6 Herbal Pilihan untuk Meningkatkan Stamina Tubuh

568
goalcast.com

Diedit:

Punya stamina yang mumpuni membantu Anda agar sanggup menjalani berbagai aktivitas fisik sepanjang hari, tanpa merasa terlalu letih. Yang terutama membutuhkan stamina tubuh yang tinggi adalah para atlet. Tapi kita semua tentunya akan sangat terbantu menjalani kegiatan sehari-hari jika punya daya tahan tubuh yang bagus.

Stamina yang fit memungkinkan kita untuk beraktivitas fisik, bahkan yang berat sekalipun, untuk waktu yang cukup lama. Selain itu juga membuat kita mampu tahan menghadapi hari-hari yang sibuk tanpa menjadi terlalu stres.

Seseorang bisa punya stamina yang rendah karena disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya karena kurang aktif secara fisik, kebanyakan konsumsi alkohol dan alkohol, terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, kurang tidur, terlalu stres, dehidrasi, atau pola makan yang buruk.

Faktor lain penyebab berkurangnya stamina dan energi adalah masalah kesehatan, seperti misalnya pilek, alergi, tiroid yang kurang aktif atau terlalu aktif, obesitas, diabetes, atau bahkan kanker. Selain itu, seorang wanita yang sedang hamil juga mungkin jadi gampang merasa lelah.

Kalau Anda merasa capek atau kurang bertenaga setelah melakukan aktivitas fisik yang berat, itu adalah hal yang wajar. Tapi kalau hampir selalu merasa kurang berstamina, itu baru masalah yang harus dikhawatirkan.

Anda sebaiknya cari tahu penyebabnya dan coba atasi dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup. Anda juga bisa meningkatkan stamina tubuh dengan bantuan sejumlah bahan-bahan alami. Berikut adalah 10 cara meningkatkan stamina tubuh yang patut dipraktikkan.

Noni Juice

Noni juice adalah sari dari buah Noni. Buah ini memiliki seluruh komponen bahan baku glutathion yang dijuluki sebagai ‘super antioksidan’. Mengapa? Karena senyawa antioksidan glutathion berperan dalam membantu mendorong efektivitas produksi energi berkat kesanggupannya meningkatkan pembakaran serta merangsang daya serap sel terhadap glukosa.

Baca juga:  16 Manfaat Herbal Mengejutkan dari Lada Hitam!

Glutathion juga membantu mengoptimalkan penyerapan sumber nutrisi serta penyalurannya sehingga nutrisi dapat dengan baik disalurkan ke seluruh tubuh. Jika produksi energi lebih efisien dan penyerapan serta penyalurannya lancar, maka tubuh Anda akan dibantu meningkatkan tingkat energi dan staminanya.

Lihat juga artikel: Manfaat Noni Juice

Untuk meningkatkan stamina tubuh, dianjurkan orang dewasa meminumnya dengan takaran 50 ml sebanyak 2 kali sehari. Sedangkan anak-anak dianjurkan untuk meminumnya dengan takaran 2 sendok makan, 2 kali sehari.

Tongkat Ali

Tongkat Ali sanggup mengoptimalkan proses pelepasan kelenjar Tyroxine, yang bertugas mengatur sistem metabolisme tubuh. Dengan begitu tubuh akan dibantu memproduksi energi (pembakaran kalori) secara lebih efektif serta membantu menghancurkan lemak, sehingga juga akan menyempurnakan fungsi organ-organ tubuh.

Di samping itu, Tongkat Ali juga dapat meningkatkan produksi molekul Adenosina trifosfat (ATP) yang berguna dalam pembentukan energi serta stamina tubuh, tanpa efek samping merugikan seperti gelisah atau insomnia.

Dan ada manfaat khusus dari Tongkat Ali bagi pria dewasa, yakni meningkatkan stamina seksual mereka. Herbal ini mengandung unsur biologi aktif yang disebut EuryPeptides. Unsur ini sanggup meningkatkan DHEA dan merangsang produksi hormon testosteron bebas, sekaligus menekan hormon penghambatnya, SHBG.

Testosteron akan memperlancar metabolisme dalam tubuh sehingga mendongkrak gairah seksual (libido) pria. Selain itu, herbal ini secara fisiologis juga bisa memperlancar sirkulasi darah pada sistem saraf pusat. Sehingga juga melancarkan peredaran darah pada organ vital pria. Khasiat inilah yang memungkinkan Tongkat Ali mampu meningkatkan stamina seksual pria.

Lihat juga artikel: Khasiat Tongkat Ali

Tongkat Ali sudah tersedia dalam bentuk kapsul ekstrak yang mudah dikonsumsi. Untuk membantu meningkatkan stamina seksual maupun secara keseluruhan, dianjurkan untuk meminum dengan dosis 2 kapsul sebanyak 3 kali sehari.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bermanfaat dalam meningkatkan stamina dan tingkat energi. Dengan kandungan lemak sehat, khususnya MCT (medium-chain triglyceride), yang mudah dicerna dan dapat digunakan sebagai sumber energi langsung.

Ditambah lagi, minyak kelapa juga sehat bagi jantung dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta kesehatan secara keseluruhan. Jika dikonsumsi secukupnya juga tubuh dibantu untuk menghilangkan lemak perut.

Anda bisa mengonsumsi 1 – 2 sendok makan minyak kelapa extra-virgin setiap hari. Anda juga bisa menambahkannya ke dalam smoothie atau kopi di pagi hari. Juga bisa digunakan untuk memanggang makanan.

Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan alami lain untuk mengatasi kelelahan. Cuka apel membantu meng-’alkali’ tubuh sehingga memungkinkan Anda tetap merasa bertenaga. Selain itu, cuka apel juga dipenuhi dengan kandungan elektrolit yang juga mampu meningkatkan stamina tubuh.

Campurkan 1 sendok makan cuka apel raw, unfiltered dengan sedikit madu murni ke dalam segelas air. Minumlah dua kali sehari.

Kunyit

Rempah kuning terang ini mengandung senyawa bernama kurkumin, yang menyimpang banyak manfaat kesehatan. Kemampuan anti-inflamasi yang dimilikinya membantu mengurangi kelelahan fisik untuk mengembalikan tingkat energi Anda.

Baca juga:  Kandungan dan Khasiat Menakjubkan Pasak Bumi

Juga mempersingkat waktu yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki diri, sehingga mempercepatnya untuk mencapai tingkat kinerja dan daya tahan puncaknya. Bahkan juga dapat mengoptimalkan proses perbaikan otot setelah beraktivitas.

Minumlah segelas susu kunyit setiap hari. Untuk membuatnya, Anda bisa mencampurkan ½ sampai 1 sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu yang sedang dididihkan di dalam panci. Tutup panci dan biarkan mendidih selama 5 menit. Lalu matikan api, tuangkan ke dalam gelas dan tambahkan madu murni secukupnya.

Teh Hijau

Secangkir teh hijau panas akan menyegarkan hari Anda karena meningkatkan stamina dan tingkat energi Anda. Kandungan polifenol yang dimilikinya membantu menghilangkan kelelahan, mengurangi tingkat stres, serta memperbaiki kualitas tidur.

Berdasarkan jurnal penelitian tahun 2005 yang dirilis American Physiology Society, konsumsi teh hijau secara rutin akan menaikkan daya tahan untuk berolahraga sampai maksimal sebanyak 24 persen.

Masukkan 1 sendok teh daun teh hijau asli ke dalam segelas air panas. Tutup gelas dan biarkan selama 5 menit. Saring, tambahkan sedikit madu murni, dan minumlah teh hijau ini 2 – 3 kali sehari.
Efek positif yang ditimbulkan herbal biasanya baru akan terlihat setelah mengonsumsinya secara rutin selama beberapa waktu. Jadi disarankan untuk mengonsumsi salah satu herbal pilihan Anda selama setidaknya 1 – 3 bulan sampai Anda merasakan hasil yang memuaskan.

Ingatlah bahwa buruknya stamina tubuh sedikit-banyak disebabkan oleh gaya hidup yang selama ini Anda jalani. Jadi kalau Anda selama ini sering makan sembarangan atau makan yang tidak sehat, kurang aktif secara fisik, kurang minum, kurang tidur, atau punya kebiasaan buruk lain, cobalah sebisa mungkin mengubah gaya hidup seperti itu.

Pola makan dan gaya hidup sehat akan bekerja-sama dengan sangat baik bersama dengan konsumsi herbal dalam meningkatkan stamina tubuh. Setelah beberapa waktu menjalaninya, Anda pasti akan menyadari berbagai perubahan positif yang menandakan bahwa stamina dan tingkat energi tubuh Anda sudah meningkat dengan baik.

Advertisement
Alinesia