Bagikan Artikel Ini:

Jika Anda mengidap kanker lidah adalkah cara mengobatinya? Apa saja pengobatan kanker lidah secara medis yang tersedia bagi Anda? Adakah alternatif lainnya dalam mengobati kanker lidah? Cari tahu lebih banyak dalam artikel ini!

Dalam artikel ini Anda akan melihat bagaimana pengobatan kanker lidah dilakukan dengan 3 metode utama yang sering digunakan dalam menumpas kanker, yakni; pembedahan atau operasi, kemoterapi dan radioterapi. Temukan info selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Pengobatan Kanker Lidah!

Pengobatan kanker lidah diberikan sesuai dengan diagnosis awal yang dilakukan oleh dokter. Beberapa jenis pengobatan kanker stadium lanjut biasanya sama, misalnya radioterapi dan kemoterapi. Dokter tentu lebih memahami metode mana yang paling cocok bagi kanker yang Anda alami, setelah memeriksa penyebab kanker lidah yang Anda alami.

Kedua pengobatan medis ini bertujuan guna mengurangi kemungkinan terjadinya penyebaran kanker lidah. Namun, jika kanker sudah memasuki stadium yang lebih akut, prosedur pembedahan atau operasi bisa dilaksanakan dengan kombinasi radioterapi. Prosedur medis ini juga ditangani oleh dokter yang ahli.

Setelah operasi pasien akan diposisikan setengah duduk untuk mengurangi kemungkinan terjadinya peningkatan aliran darah pada jaringan yang berbeda di dalam tubuh (hyperaemia) dan pembesaran organ tertentu yang terdiri dari cairan (edema). Untuk beberapa waktu, pasien hanya boleh beristirahat dengan posisi telentang tanpa menggunakan bantal.

Kemoterapi

Lalu, apa sebenarnya perbedaan dari beberapa jenis pengobatan kanker lidah yang disebutkan tadi? Mari kita perhatikan bersama! Mulai dari kemoterapi, pengobatan kanker dengan serangkaian obat-obatan yang diberikan untuk menghambat penyebaran sel kanker.

Hal ini dilakukan jika penyebaran sel kanker sudah terjadi ke berbagai jaringan sekitar atau pun kelenjar getah bening. Kemoterapi dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu: melalui mulut ataupun pembuluh vena. Dengan kata lain pemberian obat yang dapat diminum langsung atau disuntikan. Metode ini dilakukan bersamaan dengan radiasi.

Baca juga  Pemeriksaan Kanker Lidah

Radioterapi

Bagaimana dengan radioterapi? Radioterapi merupakan jenis pengobatan dengan bantuan sinar-X berkekuatan tinggi yang bertujuan menghancurkan sel kanker yang masih tersisa. Radioterapi terdiri dari 2 jenis, yaitu; radioterapi internal dan eksternal.

Radioterapi Internal dilakukan dengan menanam semacam alat yang akan memancarkan sinar-X bertenaga tinggi di sekitar area kanker. Penanaman alat tersebut dapat berlangsung beberapa menit (dosis tinggi), beberapa hari (dosis rendah), atau ditanam permanen. Masa pengobatan dengan bantuan radioterapi dapat berlangsung 4-11 bulan.

Fungsi radioterapi eksternal sama dengan radioterapi internal, hanya saja pasien tidak perlu di-opname! Karena tidak ada alat pemancar radiasi dalam tubuh, para kerabat ataupun orang yang berada disekitarnya dapat merasa aman sewaktu sedang mendampingi mereka.

Radioterapi eksternal biasanya diberikan setelah melakukan operasi atau pembedahan. Sinar-x akan dipancarkan kedalam bekas luka dari sel kanker guna menghindari kemungkinan timbulnya kanker untuk kedua kalinya, lalu luka kembali ditutup. Jenis radioterapi ini juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri.

Pembedahan

Pengobatan kanker lidah yang terakhir adalah pembedahan atau operasi pengangkatan sel kanker. Hal ini bergantung pada ukuran sel kanker itu sendiri, biasanya diterapkan untuk kanker yang berukuran kira-kira kurang dari 2 cm.

Operasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan laser, guna menghilangkan seluruh kanker. Dampaknya adalah gangguan fungsi lidah yang terpengaruh karena sayatan dan luka setelah operasi berhasil dilakukan. Setelah operasi pengankatan kanker lidah, pasien juga dapat melakukan operasi rekonstruksi lidah, guna mengembalikan fungsi lidah – walau tidak 100%.

Sarang Semut

Herbal yang satu ini dikenali dapat membantu proses pemulihan dari serangan kanker, bahan dasar alaminya sendiri ialah Sarang Semut Papua yang terdapat pada tanaman epifit asli Papua. Kandungan anti kanker dalam Sarang Semut menjadikannya sebagai obat kanker lidah yang bisa menjadi pilihan pengobatan.

Baca juga  Penyebab Kanker Lidah

Demikianlah beberapa jenis pengobatan kanker lidah yang bisa Anda coba dan konsultasikan dengan dokter. Adakah pengobatan alternatif kanker lidah? Anda mungkin berpikir untuk mencoba herbal kanker lidah alami. Namun, ketahuilah tidak semua jenis herbal dapat menyembuhkan kanker.

Pastikanlah untuk memilih jenis obat kanker lidah yang memang telah terbukti memiliki kandungan anti-kanker. Juga berhasil membantu proses pemulihan tubuh dari serangan kanker.

Fery Irawan

Penulis konten yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Penulis berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.