Share:

Terakhir Diedit:

Tahukah Anda, Apa itu kanker lidah? Adakah obat kanker yang secara efektif dapat menumpas sel kanker? Apa saja ciri-ciri kanker yang perlu Anda ketahui? Apa sebenarnya penyebab kanker? Adakah tindakan pencegahan kanker yang bisa Anda lakukan?

Bagaimana pemeriksaan kanker dilakukan? Bagaimana stadium kanker dapat ditentukan? Pengobatan kanker apa saja yang tersedia? Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam artikel berikut ini!

Kanker Lidah

Mengingat risiko yang dihadapi ialah kematian, maka penting bagi Anda untuk mulai mewaspadainya. Kanker lidah seringkali menyerang organ lidah bagian pangkal, pinggir dan belakang lidah. Sifat kanker sama seperti jenis kanker lainnya, yakni merusak dan fatal. Kanker biasanya ditemukan pada lapisan sel skuamosa yang berada di lapisan permukaan lidah.

Sekalipun kematian merupakan dampak akhir serangan kanker, sebenarnya jenis kanker ini merupakan penyakit yang masih memiliki kemungkinan sembuh paling besar dibandingkan dengan jenis kanker sejenisnya. Hanya saja beberapa orang tidak serius dalam menghadapi diagnosa awal dari serangan kanker. Kanker merupakan musuh setiap orang, khususnya kaum pria.

Kisah Kanker Lidah

Masih ingat dengan pemain sinetron FTV Indonesia yang bernama Cecil Buckend atau Cecillia Putty Vickend? Pemain sinetron ini telah wafat pada 19 Desember 2012 yang dikarenakan oleh penyakit kanker di lidah stadium 4. Jadi jangan remehkan kanker, sekalipun tampak tak begitu penting penyakit ini mampu merenggut nyawa Anda!

Kisah kanker lainnya terjadi pada pada Matthew Plourde yang berhasil selamat dari kematian. Ia mengidap kanker di lidah sejak usia 23 tahun. Perjuangannya selama belasan tahun dalam menghadapi kanker akhirnya dicatat dalam sebuah situs American Cancer Society pada usia 35 tahun.

Jenis kanker yang dialaminya sudah mencapai stadium 3 dengan besar kanker yang mencapai hampir 5 cm. Anehnya, ia mengalami kanker sekalipun ia tidak menghisap rokok ataupun minum alkohol.

Apa rahasia sukses dalam menghadapi kanker? Matthew Plourde mengatakan Anda akan memiliki kemauan hidup dan keinginan yang kuat untuk menuntaskan suatu hal saat mengidap kanker, sekalipun Anda tahu bahwa tak selalu mungkin untuk tetap merasa kuat’. Ia menambahkan ‘saya tahu jika ingin melakukan lebih banyak hal – saya harus bangun di pagi hari dan menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam’.

Tentu saja, masih banyak kisah pasien kanker yang berjuang seperti Cicilia Putty Vickend dan Matthew Plourde. Kanker di lidah termasuk ke dalam salah satu jenis kanker mulut yang jarang dialami oleh kebanyakan orang. Sehingga banyak orang tidak begitu mengetahui apa yang terjadi akan penyakit ini.

Obat Kanker Lidah

Salah satu obat kanker lidah atau herbal alami ini tak lain Sarang Semut Papua yang didalamnya terdapat kandungan senyawa aktif anti kanker, salah satunya ialah antioksidan. Khasiat helbal ini dalam mengatasi kanker telah terbukti berdasarkan beberapa pengalaman pengguna sarang semut. Bahkan baik secara empiris dan uji in-vitro telah memperlihatkan kebenaran akan khasiat herbal ini.

Seorang ahli penyakit dalam bernama dr. Dewata Dermawan SpPD mengatakan bahwa pasien yang memanfaatkan antioksidan dan memadukannya dengan pengobatan medis memiliki tingkat kesembuhan yang lebih cepat. Pengobatan kanker pada umumnya berlangsung selama 5 tahun, hingga kondisi kanker benar-benar dipastikan tak muncul kembali.

Seorang herbalis bernama Hendro Saputro juga mengomentari kembali akan kebenaran khasiat Sarang Semut Papua. Ia mengatakan bahwa Sarang Semut Papua merupakan herbal yang ampuh atasi kanker dan mampu menyembuhkan beragam penyakit berat yang sulit disembuhkan dengan pengobatan medis. Lalu, apa ciri-ciri kanker yang perlu diwaspadai?

Ciri-Ciri Kanker Lidah

Beberapa ciri-ciri kanker lidah sering kali serupa dengan penyakit biasa, misalnya luka yang tampak seperti sariawan biasa. Hanya saja yang membedakannya ialah jangka waktu luka yang seringkali berlangsung lama tanpa adanya tanda-tanda kesembuhan.

Baca juga  Penyebab Kanker Lidah

Pasien kanker juga dapat mengalami pendarahan pada area sekitar mulut tanpa sebab yang jelas disertai dengan tumbuhnya benjolan-benjolan kanker. Bahkan saraf dan otot sekitar mulut dapat terpengaruh, misalnya kesulitan pada saat menggerakan rahang. Jika Anda merasakan ciri-ciri kanker tersebut, cobalah untuk segera melakukan pemeriksaan medis. Lalu apa penyebab kanker?

Penyebab Kanker Lidah

Kanker dapat disebabkan karena beragam faktor, baik dari dalam tubuh atau luar tubuh. Misalnya; kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol secara tak terkontrol, terpapar sinar ultra violet secara berlebihan, hingga peradangan yang disebabkan oleh virus.

Adapula beberapa faktor lain yang tak dapat dihindari, salah satunya ialah faktor genetika. Para ahli medis masih terus melakukan penelitian guna mengetahui penyebab pasti yang dapat mengakibatkan kanker. Namun, sama seperti kebanyakan kanker lainnya.

Kanker terjadi karena adanya perubahan genetika sel sehat menjadi sel kanker. Selain penyebab kanker lidah, Anda juga perlu mengetahui apa saja tindakan pencegahan yang bisa dilakukan.

Pencegahan Kanker Lidah

Jika Anda sudah terserang kanker maka tindakan pencegahan sudah tidak dapat dilakukan lagi. Namun jika Anda masih dalam keadaan sehat, maka pencegahan kanker lidah yang dapat dilakukan mencakup menghindari penyebab serangan kanker yang datang dari luar tubuh. Selain mencegah tindakan pemeriksaan perlu dilakukan untuk memastikan keberadaan kanker.

Jika tindakan pencegahan sudah Anda coba untuk lakukan, maka pemeriksaan kanker perlu dilakukan untuk memastikan keberadaan kanker di dalam lidah Anda. Bagaimana ini dapat dilakukan?

Pemeriksaan Kanker Lidah

Pemeriksaan kanker lidah mencakup pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, pemeriksaan pencitraan dan biopsi. Hal tersebut perlu dilakukan guna memastikan penyebaran kanker pada bagian tubuh lainnya. Sehingga stadium kanker dapat diketahui.

Baca juga  Stadium Kanker Lidah

Stadium Kanker Lidah

Stadium kanker lidah ditentukan dengan sebuah sistem TNM, guna menentukan stadium 1 hingga stadium 4. Setelah dokter mengetahui stadium kanker, barulah tindakan pengobatan kanker dapat ditentukan. Bagaimana tindakan pengobatan dapat dilakukan?

Pengobatan Kanker Lidah

Tindakan medis yang dapat diambil dalam mengobati kanker tak berbeda dengan pengobatan kanker lainnya. Tiga tindakan medis yang umum dilakukan ialah pembedahan, radiasi dan kemoterapi. Ketiga metode ini memiliki kemampuan yang sudah terbukti dapat mengatasi kanker. Setiap pengobatan kanker dilakukan setelah proses pemeriksaan kanker dilakukan.

Pemeriksaan kanker perlu dilakukan guna melihat perkembangan kanker dalam tubuh, sehingga stadium kanker dapat ditetapkan. Jika stadium kanker telah ditetapkan, maka tenaga medis yang professional dapat memberikan saran mengenai pengobatan yang dapat Anda ambil.

Tentu saja, tenaga medis juga perlu menjelaskan efek samping yang timbul atas metode pengobatan tersebut. Selain pengobatan kanker lidah secara medis, ada juga pengobatan kanker alternatif dengan konsumsi herbal alami.

Jadi, jika Anda menderita kanker janganlah putus asa. Pengobatan medis dan pengobatan herbal mampu membantu Anda dalam mengatasi kanker.

Demikianlah informasi seputar kanker yang dapat Anda ketahui, mulai dari obat kanker lidah, ciri-ciri kanker lidah, penyebab kanker lidah, pencegahan kanker lidah, pemeriksaan kanker lidah, stadium kanker lidah, hingga pengobatan kanker lidah. Nantikan informasi seputar kanker lainnya hanya di deherba!

Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.