• Home
  • Blog
  • Info Diet
  • Fungsi Jalan Kaki untuk Diet, Benarkah Efektif Turunkan Berat Badan?

Fungsi Jalan Kaki untuk Diet, Benarkah Efektif Turunkan Berat Badan?


By Cindy Wijaya

Bagi kita yang sedang diet mungkin muncul pertanyaan dalam hati, “Apakah jalan kaki bisa menurunkan berat badan?” Ini karena jalan kaki adalah olahraga yang paling gampang dan murah untuk dilakukan. Setiap hari kita pasti jalan kaki, entah dalam melakukan aktivitas sehari-hari atau karena memang sengaja mau melakukannya untuk olahraga.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa fungsi jalan kaki untuk diet, berapa lama jalan kaki untuk menurunkan berat badan, dan pengalaman menurunkan berat badan dengan jalan kaki.

Apa Fungsi Jalan Kaki untuk Diet?

Jalan kaki punya banyak manfaat kesehatan yang sudah dibuktikan melalui riset ilmiah. Antara lain untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, memperbaiki kesehatan mental karena mengurangi stres dan kecemasan, mencegah penurunan fungsi kognitif pada lansia, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, serta membantu diet karena dapat menurunkan berat badan.

Ya, memang ada fungsi jalan kaki untuk diet. Jalan kaki bagus untuk membakar kalori di seluruh tubuh, karena ketika kita berjalan, kita menggunakan beberapa kelompok otot sekaligus yang membantu meningkatkan metabolisme dan membakar kalori. Kalau kita membakar lebih banyak kalori daripada yang kita konsumsi, tubuh bisa menghilangkan sebagian lemaknya dan berat badan pun turun.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Exercise Nutrition & Biochemistry Vol. 18 No. 3 menunjukkan bahwa wanita obesitas yang berjalan kaki 50-70 menit tiga kali per minggu selama 12 minggu berhasil mengurangi ukuran lingkar pinggang dan lemak tubuhnya. Lemak tubuh yang tepat di bawah kulit (subkutan) dan lemak tersembunyi di dalam rongga perut (visceral) mereka sama-sama berkurang secara signifikan.

Penelitian lain mendapati bahwa orang yang menjalani diet kontrol kalori dan berjalan kaki selama 1 jam 5 kali seminggu selama 12 minggu mampu mengurangi lingkar pinggang dan lebih banyak lemak tubuh dibandingkan dengan orang yang hanya diet saja. (Sumber: International Journal of Obesity Vol. 26)

Berdasarkan dua penelitian di atas, fungsi jalan kaki untuk diet adalah untuk mengurangi lingkar pinggang dan kadar lemak tubuh, termasuk lemak perut (visceral fat) yang cukup sulit untuk dihilangkan. Itu hanya dua contoh dari sekian banyak riset ilmiah yang membuktikan fungsi jalan kaki untuk diet.

Halaman selanjutnya akan membahas tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk jalan kaki agar berat badan kita berhasil turun.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}