Tahukah Anda bahwa pencegahan kanker lidah sebenarnya sama dengan pencegahan kanker lainnya yang melewati lidah Anda? Apa sajakah tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan guna meminimalisasi serangan kanker pada lidah Anda? Mari kita perhatikan beberapa informasi caranya mencegah kanker lidah berikut ini!

Dalam artikel ini Anda akan melihat 3 hal yang perlu dihindari agar tidak terserang kanker lidah, mulai dari menghindari kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, hingga seks oral. Simak artikel selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Pencegahan Kanker Lidah

Sebenarnya para ahli belum memperoleh keterangan yang pasti untuk mencegah serangan kanker, mengingat tak ada yang disebut dengan vaksin kanker. Namun para ahli meyakini bahwa pencegahan dapat dilakukan, setidaknya dengan meminimalisasi risiko penyebab kanker lidah itu sendiri.

Sebagai contoh, beberapa penelitian menunjukkan bahwa merokok, mengonsumsi alkohol dan melakukan oral seks merupakan beberapa penyebab kanker lidah. Maka jika Anda ingin mencegah kanker lidah hindarilah penyebab kanker lidah.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika Anda berencana membunuh diri Anda sendiri atau berencana membunuh orang lain, merokok merupakan cara ampuh yang mampu menyiksa banyak orang dan berdampak tidak langsung. Kematian bisa saja menghampiri Anda, namun banyak kasus memperlihatkan bahwa merokok dapat menyebabkan kanker lidah.

Jika dibiarkan begitu saja zat berbahaya yang terkandung dalam rokok dapat menumpuk di lidah Anda dan memicu terjadinya kanker. Ada yang mungkin berpikir bahwa merokok tak begitu berpengaruh karena terdapat filter atau penyaring didalamnya. Namun, itu semua diciptakan agar Anda membeli produk berbahaya tersebut. Risiko serangan kanker pada perokok aktif sama parahnya dengan perokok pasif.

Semua bentuk tembakau atau rokok mampu meningkatkan risiko serangan kanker kepala dan leher (termasuk lidah). Tidak masalah apakah itu rokok dalam bentuk pipa, cerutu atau tembakau kunyah. Satu hal terpenting yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko kanker ialah dengan berhenti merokok.

Baca juga  Kanker Lidah

Jika Anda berhenti merokok hari ini, maka Anda akan menurunkan risiko serangan kanker hingga 15 sampai 20 tahun ke depan. Tak peduli berapa lama Anda berusaha untuk berhenti merokok, ingatlah bahwa Anda dapat menjalani kehidupan yang lebih baik tanpa rokok.

Mengurangi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol dalam jumlah kecil mungkin bermanfaat untuk menghangatkan tubuh disaat cuaca sangat dingin. Namun untuk iklim Indonesia yang tidak sedingin Eropa ataupun Amerika, minuman beralkohol tampaknya bukan solusi ampuh.

Mengingat kebanyakan orang yang mengonsumsi alkohol cenderung memiliki tujuan lain, yaitu bermabuk-mabukan sehingga kesadaran dan pengendalian dirinya hilang selama dalam pengaruh alkohol. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dipercaya dapat memicu kanker lidah, maka hindarilah penyebab kanker lidah tersebut.

Hindari Oral Seks

Oral seks dapat menyebarkan beberapa virus yang dapat memicu serangan kanker, yakni HPV atau Human Papilloma Virus. Ini merupakan virus yang dapat menginfeksi dan bersifat menular. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), keberadaan virus ini sudah sangat umum dikalangan pria dan wanita yang aktif secara seksual. Dalam kebanyakan kasus, HPV hilang dengan sendirinya dan tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Namun saat HPV tidak hilang, ini bisa menyebabkan penyakit lainnya seperti timbulnya jerawat disekitar area organ reproduksi bahkan kanker. HPV sering ditemukan pada kasus kanker mulut dan tenggorokan maupun oropharyngeal. Lebih dari 7 dari 10 kanker yang ditemukan di bagian belakang tenggorokan, termasuk dasar lidah dan amandel, berhubungan dengan HPV.

Demikianlah beberapa tindakan pencegahan kanker lidah yang dapat Anda jalani guna meminimalisasi keberadaan sel kanker. Sekalipun kanker lidah tak dapat dihindari sepenuhnya Anda masih dapat mengurangi risiko serangan kanker, mulailah dari sekarang! Segera lakukan pemeriksaan kanker lidah jika Anda mencurigai keberadaan kanker lidah dalam tubuh Anda.

Baca juga  Pemeriksaan Kanker Lidah

 Terakhir Diedit: [last-modified]

Fery Irawan

Penulis konten website yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Secara aktif telah menulis beragam artikel kesehatan bagi situs atau blog kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Penulis berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan tepercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik.