7 Cara Alami untuk Mencegah Flu


By Cindy Wijaya

Pilek dan flu boleh dibilang merupakan penyakit segala umat. Karena saking banyaknya orang dari segala bangsa dan kalangan usia pernah menderita flu. Orang-orang khususnya jadi rentan flu ketika musim hujan tiba. Bagaimanca caranya untuk mencegah flu?

Sampai saat ini belum terdapat obat khusus untuk mengobati pilek atau flu. Obat-obat yang tersedia saat ini berfokus untuk mengurangi gejala-gejala flu yang tidak mengenakkan. Biasanya untuk menyembuhkan flu, seseorang hanya butuh banyak istirahat dan minum air atau cairan lain. Namun tetap saja, gejala-gejala flu bisa membuat Anda tidak berdaya menjalankan aktifitas. Sebelum Anda terserang flu, ada baiknya untuk mengikuti langkah-langkah mencegah flu berikut:

Biasakan Cuci Tangan

Flu dan pilek kebanyakan menyebar melalui kontak langsung. Mereka yang terinfeksi flu mungkin bersin dan ditutupi tangannya, ia kemudian menyentuh telepon, keyboard, atau gagang pintu. Kuman-kuman itu dapat hidup selama berjam-jam seolah menunggu mangsa berikutnya untuk menyentuh benda yang terkontaminasi. Jadi, cucilah tangan Anda sesering mungkin dengan sabun dan air, atau menggunakan hand sanitizer.

Jangan Tutupi Bersin atau Batuk dengan Tangan

Jika Anda melakukannya, kuman dan virus akan menempel di tangan sehingga mengorbankan orang lain yang Anda sentuh untuk ikut tertular flu. Sebaliknya, gunakanlah tisu yang harus dibuang setelahnya. Jika tidak ada tisu, arahkan batuk atau bersin ke bagian dalam siku tangan.

Jangan Sentuh Wajah

Virus flu dan pilek memasuki tubuh melalui mata, hidung, atau mulut. Dan anak-anak paling sering tertluar flu akibat suka menyentuh bagian-bagian wajah.

Lakukan Olahraga Aerobik secara Rutin

Latihan aerobik dapat mempercepat proses pengiriman darah ke seluruh tubuh—ini membuat Anda bernapas lebih cepat guna mengirim oksigen dari paru-paru ke darah. Olahraga juga membuat Anda lebih banak berkeringat karena temperatur tubuh yang naik. Kesemuanya itu dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel pembunuh virus alami dalam tubuh.

Baca Juga:  Cermati Gejala-Gejala Flu Berikut Ini!

Konsumsi Makanan yang Mengandung Fitokimia

“Fito” memaksudkan tumbuhan, dan bahan kimia alami pada tumbuhan memberikan vitamin-vitamin yang jauh lebih efektif dibandingkan pil-pil suplemen. Jadi, singkirkan pil-pil itu dan makanlah sayuran dan buah-buahan yang beraneka warna.

Jangan Merokok

Statistik menunjukkan bahwa perokok berat menderita flu yang lebih parah dan lebih sering. Bahkan sekadar berada di sekitar asap rokok dapat secara signifikan merusak sistem kekebalan tubuh. Asap mengeringkan hidung dan melumpuhkan silia—bulu-bulu halus yang melapisi selaput lendir hidung dan paru-paru. Silia berfungsi menyapu virus flu keluar dari dalam hidung dengan gerakan bergelombangnya. Para ahli meyakini bahwa satu batang rokok bisa melumpuhkan silia selama 30-40 menit.

Rileks

Seseorang yang berusaha rileks cenderung memiliki sistem kekebalan yang kuat. Ada bukti yang menunjukkan ketika Anda menghadapi masalah dengan rileks, kadar interleukin—pemimpin respon sistem kekebalan terhadap virus flu—meningkat dalam aliran darah. Latihlah kemampuan untuk rileks dengan membayangkan gambar yang menyenangkan atau menenangkan, seperti pemandangan pantai.

Dengan menerapkan ketujuh langkah mencegah flu ini, dijamin Anda pasti lebih jarang terserang flu. Bukan hanya flu saja yang ditangkal, tapi dengan langkah-langkah ini berbagai virus lain pun seolah enggan menghampiri Anda.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}