• Home
  • Blog
  • Info Diet
  • Berat Badan Tidak Cepat Turun? Ini Dia List Obat Kurus Di Apotik Yang Manjur

Berat Badan Tidak Cepat Turun? Ini Dia List Obat Kurus Di Apotik Yang Manjur


By Nurul Kuntarti

Punya masalah berat badan? Sulit sekali untuk Anda bisa menurunkan berat badan dan mencapai berat badan ideal? Informasi kali ini pasti yang Anda cari. List obat kurus di apotik yang dinyatakan manjur. Siap siap menentukan pilihan.

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba mengupas lebih dalam perihal obat kurus atau penurun berat badan di pasaran. Bagaimana cara kerjanya, dan sejauh mana efeknya pada konsumen. Termasuk pula pilihan alami untuk menurunkan berat badan dengan efek yang lebih aman.

Kenapa Berat Badan Sulit Turun?

Masalah berat badan dan obesitas selalu menjadi topik penting yang dibicarakan dari masa ke masa. Obesitas memiliki efek negatif pada banyak aspek. Mulai dari aspek penampilan, kesehatan, kebugaran dan ketahanan tubuh.

Masalahnya mencapai berat badan ideal acapkali tidak sesederana mengucapkannnya. Tidak sedikit orang berhadapan dengan kegagalan meski sudah menjalankan diet dan olahraga yang rutin. Faktanya, masalah berat badan yang berlebihan memang tidak sesederhana pada faktor porsi makan yang berlebihan dan kurang olahraga.

Kadang mengatur asupan yang dikonsumsi tidak selalu berarti mengurangi asupan makanan, tetapi juga mengatur ulang pola makan dengan tepat. Bagaimana menjaga keseimbangan asupan yang tepat dan menentukan porsi dengan pas hingga menjaga kontinuitasnya.

Demikian pula dengan aktivitas berolahraga dan pengaruhnya pada berat badan. Jenis olahraga yang Anda pilih turut menentukan seefektif apa pengaruhnya pada penurunan berat badan.

Meski keduanya memiliki pengaruh, tetapi ada banyak aspek lain yang turut menentukan. Sebut saja seperti tingkat stress, pola istirahat, kondisi hormonal, masalah metabolisme,  kesehatan pencernaan, kesehatan hati dan lain sebagainya.

Dan ketika menurunkan berat badan dirasa tidak mudah dicapai. Maka terapi dengan obat acapkali ditempuh sebagai solusi. Faktanya Anda bisa menemukan sederet nama obat kurus di apotik yang bisa dengan mudah Anda peroleh.

Cara Kerja Obat Penurun Berat Badan

Bila Anda pergi ke apotik atau toko obat terdekat. Atau bila Anda membuka laman E-commerce, dengan mudah Anda akan menemukan obat pelangsing, obat penurun berat badan, obat diet atau obat kurus dari beragam merek dan bahan baku.

Anda bisa menemukan pilihan dari jenis obat obatan kimia sampai jenis herbal. Semua dengan klaim efektif menurunkan berat badan. Obat kurus di apotik pada umumnya bekerja dalam 3 pendekatan. Dan 3 pendekatan itu adalah sebagai berikut.

  • Menurunkan nafsu makan

    Karena gambaran umum dari bagaimana seseorang mengalami obesitas adalah karena kalori yang masuk lebih banyak dari kalori yang dikeluarkan tubuh, maka asumsi sederhana dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi asupan kalori.

    Dan ini dilakukan dengan mengurangi asupan makan yang masuk. Karena kalori yang masuk datang dari makanan yang kita konsumsi. Dengan menurunkan nafsu makan, maka selera untuk makan akan turun drastis. Sehingga jumlah makanan yang dikonsumsi juga akan turun. Artinya kalori yang masuk sudah pasti turut berkurang.

  • Mengurangi penyerapan lemak

    Cara pendekatan kedua dalam mengatasi masalah obesitas adalah dengan mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh. Penyerapan lemak terbanyak terjadi dalam pencernaan. Jadi biasanya kinerja dari obat kurus ini adalah dengan meningkatkan kelancaran pencernaan.

    Untuk mendapatkan manfaat terbaik, obat kurus di apotik ini akan mengandung banyak serat. Biasanya juga disertai sejumlah unsur yang sifatnya menetralkan lemak dalam makanan. Ini akan menurunkan daya serap lemak pada pencernaan.

  • Meningkatkan pembakaran lemak

    Cara terakhir yang dianggap efektif menurunkan berat badan adalah dengan meningkatkan pembakaran lemak. Cara kerjanya adalah memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga cadangan lemak tubuh dapat dioptimalkan sebagai energi.

    Biasanya terapi ini dilakukan dengan obat kurus yang mengandung unsur stimulasi metabolisme. Atau dengan mendorong unsur hormonal yang sifatnya mendorong metabolisme lebih aktif. Cara ini juga biasanya akan menyebabkan selera makan turun. Karena tubuh secara alami merespon produksi energi lebih yang terjadi dalam tubuh. Sehingga tubuh seperti tidak kehabisan energi dan rasa lapar tidak akan muncul.

masalah obesitas
obesitas (cloudinary/istock)

Jenis Jenis Obat Kurus Di Apotik

Untuk Anda yang tertarik mencoba penurunan berat badan dengan obat diet atau obat kurus. Berikut adalah sejumlah list obat kurus di apotik yang banyak direkomendasikan.

  • Phentermine

    obat penurun berat badan ini biasanya di pasaran dijual dalam merek Adipex-P, Lomaira dan Suprenza. Memiliki kesamaan dengan obat  amphetamine, bekerja sebagai obat yang menstimulasi pusat saraf, meningkatkan detak jantung, meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan metabolisme. Ini juga akan menurunkan selera makan.

    Kerap dianggap tidak sepenuhnya efektif dan cepat menurunkan berat badan. Justru kerap muncul keluhan seperti hipertensi, jantung berdebar, rasa gelisah, pembengkakan di kaki dan tangan, tremor dan lain sebagainya.

  • Liraglutide

    Biasanya dijual dalam sejumlah merek seperti Victoza atau Zaxenda, merupakan jenis obat yang bekerja pada fungsi endokrin. Liraglutide bekerja mempengaruhi sejumlah hormon dalam tubuh yang bekerja pada metabolisme gula dan lemak. Biasanya juga diberikan pada kasus diabetes.

    Produk ini kerap menimbulkan sejumlah efek samping seperti hipoglikemia, sakit kepala, konstipasi, pankreatitis, gangguan ginjal, gangguan hati, gangguan empedu, masalah pada kelenjar tiroid hingga tumor tiroid.

  • Qysmia

    Jenis obat kombinasi yang memadukan phentermine dan topiramate, biasanya diberikan sebagai resep penanganan obesitas yang juga berkaitan dengan diabetes, kolesterol tinggi dan hipertensi. Sifatnya bukan sebagai obat, tetapi terapi pendampingan pada obesitas.

    Karena berperan untuk meningkatkan metabolisme, ada resiko munculnya sejumlah efek samping seperti metabolic acidosis (kelebihan asam dalam tubuh), gangguan tekanan darah, hipoglikemia, lemah tulang, gangguan ginjal, diare, depresi dan lain sebagainya.

  • Bupropion dan naltrexone

    Biasa dijual dalam merek Contrave, produk ini sebenarnya bekerja sebagai anti depresan. Tetapi pengaruhnya cukup efektif dalam menurunkan selera makan. Kadang kedua bahan ini diberikan secara terpisah pada pasien dengan situasi khusus.

    Beberapa efek samping juga mungkin muncu karena mengonsumsi perpaduan kedua bahan kimia ini. Seperti efek sakit kepala,insomnia, kejang, gangguan penglihatan, gangguan hati, kuning,gangguan bipolar ringan, anxiety, ruam kulit, mulut kering hingga radang tenggorokan dan gangguan tekanan darah.

  • Oxandrolone

    Produk obat kurus di apotik satu ini biasanya dijual dalam merek Oxandrin. Merupakan jenis steroid buatan seperti steroid testosteron yang akan mendorong pembentukan otot secara alami. Biasanya membantu mengatasi kelebihan berat badan dengan membentuk lebih banyak otot dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

    Karena mempengaruhi hormon, beberapa orang mungkin akan mengalami gangguan hormonal. Dari yang paling ringan seperti jerawat dewasa, tumbuh bulu berlebihan dan peningkatan libido atau malah gangguan seksual. Tetapi juga bisa muncul keluhan pada tekanan darah, gangguan kencing hingga masalah liver.

  • Semaglutide

    Bahan kimia satu ini juga dikenal sebagai generik obat kurus di apotik. Dapat Anda jumpai dengan merek Wegovy, obat ini bekerja dengan menstimulasi produksi insulin. Sehingga dapat meningkatkan metabolisme energi dengan optimal. Juga bekerja menurunkan selera makan dengan memberi efek kenyang lebih panjang. Karena obat ini menghambat pembentukan senyawa ghrelin yang menjadi penyebab sinyal lapar.

    Hanya saja, efeknya bisa cukup berat pada beberapa orang. Karena konsumennya bisa menjadi sulit untuk lapar. Ini bisa memicu GERD atau asam lambung, sakit kepala, konstipasi, kram perut dan lain sebagainya. Pada beberapa kondisi, ini juga bisa memicu pankreatitis.

  • Orlistat

    Obat kurus di apotik ini bekerja dengan mencegah proses penyerapan lemak di dalam tubuh. Kerap diresepkan dalam merek Xenical, obat ini akan efektif menurunkan daya serap usus terhadap lemak yang ada dalam makanan.

    Hanya saja, Anda justru tidak disarankan mengonsumsi lemak sembarangan. Lemak yang tidak terserap akan menjadi masalah dalam pencernaan. Memicu penimbunan gas, konstipasi, kram perut, hingga gangguan pada peristaltik usus. Ada pula laporan mengenai gangguan liver terkait dengan obat ini.

Apakah Obat Kurus Di Pasaran efektif?

obat kurus di pasaran
(ceditutto/gettyimages)

Tidak ada kepastian sejauh mana efektivitas dari obat kurus dalam membantu menurunkan berat badan. Namun dalam garis besar, efeknya hanya pada kisaran 5% sampai 15%. Dan efek penurunan berat badannya sendiri baru dapat dilihat setelah periode panjang. Bahkan beberapa mencatatkan efek setelah masa konsumsi di atas 10 bulan.

Masalahnya, dengan efek relatif kecil namun potensi efek samping yang tidak ringan. Sejatinya terapi obat kurus ini tidak sepenuhnya bisa direkomendasikan. Kecuali Anda benar benar berada di bawah pengawasan medis.

Pendekatan Alami Atasi Berat Badan Sulit Turun

Berangkat dari pandangan bahwa obat kurus di apotik tidak sepenuhnya aman dan terekomendasikan. Maka konsep penurunan berat badan alami menjadi primadona. Dan konsep dasar penurunan berat badan alami adalah dengan menjalankan diet dan olahraga yang lebih tinggi intensitasnya. Tetapi, sebagaimana dijelaskan di atas, ide soal olahraga dan diet kadang tidak sesederhana yang terlihat.

Pada beberapa orang, menjalankan diet dan olahraga keras tidak sepenuhnya nyaman untuk dijalankan. Sedang pada beberapa orang sekedar diet dan olahraga tidak cukup efektif menurunkan berat badan.

Dan karena itu kemudian terapi dengan obat kurus di apotik yang berbasis herbal menjadi pilihan. Asumsinya, bahan herbal akan cenderung lebih aman dan bebas efek samping berat sebagaimana pada obat obatan kimia.

Padahal, asumsi ini tidak selalu benar. Ada banyak obat herbal yang bekerja sebagai pelangsing, tidak sepenuhnya aman dikonsumsi. Biasanya karena herbal yang digunakan mengandung unsur asam yang tinggi sehingga membahayakan lambung dan usus. Atau adanya kandungan fitokimia tertentu yang justru berpotensi menyerang liver dan empedu.

Itu sebabnya penting untuk memutuskan memilih jenis herbal yang sepenuhnya aman untuk dikonsumsi rutin. Memiliki efek baik terhadap penurunan berat badan, namun dengan cara yang tidak cukup keras untuk menyebabkan gangguan pada tubuh.

Noni untuk obat kurus
Livestrong/Gettyimages

Noni juice, terapi manjur turunkan berat badan

Siapa yang sangka buah yang dikenal dengan aroma tajamnya itu ternyata juga bisa bekerja sebagai herbal pelangsing. Mengkudu atau noni ternyata juga bisa menjadi pilihan untuk Anda dalam membantu menurunkan berat badan dengan lebih aman dan alami.

Bagaimana noni dapat berperan dalam menurunkan berat badan? Serta sejauh mana terapi dengan noni dapat dikatakan aman untuk dikonsumsi mereka dengan masalah obesitas? Kita akan mencoba menguaknya lebih dalam.

Untuk menurunkan berat badan, prinsip dasar yang perlu dipahami adalah bagaimana memastikan kalori yang masuk lebih sedikit dari kalori yang keluar. Sehingga tubuh secara otomatis akan menarik kalori cadangan yang tersimpan untuk mensupport kebutuhan kalori yang tidak terpenuhi. Ini yang akan membantu menurunkan berat badan.

Prinsip ini akan dioptimalkan dengan mengonsumsi noni juice. Karena kandungan anti oksidannya, tidak hanya bekerja dalam menurunkan level radikal bebas dan unsur karsinogen dalam tubuh. Tetapi terbukti bekerja dalam metabolisme tubuh dan fungsi penyerapan dalam usus.

Cara Kerja Noni Juice Sebagai Pelangsing


Noni atau Morinda citrifolia ini mengandung kadar serat tinggi. Serat ini membantu melancarkan pencernaan dan mengikat kelebihan lemak dalam pencernaan. Ini akan memudahkan lemak dalam pencernaan untuk keluar melalui feses. Sehingga proses penyerapan lemak dalam pencernaan dapat dikendalikan.

Noni juga baik untuk menurunkan kolesterol. Sedang tentu saja dipahami, bahwa kolesterol cukup berkolerasi dengan masalah obesitas. Hal ini ditegaskan dalam laporan Scientific World Journal tahun 2012.

Noni juga terbukti memberi efek menekan selera makan. Dalam penjelasan North American Journal of Medical Sciences tahun 2011, dijelaskan bahwa kandungan asam amino dan sejumlah fitokimia di dalamnya efektif menghambat produksi senyawa ghrelin. Senyawa ini diproduksi di otak dan membentuk respon lapar.

Meski demikian, noni secara alami tidak memberi efek buruk meski mencegah lapar. Karena dengan mengonsumsi noni, maka tubuh akan membentuk metabolisme tubuh yang lebih baik. Produksi insulin di optimalkan sehingga menstimulasi metabolisme gula darah menjadi energi. Ini membantu menjaga suport energi dalam tubuh meski kondisi tidak makan sebanyak biasanya.

Noni juga akan meningkatkan produksi energi dari lemak perut yang tersimpan. Sehingga dalam jangka tertentu dapat membantu mengecilkan lingkar perut. Meski untuk memaksimalkan penurunan lingkar perut tetap dibutuhkan latihan yang berpusat pada otot perut.

Masih dari jurnal yang sama, dijelaskan pula adanya pengaruh baik konsumsi noni terhadap proses pembentukan otot. Penurunan berat badan kadang tidak sesederhana menggeser jarum pada timbangan. Karena kadang berat badan mungkin terlihat turun, tetapi lingkar pinggang tidak banyak berubah.

Inilah peran dari noni, dengan mendorong pembentukan massa otot. Mengalihkan kelebihan berat badan yang didominasi oleh lemak menjadi otot, sehingga proses penurunan berat badan juga akan disertai dengan mengencangnya otot. Sehingga lingkar pinggang dapat turut berkurang.

Cara Aman Menjadi Kurus Dengan Noni Juice


Yang kemudian menjadi pertanyaan, bagaimana cara untuk mendapatkan efek optimal dari obat kurus di apotik berbahan herbal noni dengan meminimalisir potensi efek samping yang ada.

Dikatakan bahwa mengonsumsi noni sejatinya aman meski dilakukan dalam jangka panjang. Hanya saja, terapi ini perlu dilakukan dalam dosis yang tepat dan rutin untuk hasil terbaik dan aman. Dosis yang berlebihan bagaimanapun tetap dapat memberi potensi efek samping.

Rekomendasi paling aman dalam mengonsumi obat kurus di apotik berbahan noni adalah 750 mg perhari. Ini berlaku untuk produk ekstraksi noni juice. Sedang untuk buahnya sendiri, setidaknya Anda mengonsumsi dalam dosis 2 gram perhari.

Sumber

obat kurus di apotik:

Michael W. Smith, MDP. WebMD. 2020. rescription Weight Loss Drugs. https://www.webmd.com/diet/obesity/weight-loss-prescription-weight-loss-medicine#1

Leigh Ann Anderson, PharmD. Drugs. 2021. Weight Loss and Diet Pills: Options to Know. https://www.drugs.com/article/prescription-weight-loss-drugs.html

Amrita. Roy. M. Sc., PGDBA. Medindia. How To Loose Weight With Noni Juice.  https://www.medindia.net/dietandnutrition/how-to-lose-weight-with-noni-juice-drink-up-now.htm

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>