5 Pengobatan Alternatif Kolesterol Tinggi

939

Beberapa orang memilih untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi dengan rutin konsumsi suplemen dan herbal daripada pengobatan medis. Karena itu ada sejumlah pendapat yang berbeda mengenai keefektivan dari pengobatan-pengobatan alternatif. Meskipun sudah banyak bukti yang mendukung efektivitas pengobatan alternatif kolesterol, namun perlu diakui riset ilmiah-nya masih terbatas.

Jika Anda mempertimbangkan pengobatan alternatif, disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba jenis metode pengobatan atau suplemen apapun. Sejumlah herbal bisa berkontradiksi dengan obat-obat kimia yang sedang dikonsumsi sehingga bisa menimbulkan efek samping berbahaya.

Sterol dan Stanol (Pitosterol)

Jenis-jenis makanan tertentu, seperti margarin dan jus jeruk, biasanya dilengkapi dengan kandungan sterol. Sterol merupakan suatu kelompok zat yang dinamakan fitokimia yang secara alami terdapat dalam tanaman dan beberapa jenis makanan, misalnya: kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, buah-buahan, dan sayuran.

Zat tersebut diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol. Sebuah penelitian yang dimuat pada The American Journal of Cardiology memperlihatkan bahwa 2 sampai 2,5 gram sterol dalam sehari dapat mengurangi kadar kolesterol “jahat” LDL sebanyak 10-14 persen.

Angkak

Angkak dikenal mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida (lipid darah atau asam lemak) dalam darah. Kandungan yang berpengaruh dalam menurunkan kolesterol ialah kandungan monacolin. Kandungan ini menghambat pembentukan kolesterol. Sebenarnya, sejenis monacolin yang dinamakan lovastatin merupakan kandungan aktif dalam beberapa jenis obat kolesterol.

Niacin

Berdasarkan penuturan oleh situs kesehatan Mayo Clinic, niacin dapat meningkatkan kadar kolesterol “baik” HDL. Niacin merupakan salah satu jenis vitamin B yang dapat didapatkan dari suplemen multivitamin, daging, ikan, produk susu, dan telur. Niacin harus dikonsumsi dalam dosis tinggi agar bisa berpengaruh dalam menurunkan kolesterol.

Akan tetapi, mengonsumsi niacin dalam dosis tinggi bisa meningkatkan risiko mengalami efek samping berbahaya, seperti gangguan liver dan maag. Karena efek samping berbahaya itulah, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mencoba jenis pengobatan alternatif ini.

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3, yang juga disebut minyak ikan, dapat memperlambat pembentukan plak pada arteri. Apabila dikonsumsi dalam dosis tinggi, minyak ikan juga mampu menurunkan kadar trigliserida. Namun, minyak ikan dalam dosis tinggi bisa meningkatkan risiko pendarahan pada beberapa orang dan tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah.

Konsultasikanlah dengan dokter sebelum mencoba pengobatan alternatif kolesterol dengan suplemen minyak ikan, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat medis. Dokter mungkin dapat membantu menentukan seberapa aman dosis suplemen minyak ikan bagi Anda.

Noni Juice

Noni juice merupakan sari buah Noni yang patut dipertimbangkan sebagai pengobatan alternatif kolesterol. Sebuah riset yang dilakukan oleh Mian-Ying Wang, MD, menunjukkan bahwa terjadi penurunan total kolesterol dan trigliserida yang signifikan pada 106 pasien yang rutin mengonsumsi Noni juice selama 1 bulan.

Total kolesterol mereka turun dari 235.2 mg/dL menjadi 190.2 mg/dL, dan rata-rata trigliserida turun dari 242.5 mg/dL menjadi 193.5 mg/dL. Ini menunjukkan bahwa Noni juice adalah salah satu pilihan alami terbaik dalam menurunkan kolesterol.

Sekali lagi ditekankan bahwa apabila Anda sedang menjalani pengobatan medis, maka sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter apabila Anda berminat mencoba pengobatan alternatif kolesterol tinggi. Karena ditakutkan akan ada efek samping dari pencampuran antara obat kimia dengan suplemen herbal yang ingin Anda coba.