Sebenarnya, Anda tahu cara memilih makanan bernutrisi – bahkan hal ini telah Anda ketahui sejak duduk di bangku sekolah dasar atau sekolah menengah pertama. Hanya saja, setelah begitu lama tak terjamah – informasi ini kian lama semakin menghilang dari ingatan Anda, hingga satu waktu Anda sadar bahwa ini merupakan salah satu informasi yang penting. Kebutuhan manusia akan makanan tak sekadar sarana yang digunakan untuk merasa kenyang dan nyaman saja. Nutrisi yang seimbang juga dibutuhkan agar fungsi organ tubuh dapat bekerja secara maksimal dan tetap sehat.

Anda mungkin ingat prinsip dasar menu makanan 4 sehat – 5 sempurna, yang terdiri dari; nasi, sayur, lauk, buah, dan susu. Coba kita kupas lagi informasi ini dan mari kita bangkitkan ingatan Anda sehubungan dengan cara memilih makanan bernutrisi. Rumus makanan yang disebutkan tadi sebenarnya mencakup; karbohidrat, vitamin, protein, dan mineral – serta beberapa zat bermanfaat lainnya. Kebutuhan manusia akan makanan dibagi kedalam 3 golongan inti, yaitu; makanan sebagai zat tenaga, makanan sebagai zat pembangun, dan makanan sebagai zat pengatur. Apakah ini?

Pada umumnya karbohidrat merupakan zat yang tergolong dalam kategori sumber tenaga, sedangkan protein sering disebut sebagai sumber yang bermanfaat dalam membangun tubuh menjadi ideal, lalu vitamin serta mineral disebut sebagai sumber yang berguna dalam mengatur kinerja tubuh. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa yang disebut sebagai sumber tenaga tak hanya karbohidrat saja, sebenarnya protein dan lemak juga menjadi sumber tenaga. Tapi kedua zat ini seringkali menjadi sumber tenaga cadangan yang hanya bisa keluar saat tubuh Anda merasa terpaksa.

Karbohidrat tak hanya didapat dari nasi atau kentang saja, beberapa jenis umbi-umbian lainnya (seperti; singkong, ubi, talas) juga memilikinya – begitu pula dengan jagung, tepung-tepungan, gula, dan minyak. Sekarang Anda tak perlu heran dengan pilihan seseorang sewaktu memilih makanan. Bagi kebanyakan orang Asia sudah biasa mengonsumsi nasi atau bihun, bagi mereka yang berasal dari Eropa tentu lebih memilih roti atau makaroni. Namun, dari perbedaan ini ada persamaannya – semua butuh karbohidrat. Konsumsi makanan disertai dengan diet sehat sangat dianjurkan.

Baca juga  Tanda-Tanda Diet Tidak Sehat

Protein banyak tersedia dalam bentuk kacang-kacangan, daging, tahu-tempe, serta susu. Sedangkan sayur dan buah yang mengandung vitamin dan zat lainnya biasanya terlihat dari warna yang tampak menarik dan cenderung cerah. Tentu sewaktu anda memilih makanan bernutrisi, hendaknya cermat terhadap bahan-bahan kimia berbahaya yang bisa jadi ada pada sayur, buah, atau daging. Pilihlah bahan makanan yang segar dan segera olah bahan makanan itu, sehingga manfaat dan nutrisi yang terkandung didalamnya tidak terbuang sia-sia. Hal ini juga bagian dari diet sehat!

Setelah Anda mengetahui cara memilih makanan bernutrisi, Anda perlu berupaya untuk melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit setiap hari. Jalan cepat atau jogging sangat membantu Anda mengurangi kalori sebanyak 250 kalori dengan jangka waktu 30 menit setiap harinya. Ayo budayakan hidup sehat dan aktif sejak dini!

😡
☹️
😐
☺️
😍