Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Kami buka kembali tanggal 3 Juli 2017. Pembelian produk tetap bisa dilakukan melalui Lazada.co.id. atau Tokopedia.com. Terima kasih untuk pengertiannya.
Cara Menguruskan Badan Cara Menguruskan Badan thespruce.com

7 Pekerjaan Rumah Tangga yang Menguruskan Badan

Semua orang pasti tahu bahwa olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kesehatan. Sayangnya tidak banyak orang suka olahraga, biasanya karena padatnya kesibukan mereka.

Tapi kekurangan waktu sebenarnya tidak bisa jadi alasan untuk gaya hidup kurang gerak. Ingatlah bahwa terbiasa hidup tanpa banyak melibatkan aktivitas fisik bisa memicu obesitas, gangguan jantung, diabetes, dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke tempat fitness atau mengikuti suatu program olahraga tertentu, masih ada banyak cara lain untuk menjaga tubuh tetap bergerak. Mulailah lakukan berbagai pekerjaan rumah tangga sendiri!

Anda bisa membakar banyak kalori hanya dengan melakukan kegiatan sehari-hari, seperti menyetrika, mencuci pakaian, mengepel, menyapu, memasak, mencuci piring, berkebun, dan lain sebagainya.

Jumlah kalori yang dibakar melalui kegiatan rumah tangga ini bergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis kegaitan, kecepatan dan intensitasnya, juga berapa lama durasinya. Usia, tingkat metabolisme, tingkat kebugaran fisik, dan berat badan juga berpengaruh pada seberapa banyak kalori yang dibakar.

Terlepas dari faktor-faktor yang terkait, yang pasti pekerjaan rumah tangga adalah cara yang bagus untuk menguruskan badan. Semakin banyak tenaga yang Anda kerahkan, semakin besar manfaat yang Anda dapatkan. Berikut adalah 7 pekerjaan rumah tangga yang membantu menurunkan berat badan.

Merapihkan dan Membersihkan Rumah

Merapihkan dan membersihkan isi rumah adalah pekerjaan yang cukup menguras banyak tenaga. Luangkan waktu sekitar 1 jam sehari untuk merapihkan rumah dengan membenahi tempat tidur, membersihkan bagian atas lemari dan semua sudut atau celah-celah yang ada, merapihkan benda-benda yang tergeletak di lantai, dan kegiatan-kegiatan lain yang pastinya membuat Anda semakin bugar.

Di akhir pekan, Anda bisa meluangkan waktu untuk membersihkan jendela dan pintu. Gunakan tangan kanan dan kiri secara bergantian.

Menyapu dan Mengepel Lantai

Tidak soal seberapa rapih rumah Anda, tapi pekerjaan Anda belum selesai kalau belum membersihkan lantai. Jadi, sekaranglah saatnya menyapu dan mengepel lantai.

Kedua kegiatan ini bisa memperkuat otot tangan dan kaki, juga membakar sejumlah kalori. Lingkar pinggang Anda juga bisa lebih ramping.

Gerakan membungkuk dan peregangan yang dilakukan sambil menyapu dan mengepel adalah seperti latihan aerobik. Hanya dalam 1 jam mendorong kain pel ke ujung-ujung lantai dan memerasnya dalam ember bisa membantu membakar kalori.

Mencuci Pakaian

Walaupun pekerjaan ini melelahkan, tapi mencuci pakaian sebenarnya cukup bagus untuk menguruskan badan. Mengingat hal ini mungkin akan memotivasi Anda untuk mulai mencuci baju sendiri.

Mencuci, melipat, mengangkat, dan menyetrika pakaian butuh banyak energi. Cobalah sesekali cuci baju menggunakan tangan, bukan dengan mesin cuci, setidaknya seminggu sekali. Gerakan mengucek, memeras, dan menjemur pakaian merupakan latihan otot yang bagus untuk tangan Anda.

Jika pakaian sudah kering, setrikalah sendiri. Berdirilah dengan tegak dan mulai setrika di papan yang panjang. Kegiatan menyetrika juga dapat membentuk otot-otot bagian atas tubuh.

Berkebun

Jika punya halaman yang cukup luas, Anda bisa mengubahnya menjadi kebun kecil yang ditanami buah-buahan dan sayur-mayur. Kebun kecil ini juga akan menjadi alat fitness yang membantu Anda menurunkan berat badan.

Berdasarkan informasi dari lembaga Centers for Disease Control and Prevention, Anda dapat membakar hingga 330 kalori hanya dalam waktu 1 jam kegiatan berkebun.

Kegiatan berkebun yang mencakup menggali tanah, mencampur pupuk kompos, dan menyirami tanaman, sering kali melibatkan kerja keras bagian tubuh atas dan bawah. Dan hal ini tentunya bagus untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

Suatu penelitian tahun 2013 yang dimuat oleh American Journal of Public Health mendapati bahwa pria dan wanita yang berkebun memiliki indeks massa tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan tentangga-tetangga mereka yang tidak berkebun.

Mencuci Mobil

Bagi pencinta otomotif, kegiatan mencuci mobil juga membantu menguruskan badan. Untuk setiap 30 menit mencuci mobil Anda bisa membakar hingga 150 kalori.

Kegiatan seperti membilas mobil dengan air, menggosok permukaannya untuk menghilangkan kotoran, menggosok setiap bagian dengan spons, dan membilas sabun dan kotoran memerlukan banyak energi dan waktu.

Karena itu kegiatan ini dapat membentuk otot tangan, kaki, dan perut, karena gerakan-gerakan dari mencuci mobil. Cobalah mencuci mobil dengan tangan setiap minggu. Anda hanya butuh spons, sabun berbahan kimia ringan, air, dan ember.

Mengecat Tembok

Kalau Anda orang yang kreatif dalam menata atau mendekorasi rumah, cobalah mengecat rumah sendiri. Kegiatan mengecat membutuhkan banyak gerakan, dan Anda tidak mungkin akan duduk diam di satu tempat. Anda pasti berkali-kali bangkit berdiri, jinjit, memanjat, jongkok, duduk, membungkuk, dan mengangkat ember cat kemana-mana.

Anda juga mungkin harus memindahkan beberapa barang agar bisa punya ruang untuk mengecat tembok. Jadi, kalau Anda menghabiskan sekitar 1 jam saja untuk mengecat ruangan, itu adalah latihan fisik yang bagus untuk membentuk otot tangan, mengeraskan dan memperkuat otot perut.

Memasak

Memasak adalah pekerjaan rumah tangga yang sehat. Pertama, Anda bisa mengendalikan seberapa banyak kalori di dalam masakan, dan kedua, Anda bisa menjadikan kegiatan memasak sebagai latihan fisik untuk menurunkan berat badan.

Mengupas, memotong, mengaduk, mengocok, dan menumbuk adalah gerakan-gerakan biasa dalam memasak yang pastinya membantu menguruskan badan Anda. Jika ingin latihan fisik yang lebih intens lagi, cobalah buat adonan roti sendiri, karena menguleni adonan butuh banyak sekali tenaga. Mencuci dan merapihkan peralatan masak juga membantu memperindah bentuk otot lengan.

Persiapan sebelum memasak dengan belanja bahan makanan juga bisa dijadikan olahraga. Membawa tas atau kantung berisi belanjaan selama 30 menit sangat bagus untuk membakar kalori. Tapi pastikan berat belanjaannya dibagi secara merata di tangan kanan dan kiri, atau bergantian membawa belanjaan.

Kalau Anda tidak punya waktu atau tidak suka pergi ke gym untuk fitness, maka lakukanlah pekerjaan rumah tangga setiap hari. Kegiatan-kegiatan yang bisa dibilang adalah makanan sehari-hari ibu rumah tangga ini ternyata adalah cara yang ampuh untuk membantu menguruskan badan.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register