Apakah Anda Menikmati Manfaat Bangun Pagi?

166
Shutterstock

Diedit:

Pukul berapa biasanya Anda bangun di pagi hari? Apakah Anda sering menekan tombol snooze pada alarm Anda? Sebagian besar orang, boleh jadi termasuk Anda, mungkin kesulitan atau bahkan enggan untuk bangun dan beraktivitas lebih awal di pagi hari.

Apakah Anda mengalami gangguan tidur? Sering lembur sepanjang malam di kantor? Atau bosan menghadapi rutinitas harian Anda? Boleh jadi, itulah beberapa penyebab Anda kesulitan untuk bangun pagi.

Namun, tahukah Anda, bahwa ada banyak manfaat bangun pagi yang berguna untuk kesehatan Anda? Mari, kita perhatikan apa saja manfaat yang dapat Anda rasakan dengan bangun lebih awal di pagi hari dan bagaimana Anda dapat melakukannya.

Apa Saja Manfaat Bangun Pagi?

Saat Anda bangun lebih awal di pagi hari, manfaat bangun pagi yang dapat langsung Anda rasakan adalah kualitas udara yang baik. Dengan menghirup udara yang kaya akan oksigen dan minim polutan, Anda memberi kesempatan bagi tubuh Anda untuk memaksimalkan kinerja otak dan melancarkan peredaran darah Anda.

Tentu saja, hal tersebut akan menyehatkan tidak hanya secara fisik, tetapi secara mental. Keseimbangan tersebut akan membantu meningkatkan produktivitas Anda dan membantu Anda menjalankan aktivitas sepanjang hari dengan mood yang lebih baik. Apalagi jika dilengkapi dengan menu sarapan yang sehat dan olahraga.

Selain itu, manfaat bangun pagi juga dapat Anda rasakan lebih maksimal bila Anda meluangkan waktu sejenak untuk berjemur di bawah sinar mentari pagi yang diketahui dapat membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh Anda.

Selain kesehatan tulang, vitamin D diketahui memberikan proteksi terhadap beberapa jenis kanker (kanker paru-paru, prostat, kulit) dan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah yang tentu saja berkaitan dengan kesehatan jantung Anda.

Tak hanya itu, sinar mentari pagi diketahui dapat merangsang pembentukan hormon serotonin dalam tubuh yang berkontribusi pada suasana hati dan keseimbangan mental yang lebih baik.

Baca juga:  Tidur: Fakta Umum Seputar Tidur dan Tes Kantuk!

Tentu saja, hal ini akan memengaruhi sikap Anda dalam menghadapi kegiatan harian Anda. Apakah Anda akan melakukan aktivitas Anda dengan sikap positif? Atau apakah Anda akan badmood sepanjang hari?

Bayangkan saja apa yang akan terjadi jika Anda bangun terlalu siang. Boleh jadi inilah yang akan terjadi. Anda mandi dengan terburu-buru atau bisa jadi berangkat tanpa mandi terlebih dulu.

Waktu yang mepet juga membuat Anda hanya berdandan ala kadarnya apalagi jika Anda tidak terbiasa mempersiapkan pakaian dan benda apa yang akan Anda bawa.

Jangankan untuk sarapan, untuk menghirup udara segar saja mungkin sudah tidak sempat Anda lakukan. Anda akan terbirit-birit dan mengejar waktu agar tidak terlambat sampai di tempat aktivitas Anda.

Belum lagi bagi Anda yang hidup di Jakarta dan harus menghadapi kemacetan setiap hari. Alhasil, sampai di tempat tujuan, tubuh Anda sudah lemas dan fokus pikiran Anda jelas tersimpangkan akibat stres di pagi hari.

Jelaslah, Anda tidak akan siap menjalani aktivitas Anda, bukan? Ya, selain tubuh yang bugar dan kondisi pikiran serta mental yang baik, manfaat bangun pagi juga dapat berimplikasi langsung pada kualitas hidup Anda. Lalu, untuk menikmati manfaat bangun pagi, apa yang dapat Anda lakukan?

Menikmati Manfaat Bangun Pagi, Bagaimana Melakukannya?

Untuk menikmati manfaat bangun pagi, tentu saja Anda perlu memiliki kualitas tidur yang baik di malam hari. Bagi Anda yang sering tidur larut malam karena kebiasaan begadang untuk menonton TV, bermain game, berselancar di internet atau apapun kegiatan Anda, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut dan tidurlah lebih awal.

Selain membuat Anda sulit bangun di pagi hari, kebiasaan begadang dapat meningkatkan resiko terhadap penyakit diabetes dan jantung. Kebiasaan begadang juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, memicu stres, dan mengurangi konsentrasi Anda pada esok harinya.

Baca juga:  Bagaimana Melatonin Berkhasiat sebagai Obat Tidur Alami?

Layaknya sebuah mesin, tubuh kita dapat mengalami gangguan jika tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Berapa lama waktu tidur yang Anda perlukan?

Umumnya, diperlukan sekitar 8 jam bagi tubuh kita untuk tidur. Tetapi, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda.

Untuk mengetahui kebutuhan tidur Anda, cobalah lakukan percobaan berikut sewaktu Anda libur. Tidurlah segera setelah Anda mengantuk dan lihatlah esok harinya, berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk tidur dan bangun tanpa alarm.

Setelah mengetahuinya, cobalah untuk mencukupi kebutuhan tidur Anda. Upayakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama. Jika tubuh Anda sudah terbiasa dengan jadwal yang konsisten, Anda tidak akan kesulitan untuk bangun di pagi hari.

Tubuh Anda akan terasa lebih segar sewaktu bangun di pagi hari. Selain meminimalkan resiko penyakit, tentu saja Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk menikmati manfaat bangun pagi yang disebutkan di atas.

Bagi Anda yang sering melewatkan kesempatan menikmati manfaat bangun pagi hanya karena bosan dengan rutinitas Anda, cobalah untuk mengatasinya dengan memikirkan dan merencanakan hal-hal baru dalam hidup Anda.

Misalnya, sedikit berkreasi dalam mengerjakan pekerjaan Anda atau dengan mempelajari hal-hal baru yang berkaitan dengan hobi Anda di sela-sela kesibukan, dapat membantu Anda untuk menghilangkan rasa bosan terhadap rutinitas harian Anda.

Bagaimana dengan Anda yang mengalami gangguan tidur/insomnia? Artikel berikut mungkin dapat membantu Anda mengatasinya.

Kunjungi halaman Bagaimana Mengatasi Insomnia? Untuk mengatasi kesulitan tidur yang Anda alami dan nikmatilah manfaat bangun pagi yang menyehatkan!