Share:

Terakhir Diedit:

Untuk mencegah terjadinya kanker lidah tentu Anda harus mengetahui penyebab kanker lidah. Anda juga perlu memerhatikan apa saja pemicu kanker lidah yang ada perlu diwaspadai! Ya, menjaga kesehatan tubuh Anda lebih baik daripada mengobatinya. Mari kita perhatikan bersama-sama dalam artikel berikut!

Dalam artikel ini Anda akan melihat 5 penyebab yang sering memicu terjadinya kanker pada lidah Anda. Misalnya; kebiasaan merokok, masalah genetika, pancaran sinar ultraviolet, konsumsi alkohol dan keberadaan virus. Temukan informasi selengkapnya dalam artikel berikut!

Penyebab Kanker Lidah

Sekalipun penyebab kanker lidah belum dapat dipastikan, kita masih dapat mengetahui faktor pemicu kanker lidah berdasarkan atas data medis para penderita kanker lidah. Apa saja yang menjadi faktor pemicu kanker lidah atau penyebab kanker lidah?

Rokok

Salah satu penyebab terjadinya kanker lidah ialah kebiasaan merokok yang biasa dilakukan pria. Sebenarnya tak hanya kanker lidah saja, beragam jenis kanker dipicu oleh zat yang terkandung di dalam rokok. Walaupun ada filter yang menyaringnya, tetap saja partikel kecil ini dapat masuk dengan leluasa kedalam mulut dan menempel di lidah untuk jangka waktu yang cukup lama, setelah itu terjadilah kanker.

Maraknya kebiasaan merokok dilingkungan pria menyebabkan beberapa wanita yang bergauL bersama mereka turut mencoba kebiasaan ini. Sehingga potensi kanker lidah pada wanita juga dapat terjadi, terutama jika mereka memiliki luka pada lidah yang juga menjadi ciri-ciri kanker lidah.

Genetika

Luka adalah salah satu cara instan masuknya zat asing kedalam tubuh, sehingga terjadilah infeksi. Apabila ini terjadi tak heran jika sel abnormal pun timbul dan berkembang. Beberapa faktor lain bahkan tak dapat Anda kendalikan, misalnya faktor genetika. Kanker lidah juga terjadi karena hasil penyebaran sel kanker yang berasal dari organ lainnya.

Baca juga  Pemeriksaan Kanker Lidah

Sinar Ultraviolet

Secara umum beragam jenis radiasi turut memicu kanker dan paparan sinar ultraviolet turut memicu terjadinya kanker, hal tersebut juga berlangsung pada kanker lidah. Jika Anda mengalami gangguan psikis, itu malah memperburuk keadaan Anda.

Alkohol

Karena sifatnya yang cukup ganas, kanker lidah dapat menyebar menuju kelenjar getah bening. Kebiasaan minum alkohol juga dapat melemahkan sistem pertahanan diri sehingga tubuh lebih mudah terserang zat asing, bahkan bahan baku alkohol sendiri memiliki sifat yang beracun hingga taraf tertentu, sehingga turut menciptakan keberadaan kanker.

Virus

Ada juga kemungkinan terserang virus papilloma atau HPV (Human Papilloma Virus) yang terjadi melalui hubungan intim. Lalu, bagaimana mungkin penyakit ini dapat mencapai lidah? Ada kemungkinan ini menyebar melalui oral seks, salah satu jenis aktivitas seksual yang dilakukan dengan mulut.

Tak perlu dijelaskan lebih detail bagaimana prosesnya, karena Anda tentu tahu. Hanya saja waspadalah akan keberadaan virus berbahaya tersebut, karena virus ini berkembang pesat pada area kelamin Anda. Tentu bukan hal yang menyenangkan bukan jika Anda menderita kanker lidah karena aktivitas seks?

Penyebab kanker lidah juga dapat terjadi karena tidak menjaga kebersihan mulut atau mengalami peradangan pada lidah. Walaupun kanker cenderung menyerang orang dewasa yang berusia 40 tahun, masih ada kemungkinan sebesar 2% bagi remaja berusia 20-an tahun untuk mengidap kanker lidah.

Sebagai contoh Matthew Plourde yang diceritakan dalam artikel lain yang juga membahas kanker lidah. Kanker lidah yang dialami oleh Matthew Plourde juga mengingatkan Anda untuk tetap waspada dan selalu memerhatikan kesehatan, sekalipun Anda tidak memiliki kebiasaan merokok!

Jika Anda sudah mengetahui pemicu kanker lidah, bukankah lebih baik untuk menghindari penyebab kanker lidah tersebut? Ubahlah pola kehidupan Anda dari sekarang, sebelum serangan kanker menjangkiti tubuh Anda. Kanker lidah memang tampak sepele, namun jika dibiarkan, ini dapat berdampak serius bagi kehidupan Anda! Namun, jangan khawatir sekalipun Anda mengidap kanker karena tersedia obat kanker lidah alami.

Baca juga  5 Ciri-Ciri Kanker Lidah Yang Mudah Dikenali

Jika Anda mencurigai keberadaan kanker, cobalah untuk melakukan pemeriksaan kanker lidah. Demikianlah informasi mengenai 5 penyebab yang sering memicu terjadinya kanker pada lidah Anda.

Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.