang membuat dara tidak mencapai anggota-anggota tubuh itu.

Salah satu penyebab umum dari masalah sirkulasi adalah penyakit Raynaud, kadang disebut sebagai fenomena Raynaud.

Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki anda untuk sementara menyempit ketika mereka merasakan dingin.

Ada juga penyebab lain darah sulit mencapai anggota-anggota tubuh, termasuk karena penyakit kardiovaskular, yang menyebabkan jantung Anda tidak memompa secara efektif, atau merokok, yang menyempitkan pembuluh darah.

Cara mengatasinya: Temui dokter untuk memeriksa penyebab masalah sirkulasi darah yang Anda alami, dan memastikan apakah itu disebabkan oleh masalah yang serius seperti penyakit kardiovaskular. Dokter dapat memberi saran perawatan sesuai dengan diagnosis yang diperoleh.

Dehidrasi

Jika tubuh Anda tidak bisa memanaskan diri, itu bisa menjadi sinyal bahwa Anda perlu minum lebih banyak air. Hingga 60% dari tubuh manusia dewasa terdiri dari air, dan air membantu mengatur suhu tubuh.

Jika Anda cukup minum air, air akan memerangkap panas dan melepaskannya secara perlahan, menjaga suhu tubuh anda di zona nyaman. Bila hanya ada sedikit air, tubuh Anda jadi lebih sensitif terhadap suhu ekstrem.

Apabila penyebab kenapa badan sering kedinginan adalah dehidrasi, Anda juga mungkin mengalami gejala-gejala lain seperti:

  • Seperti ingin pingsan atau kebingunan
  • Kram otot
  • Sembelit
  • Urin berwarna gelap

Cara mengatasinya: Minumlah setidaknya 8 gelas air sehari. Pastikan Anda selalu minum lebih banyak air jika Anda berolahraga atau menghabiskan waktu di bawah sinar matahari.

Kekurangan Vitamin B12

Tidak mencukupi asupan vitamin B12—sekitar 12,4 mikrogram per hari untuk orang dewasa—dapat menyebabkan anemia, yang dapat membuat badan sering kedinginan.

Bila Anda mengalami gejala-gejala lain berikut ini, Anda kemungkinan sedang kekurangan vitamin B12:

  • Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki
  • Lidah bengkak dan meradang
  • Masalah keseimbangan
  • Ingatan yang buruk

Cara mengatasinya: Walaupun kekurangan vitamin B12 jarang terjadi, tetapi ini umum dialami oleh orang dengan pola makan vegan atau vegetarian karena zat gizi ini hampir secara eksklusif diperoleh dari makanan sumber hewani. Karena itu, cobalah mengonsumsi suplemen jika Anda vegetarian. Disarankan juga untuk periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

Anda Seorang Wanita

Wanita lebih sering merasa kedinginan daripada pria. Mengapa? Sebenarnya tubuh wanita lebih baik dalam menyimpan panas daripada tubuh pria karena tubuh wanita mempertahankan aliran darah ke organ vital seperti otak dan jantung.

Namun, ini berarti lebih sedikit darah yang mencapai tangan dan kaki Anda, membuat kedua anggota tubuh itu jadi lebih sering terasa dingin.

Cara mengatasinya: Jika tidak bisa menaikkah suhu ruangan dengan mematikan AC atau pendingin ruangan lainnya, Anda bisa memakai sarung tangan dan kaus kaki. Atau bisa membeli alat pemanas ruangan kecil untuk ditaruh di meja Anda.

Diabetes

Diabetes yang tidak dikontrol pada menyebabkan kondisi yang disebut neuropati perifer, yang merusak saraf-saraf di tangan dan kaki.

Jika kondisi ini berkembang, Anda bisa mengalami mati rasa dan kadang nyeri di tangan dan kaki, dan karena saraf-saraf ini juga bertanggung jawab untuk mengirim pesan ke otak mengenai sensasi suhu, tangan dan kaki juga dapat terasa dingin.

Cara mengatasinya: Nefropati diabetik berkembang secara bertahap, sehingga Anda mungkin tidak menyadari sewaktu mulai mengalaminya. Tetapi jika Anda seorang penderita diabetes atau memiliki gejala-gejalanya, seperti sering buang air kecil, kelelahan, dan merasa sangat haus, segeralah temui dokter.

Kekurangan Massa Otot

Bila Anda sudah mengunjungi dokter karena badan sering terasa dingin dan dokter tidak menemukan ada masalah kesehatan apapun yang mendasarinya, bisa jadi Anda kedinginan karena kekurangan massa otot.

Otot membantu menjaga suhu tubuh dengan menghasilkan panas. Jadi tidak punya otot yang cukup dapat memicu perasaan dingin. Selain itu, memiliki lebih banyak massa otot akan meningkatkan metabolisme Anda, yang melawan perasaan dingin.

Cara mengatasinya: Lakukanlah latihan angkat beban di gym atau di rumah sendiri dengan peralatan yang cocok untuk membangun massa otot Anda.

Kurang Tidur

Kurang tidur dapat merusak sistem saraf Anda, yang dapat membuat sistem alami pengatur suhu tubuh Anda ikut rusak.

Meski belum jelas kenapa ini bisa terjadi, namun kurang tidur mengurangi aktivitas di hipotalamus, bagian otak yang mengontrol suhu tubuh. Selain itu, ketika Anda lelah karena susah tidur malam, metabolisme Anda bekerja pada kecepatan yang lebih lambat.

Cara mengatasinya: Pastikan Anda mendapat tujuh hingga sembilan jam tidur yang direkomendasikan setiap malam. Tetapkan jadwal tidur yang teratur, dan matikan perangkat elektronik sekitar 30 menit sebelum kepala Anda menyentuh bantal.

Kesimpulan tentang Badan Sering Kedinginan

Karena badan sering terasa dingin bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang serius, penting untuk tidak mengabaikan gejala ini.

Apabila Anda sering merasa kedinginan bahkan ketika sedang ada di tempat yang panas, atau masih kedinginan lama setelah Anda pindah dari tempat yang dingin, temui dokter untuk mengetahui apa penyebabnya.

Perawatan untuk mengatasi masalah ini akan sangat bergantung pada penyebabnya. Misalnya, jika Anda memiliki masalah sirkulasi darah dan Anda merokok, maka salah satu cara terbaiknya adalah dengan berhenti merokok. Bila perasaan dingin terkait dengan kondisi tiroid, Anda mungkin membutuhhkan obat resep dokter untuk mengatasinya.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang 10 penyebab kenapa badan terasa dingin. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Health. Why Am I Always Cold? 10 Reasons Why You Can’t Stop Shivering. https://www.health.com/mind-body/why-am-i-always-cold

WebMD. Why Am I Cold?. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/why-am-i-cold

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>