Bagikan Artikel Ini:

Tahukah Anda bahwa stadium kanker lidah merupakan tingkat penyakit kanker yang baru diketahui pada saat pemeriksaan dilakukan? Stadium kanker lidah diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan, endoskopi, tes pencitraan dan biopsi. Sehingga dokter dapat menilai kanker lidah stadium 1, kanker lidah stadium 2, kanker lidah stadium 3, atau kanker lidah stadium 4.

Temukan info selengkapnya seputar stadium 1 hingga stadium 4 dari kanker lidah yang menyerang Anda dalam artikel berikut ini! Simak bagaimana penentuan stadium kanker ditetapkan!

Stadium Kanker Lidah

Stadium kanker lidah merupakan metode standar bagi para tenaga medis untuk menentukan seberapa parah tingkat penyebaran kanker berdasarkan ciri-ciri kanker lidah yang terlihat. Penentuan stadium kanker lidah yang seringkali digunakan ialah sistem TNM Amerika. Sistem ini didasarkan atas beberapa faktor penentu, misalnya;

T – menunjukkan karakteristik massa atau benjolan tumor (primer), N – merupakan kondisi atau status kelenjar getah bening yang ada di sekitar leher (sebagai bukti penyebaran kanker) dan M – merupakan kondisi atau status penyebaran kanker menuju bagian tubuh diluar kepala maupun leher.

Mari kita perhatikan apa saja yang tercakup di dalam kanker lidah stadium 1, kanker lidah stadium 2, kanker lidah stadium 3, atau kanker lidah stadium 4.

Kanker Lidah Stadium 1

Anda dinyatakan mengidap kanker lidah stadium 1, jika hasil pemeriksaan menunjukkan laporan berupa; ukuran tumor sebesar 2 cm atau kurang dari dimensi terbesarnya. Serangan kanker belum menyerang kelenjar getah bening. Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Kanker Lidah Stadium 2

Pada kanker lidah stadium 2, hasil pemeriksaan menunjukkan ukuran tumor lebih dari 2 cm, tetapi kurang dari atau sama dengan 4 cm dari dimensi terbesarnya. Serangan kanker belum menyerang kelenjar getah bening. Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Kanker Lidah Stadium 3

Pada kanker lidah stadium 3 terdapat 4 kemungkinan hasil pemeriksaan. Pertama, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tumor telah berukuran lebih dari 4 sentimeter atau telah tumbuh ke bagian sisi lidah epiglotis. Serangan kanker belum menyerang kelenjar getah bening. Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Kedua, hasil pemeriksaan menunjukkan laporan berupa; ukuran tumor sebesar 2 cm atau kurang dari dimensi terbesarnya. Serangan kanker menyerang satu kelenjar getah bening, disamping tumor (primer) yang sama dengan ukuran 3 cm atau kurang dari dimensi terbesarnya. Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Ketiga, hasil pemeriksaan menunjukkan ukuran tumor lebih dari 2 cm, tetapi kurang dari atau sama dengan 4 cm dari dimensi terbesarnya. Serangan kanker menyerang satu kelenjar getah bening, disamping tumor (primer) yang sama dengan ukuran 3 cm atau kurang dari dimensi terbesarnya. Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Keempat, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tumor telah berukuran lebih dari 4 sentimeter atau telah tumbuh ke bagian sisi lidah epiglotis. Serangan kanker menyerang satu kelenjar getah bening, disamping tumor (primer) yang sama dengan ukuran 3 cm atau kurang dari dimensi terbesarnya. Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Kanker Lidah Stadium 4

Kategori kanker lidah stadium 4 bisa jadi sangat rumit untuk diidentifikasi, karena beragam kemungkinan dapat terjadi. Secara umum kategori kanker lidah stadium 4 di bagi menjadi 3 bagian, yaitu;

Kanker Lidah Stadium 4 A

4A – ada 6 kemungkinan yang dapat terjadi. Pertama, tumor telah tumbuh di laring, di luar otot lidah, langit-langit mulut, tulang rahang bawah atau otot pterygoid medial. Serangan kanker belum menyerang kelenjar getah bening. Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Kedua, tumor telah tumbuh di laring, di luar otot lidah, langit-langit mulut, tulang rahang bawah atau otot pterygoid medial. Serangan kanker menyerang satu kelenjar getah bening, disamping tumor (primer) yang sama dengan ukuran 3 cm atau kurang dari dimensi terbesarnya. Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Ketiga, hasil pemeriksaan menunjukkan laporan berupa; ukuran tumor sebesar 2 cm atau kurang dari dimensi terbesarnya. Kanker telah menyebar menuju kelenjar getah bening berukuran 3-6 cm atau kurang (dapat berada di satu sisi atau kedua sisi, tunggal ataupun jamak). Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Keempat, hasil pemeriksaan menunjukkan ukuran tumor lebih dari 2 cm, tetapi kurang dari atau sama dengan 4 cm dari dimensi terbesarnya. Kanker telah menyebar menuju kelenjar getah bening berukuran 3-6 cm atau kurang (dapat berada di satu sisi atau kedua sisi, tunggal ataupun jamak). Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Kelima, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tumor telah berukuran lebih dari 4 sentimeter atau telah tumbuh ke bagian sisi lidah epiglotis. Kanker telah menyebar menuju kelenjar getah bening berukuran 3-6 cm atau kurang (dapat berada di satu sisi atau kedua sisi, tunggal ataupun jamak). Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Keenam, tumor telah tumbuh di laring, di luar otot lidah, langit-langit mulut, tulang rahang bawah atau otot pterygoid medial. Kanker telah menyebar menuju kelenjar getah bening berukuran 3-6 cm atau kurang (dapat berada di satu sisi atau kedua sisi, tunggal ataupun jamak). Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Kanker Lidah Stadium 4 B

4B – ada 2 kemungkinan yang dapat terjadi. Pertama, tumor telah menyerang otot lateral pterygoid, lempeng pterygoid, sampai ke sisi nasofaring, ke bagian dasar tengkorak atau seluruhnya di sekitar arteri karotid. Kanker bisa jadi belum menyerang kelenjar getah bening ataupun telah menyerang kelenjar getah bening dengan ukuran yang beragam pada sisi manapun. Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Kedua, ukuran tumor bisa beragam dan berada di beberapa tempat. Ada yang menyebar menuju satu kelenjar getah bening atau lebih, dan ukurannya lebih besar dari 6 sentimeter. Juga, penyebaran kanker belum menjalar keluar bagian kepala dan leher.

Kanker Lidah Stadium 4 C

Stadium 4C merupakan stadium tertinggi kanker lidah dengan kata lain stadium terparah yang bisa jadi Anda alami. Ukuran tumor bisa beragam dan berada di beberapa tempat. Kanker bisa jadi belum menyerang kelenjar getah bening ataupun telah menyerang kelenjar getah bening dengan ukuran yang beragam pada sisi manapun. Ada bukti penyebaran di luar kepala maupun leher (yakni; paru-paru, tulang, otak, dan lain-lain).

Demikianlah beberapa penggolongan kanker lidah stadium 1, kanker lidah stadium 2, kanker lidah stadium 3, atau kanker lidah stadium 4 yang bisa perlu Anda ketahui. Dokter biasanya menjelaskan tindakan apa saja yang perlu dilakukan untuk memperoleh keterangan yang akurat. Setelah hasil pemeriksaan kanker lidah ditentukan dan stadium kanker lidah ditetapkan. Barulah tindakan medis atau pengobatan kanker lidah dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit ini.