Apakah Suhu Tubuh Itu?

1176

Diedit:

Suhu tubuh adalah ukuran kemampuan yang dimiliki tubuh terutama dalam menghasilkan dan juga menyingkirkan hawa panas yang terdapat dalam tubuh. Suhu tubuh adalah salah satu bagian penting yang harus Anda pahami, karena melaluinya dapat diketahui apakah diri Anda sudah terserang penyakit serius atau tidak. Untuk mengetahui perbedaan suhu tubuh yang dapat menentukan terjadinya gejala penyakit dalam tubuh, Anda juga harus membedakan terlebih dahulu seperti apakah suhu yang dimiliki tubuh dalam keadaan normal.

Berapakah Suhu Tubuh Normal?

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa suhu dari tubuh yang normal pada manusia itu berada pada titik 37 derajat Celcius. Pernyataan tersebut memang benar adanya, karena suhu yang normal pada tubuh manusia berada pada kisaran angka tersebut. Akan tetapi, hal ini bukan berarti bahwa suhu yang berada pada kisaran angka lainnya tidaklah normal. Karena cukup banyak pula orang yang memiliki suhu normal dalam rentang angka 36,5 hingga 37,5 derajat Celcius pada tubuhnya.

Suhu dalam tubuh seorang manusia memang tidak selalu sama, dan bahkan dapat berubah-ubah sepanjang harinya. Hal ini biasanya terjadi karena cuaca dan juga suasana lingkungan yang berada di sekitarnya. Seperti halnya suhu pada tubuh Anda di pagi hari akan berbeda dengan suhu pada waktu siang hari dan juga malam harinya. Suhu terendah pada tubuh manusia itu biasanya dialami pada pagi hari, yang akan meningkat hingga 0,6 derajat Celcius di sore harinya.

Selain berubah seiring dengan waktu dan suasana dari lingkungan di sekitarnya, aktifitas yang Anda lakukan pun dapat mengubah suhu pada tubuh. Misalnya, ketika Anda melakukan aktifitas olahraga pada siang hari, maka suhu tubuh pun akan mengalami peningkatan sebanyak 0,6 derajat Celcius. Bahkan pada saat seorang wanita mengalami siklus ovulasi / menstruasi, hal ini juga dapat berpengatuh pada suhu tubuh. Oleh sebab itulah, suhu tubuh normal antara seseorang yang satu dengan orang lainnya akan sangat berbeda, entah itu lebih rendah atau bahkan lebih tinggi.

Berbahayakah Suhu Tubuh yang Rendah dan Tinggi?

Suhu tubuh yang Anda miliki memang penting untuk dipahami, karena tinggi atau rendahnya suhu pada tubuh tersebut dapat berpotensi dan menimbulkan bahaya kesehatan.

  • Suhu Tubuh Rendah

    Suhu tubuh yang rendah biasanya lebih dikenal dengan istilah hipotermia. Apabila punya suhu tubuh yang sangat rendah, Anda harus berhati-hati. Karena suhu tubuh rendah dapat mengakibatkan akibat yang fatal.Mengapa demikian? Suhu yang rendah tersebut akan memperlambat kerja sistem saraf, pernafasan, dan juga peredaran darah yang Anda miliki. Suhu tubuh yang rendah baru bisa dikatakan sebagai hipotermia apabila suhunya mencapai angka di bawah 35 derajat Celcius.

  • Suhu Tubuh Tinggi

    Suhu tubuh yang tinggi biasanya dikenal dengan istilah hipertermia. Pada kondisi yang satu ini tubuh Anda biasanya akan berada pada suhu yang berada pada titik 38,3 derajat Celcius atau bahkan lebih. Pada hipertermia, suhu yang terus meningkat pada tubuh berbeda dengan kondisi meningkatnya suhu pada saat demam. Hal ini terjadi karena pada saat demam peningkatan suhu tersebut masih berada dalam sistem pangaturan suhu yang terkendali. Sementara pada penderita hipertermia, suhu tersebut akan terus meningkat tanpa terkendali sehingga mengakibatkan rasa sengatan panas yang berlebihan.

  • Gejala Hipotermia

    Orang yang mengalami suhu rendah dalam tubuhnya, ia akan mengalami beberapa gejala. Beberapa gejala tersebut diantaranya yakni menggigil, bicara yang semakin lama terasa semakin tidak jelas, pernapasan yang kian pendek dan juga melemah, serta kesadaran dari penderita yang semakin lama akan menghilang secara perlahan. Selain itu ditandai juga dengan kulit yang dirasakan semakin lama semakin dingin serta berwarna kemerahan, menjadi lemas, tidak berenergi, serta menangis secara terus menerus tanpa tenaga.

  • Gejala Hipertermia

    Gejala Hipertermia terjadi apabila sengatan panas yang bermula dari lingkungan panas sehingga tubuh tidak dapat mendinginkan suhunya secara normal dan juga efektif. Akibatnya, suhu yang semakin meninggi pada tubuh seseorang tersebut dapat berkelanjutan dan juga menyebabkan terjadinya dehidrasi yang mampu merusak organ tubuh bahkan secara permanen.

Bagaimana Cara Mencegah Agar Suhu Tubuh Tidak Rendah Maupun Tinggi?

Apabila Anda mulai merasakah suhu yang semakin turun dari tubuh Anda, maka mulailah untuk menggunakan pakaian yang hangat dan tebal. Usahakan pula untuk membuat tubuh berada dalam kondisi yang selalu kering, serta biasakanlah untuk meminum minuman hangat seperti rebusan jahe. Selain itu mandi air hangat juga dapat menjadi pilihan untuk mencegah hipotermia tersebut.

Pencegahan terhadap suhu tinggi yang dialami oleh tubuh adalah dengan menghindari lingkungan yang cukup panas. Selain itu gunakan pula alat pendingin, baik itu kipas maupun pendingin rungan lainnya.
Akan tetapi, apabila pencegahan tersebut sudah dilakukan namun gejala justru terjadi semakin parah, maka cara terbaik adalah dengan melakukan penanganan medis sesegera mungkin.

Suhu tubuh adalah ukuran rendah atau tingginya suhu yang dimiliki manusia secara pribadi. Kemampuan dalam mengukur suhu tubuh sangat penting untuk mengetahui kondisi tubuh, apakah berada dalam kondisi yang baik atau bahkan sebaliknya. Karena melalui rendah dan tingginya suhu pada tubuh lah, Anda dapat melakukan pengecekan penyakit yang mungkin saja menyerang.