Tongkat Ali Obat Kuat Alami Pria dengan Manfaat Terlengkap


By Cindy Wijaya

Tongkat Ali secara tradisional digunakan sebagai afrodisiak atau obat kuat alami, yaitu jamu untuk kejantanan pria. Namun kini penelitian modern menunjukkan bahwa herbal ini ternyata punya manfaat yang lebih luas, dan tak terkecuali pada wanita. Sedikitnya ada 4 manfaat utama Tongkat Ali yang telah diselidiki yaitu untuk testosteron, libido & kesuburan, stres & mood, dan kekuatan otot.

Apa itu Tongkat Ali? Ini adalah herbal akar-akaran yang berasal dari tumbuhan dengan nama ilmiah Eurycoma longifolia. Tumbuhan ini tumbuh di hutan-hutan beberapa negeri Asia Tenggara, terutama di Indonesia dan Malaysia.

Bagian-bagian tumbuhan Tongkat Ali juga digunakan untuk kesehatan, tapi yang paling populer adalah bagian akarnya. Manfaat kesehatan dari tumbuhan herbal ini kemungkinan besar berasal dari beragam kandungan yang dimilikinya.

Bagian akar Tongkat Ali mengandung sejumlah kandungan yang punya efek berbeda-beda pada tubuh kita. Para ahli mendapati kandungan-kandungan senyawa seperti eurycomanone, eurycomanol, eurycomalactone, phenolic components, tannin, quanissoid dan triterpene.

Kemungkinan besar kandungan senyawa dalam Tongkat Ali lah yang menjadikannya herbal berkhasiat komplet untuk menunjang kehidupan aktif Anda: testosterone restorer & maintainer, afrodisiak, mood booster, dan suplemen olahraga/fitness.

Mengoptimalkan dan Memelihara Kadar Testosteron

Tongkat Ali merupakan suplemen yang sangat baik untuk memulihkan dan menjaga kadar testosteron, baik bagi pria dewasa muda maupun yang sudah berumur/lansia, dan baik bagi seorang atlet/penggemar olahraga maupun yang gaya hidupnya biasa saja.

Mengapa? Karena herbal ini punya cara kerja sebagai “pemelihara” (maintainer) dan “pemulih” (restorer) kadar testosteron. Ini memungkinkan kadar testosteron yang tadinya berada di kisaran rendah kembali naik ke kisaran yang optimal dan tepat, sesuai kebutuhan tubuh Anda.

Bila kadar testosteron optimal, Anda akan punya lebih banyak energi, mood lebih stabil, lebih fokus, lebih sanggup membentuk & mengembangkan otot, lebih gampang mengurangi lemak tubuh, dan lain sebagainya.

Manfaatnya ini juga bermanfaat bagi wanita, sebab tubuh wanita juga membutuhkan testosteron meski dalam jumlah jauh lebih sedikit daripada pria. Hormon ini berperan dalam menjaga kesehatan tulang, kondisi payudara, kesuburan, gairah seksual, dan kondisi vagina pada wanita.

Baca di sini tentang penjelasannya dan bukti-bukti dari penelitiannya: Tongkat Ali Mengoptimalkan & Memelihara Kadar Testosteron Anda

Sebagai testosterone restorer & maintainer, Tongkat Ali efektif memulihkan dan memelihara kadar testosteron Anda ke tingkat yang optimal. Karena itu herbal ini sangat diminati oleh orang dewasa paruh baya yang ingin merasakan kembali stamina dan semangat seperti di masa muda.

Memperbaiki Libido Seksual dan Kesuburan

Kadar testosteron erat kaitannya dengan libido dan kesuburan seorang pria. Manfaatnya sebagai pemelihara dan pemulih testosteron mungkin salah satu alasan kenapa Tongkat Ali punya reputasi sebagai herbal afrodisiak. Afrodisiak ialah kemampuan untuk meningkatkan hasrat, gairah, perilaku, performa, dan kesenangan seksual.

Sebagai herbal obat kuat alami, Tongkat Ali punya khasiat lengkap: pemulihan frigiditas, pemulihan disfungsi ereksi, dan pemulihan infertilitas.

Pemulihan frigiditas ditandai dengan meningkatnya libido dan gairah seksual. Penggunaan Tongkat Ali secara rutin terbukti meningkatkan hasrat terhadap hubungan seks dan frekuensi berhubungan seks dari seorang pria.

Pemulihan disfungsi ereksi terlihat dari meningkatnya kualitas ereksi. Tongkat Ali terbukti punya dua efek utama terhadap ereksi, yaitu memperkeras ereksi penis dan mempertahankan ereksi lebih lama.

Dan pemulihan infertilitas ditunjukkan dengan membaiknya kesuburan sperma. Tongkat Ali terbukti bisa sangat memperbaiki konsentrasi dan motilitas sperma. Konsentrasi sperma adalah seberapa pekat jumlah sperma yang ada dalam air mani. Motilitas sperma adalah seberapa baik pergerakan sperma dalam mencapai sel telur.

Baca di sini tentang penjelasannya dan bukti-bukti dari penelitiannya: Pria Dewasa, Mau ‘Keras & Tahan Lama’? Minum Tongkat Ali!

Tongkat Ali sudah ribuan tahun dikenal sebagai herbal afrodisiak. Kini berbagai penelitian modern menunjukkan bahwa herbal ini terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan libido dan kesuburan. Bagi Anda pria dewasa yang sudah menikah, herbal ini dapat membuat kehidupan seksual yang memuaskan Anda dan pasangan.

Menenangkan Stres & Menstabilkan Mood

Selain sebagai afrodisiak, para ahli herbal menganggap Tongkat Ali sebagai adaptogen. Herbal adaptogen adalah herbal yang sanggup membantu tubuh beradaptasi terhadap berbagai jenis stres, termasuk stres psikologis, biologis, dan fisik.

Tongkat Ali tepat dijadikan suplemen harian untuk membantu tubuh menyesuaikan diri dengan macam-macam situasi dalam kehidupan, sehingga tingkat stres dijaga tetap seimbang dan mood pun akan lebih baik.

Keadaan mood yang lebih baik akan menghasilkan ketenangan, pengendalian emosi, dan fokus yang lebih baik. Sedangkan tingkat stres yang menurun akan ditandai dengan berkurangnya kadar hormon kortisol dalam tubuh.

Bahkan khasiat Tongkat Ali dirasakan oleh orang yang sangat sibuk, menghabiskan banyak waktu untuk bekerja. Herbal ini tetap mampu menyeimbangkan mood dan mengendalikan tingkat stres mereka.

Mereka yang sering merasa cemas juga dapat memanfaatkan herbal ini. Tongkat Ali diketahui memiliki efek ansiolitik (anti-kecemasan) yang sebanding dengan obat diazepam, yang umum digunakan untuk mengobati gangguan kecemasan.

Baca di sini tentang penjelasannya dan bukti-bukti dari penelitiannya: Tenangkan Stres & Stabilkan Mood Anda dengan Tongkat Ali

Tongkat Ali adalah suplemen mood booster yang akan mengendalikan tingkat stres dan menstabilkan mood Anda, sehingga Anda akan merasa lebih tenang, tidak mudah emosi, dan lebih fokus. Ini sangat cocok bagi Anda yang menjalani banyak aktivitas harian yang menguras pikiran, emosi, dan tenaga.

Membangun Kekuatan Otot

Banyak olahragawan dan penggemar olahraga yang mengonsumsi suplemen Tongkat Ali untuk mendapat manfaat ergogeniknya. Ergogenik maksudnya adalah kemampuan meningkatkan kekuatan otot dan performa fisik.

Sedikitnya ada tiga hal yang dapat dirasakan dari manfaat ergogenik Tongkat Ali: peningkatan kekuatan otot, peningkatan massa tubuh tanpa lemak (lean body mass), dan pengurangan massa lemak tubuh (body fat).

Herbal ini sangat tepat dijadikan suplemen olahraga/fitness, selain sebagai obat kuat alami, karena dapat membuat latihan fisik Anda menghasilkan peningkatan yang lebih efektif.

Tak terkecuali bagi Anda yang sudah berumur atau bahkan lansia, Anda juga akan memperoleh manfaat ergogenik herbal ini. Ini tentunya bermanfaat karena massa otot cenderung berkurang seraya usia menua.

Bagi para atlet profesional juga tak perlu khawatir, karena Tongkat Ali tidak termasuk doping. Penggunaan Tongkat Ali sebagai suplemen telah diselidiki dan dibuktikan tidak melanggar peraturan tentang doping yang ditetapkan oleh International Olympic Committee (IOC).

Baca di sini tentang penjelasannya dan bukti-bukti dari penelitiannya: Bangun Kekuatan Otot Lebih Maksimal dengan Tongkat Ali

Tongkat Ali sangat baik dijadikan suplemen olahraga/fitness karena manfaatnya dalam meningkatkan hasil latihan fisik, dengan peningkatan yang lebih baik pada massa dan kekuatan otot Anda. Tak heran herbal ini populer di kalangan atlet dan penggemar olahraga.

Tak Perlu Ragu dengan Tongkat Ali, Khasiatnya Sudah Teruji di Seputar Dunia

Sebelum memutuskan untuk mencoba suplemen herbal Anda kemungkinan besar akan memeriksa ulasan dan rekomendasi dari orang-orang yang telah lebih dulu mengonsumsinya.

Sama halnya dengan Tongkat Ali, apakah Anda ingin tahu bagaimana herbal ini berkhasiat pada para penggunanya? Berikut adalah beberapa ulasan terbantu dari para pengguna Tongkat Ali di berbagai negara, yang didokumentasikan di situs web WebMD, sebuah situs kesehatan independen.

Kami sengaja mengambil ulasan para pengguna Tongkat Ali dari situs web WebMD, karena mereka yang memberikan ulasan tidak boleh berpromosi dengan menyebutkan nama merek produk Tongkat Ali yang dikonsusmsi, sehingga testimoni yang diberikan dapat benar-benar dipercaya bukan sebagai sarana iklan.

“Saya minum Tongkat Ali 2 kali sehari selama 10 hari, lalu jeda 5 hari. Sekitar di hari ke-22 atau ke-23, untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun, saya bisa berhubungan seks tanpa viagra dengan istri saya. Bulan ke-2 dan ke-3 benar-benar meningkat efeknya. Tongkat Ali memang herbal yang mantap.”
—Dari pengguna Dave, 65-74 tahun. Mengonsumsi selama lebih dari 1 bulan*

“Sejak beberapa bulan lalu saya sudah konsumsi Tongkat Ali, dan harus diakui rasanya luar biasa. Setelah beberapa minggu, saya bisa selesaikan lebih banyak pekerjaan di siang hari dan masih bisa lanjut kerja sebelum merasa lelah. Juga, libido dan dorongan seksual saya meningkat pesat. Sejauh ini tidak ada efek samping dari penggunaannya.”
—Dari pengguna usia 55-64 tahun. Mengonsumsi selama lebih dari 1 bulan*

“Tongkat Ali bekerja dengan baik pada tubuh saya, saya merasa lebih bertenaga, juga merasakan gairah seks yang meningkat. Tekanan darah saya juga turun. Secara keseluruhan herbal ini benar-benar bermanfaat.”
—Dari pengguna grw, 45-54 tahun. Mengonsumsi selama 8 bulan*

“Pertama kali saya mengonsumsinya, saya mendapati bahwa tubuh 86 tahun saya terasa berubah seperti 35 tahun. Hanya saja, ketika saya mulai tidak mengonsumsinya dengan teratur, pengaruhnya juga menurun. Sepertinya saya perlu mengonsumsinya secara teratur untuk beberapa bulan berikutnya guna mendapatkan hasil yang maksimal.”
—Dari pengguna freedot, 86 tahun. Mengonsumsi selama 1 bulan*

“Saya minum Tongkat Ali 5 hari dalam seminggu. Di usia 60 tahun ereksi saya bisa lebih keras dan lebih gemuk dan banyak lagi. Bahkan saya bisa spontan ereksi di siang hari. Latihan olahraga saya juga jauh lebih produktif dan malamnya bisa tidur nyenyak seperti bayi. Saya meminumnya bersama ekstrak fenugreek dan nettle root, yang keduanya membantu produksi testosteron dan memblokir aromatase.”
—Dari pengguna db_allyn, 55-64 tahun. Mengonsumsi selama lebih dari 6 bulan*

“Saya berusia 56 tahun dan sudah lama mengeluhkan kemampuan seksual saya. Ketika saya mengonsumsi Tongkat Ali, saya mendapati peningkatan performa tubuh yang lebih baik seperti di usia 30 tahunan. Energi tubuh saya membaik, dan saya masih meneruskan konsumsi selama lebih dari 2 tahun dengan dosis sedang tanpa efek samping apa pun pada tubuh saya.”
—Dari pengguna usia 56 tahun. Mengonsumsi selama lebih dari 2 tahun*

“Awalnya saya beli untuk pertumbuhan otot dan ternyata ada manfaat lain juga. Saya bukan cuman sanggup olahraga lebih lama dan lebih intens, tapi juga fungsi organ seksual saya jadi lebih kuat dan tahan lama. Efeknya untuk performa seksual benar-benar hebat. Saya jadi lebih punya banyak energi, kekuatan, dan peningkatan seksual. Rasanya jadi 25 tahun lebih muda dari usia sebenarnya!
—Dari pengguna Kevin42057, 55-64 tahun. Mengonsumsi selama lebih dari 2 tahun*

“Teman saya sarankan salah satu porduk Tongkat Ali. Saya rasakan perbedaan hanya setelah beberapa kapsul pertama yang saya konsumsi. Itu benar-benar meningkatkan mood dan produktivitas saya di tempat kerja, bahkan tidak merasa lelah sehingga saya bisa punya lebih banyak waktu berkualitas bersama keluarga. Poin plusnya, produk itu bersertifikat halal, jadi sebagai seorang Muslim saya tidak ragu dan khawatir tentang bahannya.”
—Dari pengguna Hakeem, 25-34 tahun. Mengonsumsi selama lebih dari 1 bulan*

“Saya sudah gunakan Tongkat Ali selama 3 tahun terakhir, 1 kapsul satu jam sebelum aktivitas seksual dan saya puas dengan efeknya. Efeknya bertahan setidaknya 24 jam tanpa efek samping. Meski punya tekanan darah tinggi dan diabetes, tapi tidak kontraindikasi dengan Tongkat Ali. Saya sudah coba yang lain, dan Tongkat Ali lah yang terbaik.”
—Dari pengguna usia 55-64 tahun. Mengonsumsi selama 3 tahun*

“Dari pengalaman lebih dari 2 tahun mengonsumsi 500 mg suplemen ini, hasilnya beragam dari baik hingga sangat baik. Saya 64 tahun dan benar-benar tidak pernah punya masalah dengan performa seksual dan saya tidak merasakan efek samping.”
—Dari pengguna Stephanplatz, 55-64 tahun. Mengonsumsi selama lebih dari 2 tahun*

“Saya pria 44 tahun yang ingin punya performa lebih baik. Jadi saya mengonsumsi produk yang mengandung Eurycoma longifolia. Saya mengonsuminya sudah satu bulan lebih sedikit dan merasakan banyak peningkatan energi, dan performa seksual saya mencapai yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir.”
—Dari pengguna usia 34-44 tahun. Mengonsumsi selama lebih dari 1 bulan*

“Saya sangat rekomendasikan suplemen Tongkat Ali. Saya pilih suatu produk Tongkat Ali yang berkualitas dan asli dalam bentuk kapsul, yang lebih bagus dari produk olahan bubuk. Kapsul ini lebih mudah dikonsumsi sebelum makan. Sejauh ini saya sudah mengonsumsi sampai minggu kedua, saya bisa lihat perbedaannya, dimana saya jadi lebih bertenaga dan tidak langsung istirahat setelah pulang kerja.”
—Dari pengguna Igoolo, 35-54 tahun. Mengonsumsi selama kurang dari 1 bulan*

*) Disclaimer: Hasil yang diperoleh bisa berbeda-beda tergantung kondisi tubuh masing-masing pengguna.

Sudah jelas, bukan?

Konsumsi Tongkat Ali terbukti secara ilmiah dan teruji oleh para penggunanya yang sudah banyak. Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya sebagai suplemen harian untuk obat kuat alami mendukung kehidupan Anda yang aktif.

Tapi apakah herbal ini aman bila dikonsumsi setiap hari, terlebih dalam jangka panjang? Tenang saja, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi Tongkat Ali aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh, meski dikonsumsi dalam jangka panjang. Namun dengan catatan: tidak melebihi dosis minum harian yang disarankan.

Jika diminum secara teratur, dari mulai bangun pagi Anda akan merasakan mood lebih baik, lanjut ke siang hari dengan energi yang penuh sampai sore hari, hingga malam pun Anda tetap punya stamina, yang tentunya bermanfaat bagi Anda yang sudah menikah untuk menghabiskan malam bersama pasangan.

Dalam melakukan aktivitas atau pekerjaan sehari-hari pun, Anda akan dibantu untuk lebih berkonsentrasi dan sanggup menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Bagi Anda yang gemar olahraga atau seorang atlet, Anda juga bisa merasakan bahwa latihan fisik Anda membuahkan hasil lebih optimal, dengan peningkatan pada massa dan kekuatan otot.

Tidak soal apakah Anda seorang yang masih muda atau sudah berumur, aktif secara fisik atau biasa-biasa saja, atau apakah sudah menikah, Tongkat Ali dapat membuat Anda menikmati hidup yang lebih aktif dan memuaskan.

Sumber

Sumber Referensi:

Henkel, R. R., Wang, R., Bassett, S. H., Chen, T., Liu, N., Zhu, Y., & Tambi, M. I. (2014). Tongkat Ali as a potential herbal supplement for physically active male and female seniors–a pilot study. Phytotherapy research : PTR, 28(4), 544–550. URL: https://doi.org/10.1002/ptr.5017

Udani, J. K., George, A. A., Musthapa, M., Pakdaman, M. N., & Abas, A. (2014). Effects of a Proprietary Freeze-Dried Water Extract of Eurycoma longifolia (Physta) and Polygonum minus on Sexual Performance and Well-Being in Men: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Study. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM, 2014, 179529. https://doi.org/10.1155/2014/179529

Tambi, M. I., & Imran, M. K. (2010). Eurycoma longifolia Jack in managing idiopathic male infertility. Asian journal of andrology, 12(3), 376–380. https://doi.org/10.1038/aja.2010.7

Talbott, S. M., Talbott, J. A., George, A., & Pugh, M. (2013). Effect of Tongkat Ali on stress hormones and psychological mood state in moderately stressed subjects. Journal of the International Society of Sports Nutrition, 10(1), 28. URL: https://doi.org/10.1186/1550-2783-10-28

Hamzah, S.H. (2003). The ergogenic effects of Eurycoma longifolia Jack: A pilot study. British Journal of Sports Medicine 2003;37:464–470. URL: http://dx.doi.org/10.1136/bjsm.37.5.464

WebMD. User Reviews for eurycoma longifolia. URL: https://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientreview-1132-eurycoma-longifolia

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>