Aromaterapi untuk Hidup Lebih Sehat


By Cindy Wijaya

Aromaterapi, ini sudah bukanlah sesuatu yang asing lagi. Banyak yang memanfaatkan aroma terapi untuk membuat perubahan pada mood. Karena sifatnya yang membuat pikiran tenang, maka pewangi yang satu ini cukup banyak digunakan. Sekarang yang beredar di pasaran, yang cukup banyak, adalah lilin aroma terapi.

Berbeda dengan lilin biasa, jika dibakar, maka Anda akan bisa mencium aroma terapi khusus yang menenangkan. Suasana pun akan berubah, Anda juga tak perlu pergi ke tempat refleksi yang mahal untuk menikmati itu semua, karena sekarang di pasaran sudah banyak beredar berbagai macam merek aroma terapi. Aromaterapi tak hanya akan menciptakan wangi pada ruangan saja, namun juga memiliki efek menenangkan dan menyembuhkan.

Berbagai Warna yang Bernuansa Cantik

Tentu saja lilin aromaterapi tersedia dalam berbagai warna yang cantik, selain itu juga tersedia berbagai macam aroma. Tergantung aroma apakah yang paling Anda sukai. Di bawah ini, kami akan membagikan informasi mengenai aroma yang biasa digunakan untuk aromaterapi tersebut.

Aromaterapi yang tersedia (Varian aroma):

  • Vanilla: Ini merupakan salah satu aromaterapi yang cukup digemari oleh masyarakat. Selain itu vanilla juga memiliki berbagai manfaat dalam meningkatkan fungsi otak Anda, contohnya saja untuk mengontrol kesehatan sistem saraf pada otak Anda, anti inflamasi, menyembuhkan depresi ataupun stress, dan untuk menghilangkan rasa mual bagi wanita hamil.
  • Lavender: Mungkin aromaterapi yang kedua ini sudah sering Anda dengar. Memang lavender merupakan aroma yang cukup diminati. Di mana aroma ini bisa membantu dalam memudahkan tidur (Khusus Anda yang menderita insomnia ini merupakan kabar gembira), mengurangi ketegangan, dan juga mengatasi masalah depresi.
  • Jasmine: Yang ketiga adalah aroma jasmine, aroma jasmine memiliki aroma romantis, di mana aroma jasmine ini dapat membantu meningkatkan gairah cinta, mengobati impotensi, menghilangkan depresi dan kesedihan, menenangkan pikiran dan menyembuhkan sakit menstruasi. Begitu banyak kegunaan dari aroma jasmine bagi kesehatan. Walaupun begitu, aroma jasmine ini masih kalah favorit dibandingkan aromaterapi lavender.
  • Rose (Mawar): Aroma yang ke – 4 ini juga sudah tidak asing lagi. Bahkan tak hanya digunakan untuk aromaterapi saja, melainkan juga untuk pengharum ruangan serta pengharum mobil banyak yang menggunakan varian aroma rose atau mawar. Aroma rose memiliki wangi feminim, dapat membantu menenangkan pikiran, merendamkan amarah, stress, kesedihan, dan juga masalah depresi. Aromaterapi ini sama sifatnya seperti sandalwood atau kayu cendana, dan lavender, di mana sama-sama dapat membantu dalam menenangkan pikiran.
  • Peppermint: Aromaterapi peppermint dapat memberikan manfaat untuk mengatasi muntah, mual, hidung tersumbat, radang tenggorokan, sakit kepala, masalah pencernaan, dan juga mengatasi masalah nyeri otot yang biasa diderita.
  • Kayu cendana (Sandalwood): Aromaterapi yang keenam adalah aroma sandalwood, atau kayu cendana. Walaupun aroma yang satu ini masih jarang terdengar, tetapi sesungguhnya ada, bahkan ada beberapa orang yang sangat menyukai aromaterapi kayu cendana ini. Itu karena sifatnya yang mampu meredakan stress, memberi efek menenangkan, menghilangkan insomnia dan juga sebagai anti-depresi. Aromaterapi kayu cendana ini kami rekomendasikan untuk Anda coba.
  • Green tea: Aroma teh hijau dapat memberikan efek fresh, atau segar, juga mampu menjadikan tubuh Anda lebih relaks.
  • Chammomile: Yang berikutnya adalah roma chamomile. Aroma chamomile ini bisa menghilangkan stress, menenangkan pikiran dan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak dibandingkan sebelumnya.
  • Lemon: Siapa yang tidak mengenal buah lemon, ini juga merupakan salah satu aroma dalam varian lilin aromaterapi. Aroma lemon mampu membantu sebagai anti depresi dan mengurangi pikiran stress. Juga bisa membantu meningkatkan mood, meringankan pikiran, dan memberikan pikiran segar kembali. Sangat cocok bagi Anda yang sering stress karena masalah pekerjaan, atau karena masalah rumah tangga.
  • Kayu putih (Eucalyptus): Yang terakhir adalah aromaterapi dengan aroma kayu putih. Aroma kayu putih dapat membantu melegakan pernafasan, menyembuhkan bronkitis, meringankan gangguan hidung sensitif, menyembuhkan pilek, demam, flu, dan penyakit batuk.
Baca Juga:  Kenalilah Beragam Penyakit Menular

Mungkin ke depannya akan bertambah lagi berbagai aroma dalam aromaterapi, sehingga Anda pun akan memiliki semakin banyak pilihan.

Manfaat Aromaterapi untuk Kesehatan

Meningkatkan memori merupakan salah satu manfaat dari aroma terapi. Aromaterapi memang sudah umum dimanfaatkan sebagai penghilang depresi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya juga. Alzheimer merupakan jenis penyakit yang memiliki kaitan dengan memori seseorang, dan sifatnya permanen atau tak dapat disembuhkan total hingga keadaan seperti sedia kala.

Tetapi sekarang dengan memanfaatkan aromaterapi, maka Anda bisa menghambat perkembangan dari penyakit Alzheimer yang menyerang. Karena itu aroma terapi merupakan salah satu alternatif herbal untuk berhadapan dengan Alzheimer. Aroma terapi dengan minyak zage merupakan yang direkomendasikan untuk meningkatkan memori seseorang.

Manfaat aromaterapi berikutnya yang mungkin masih belum Anda ketahui adalah untuk mengatasi masalah pencernaan. Contoh masalah pencernaannya yaitu perut kembung, sembelit, juga membantu dalam meningkatkan proses metabolisme makanan, dengan begitu makanan pun dapat dicerna dengan lebih cepat. Aromaterapi yang cocok untuk mengatasi masalah ini yakni minyak esensial lemon, ini merupakan contoh aroma terapi yang paling cocok untuk masalah pencernaan.

Tetapi jika Anda kurang senang dengan aroma terapi lemon, maka Anda dapat mencoba alternatif lainnya, contohnya adas, jahe, clary sage, lavender, dan chamomile. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, apalagi jika Anda menderita penyakit asma.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}