Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

PROMO 12-12, DISKON 10% UNTUK SEMUA PAKET PRODUK, BERLAKU 12-15 DES 2017. HUBUNGI CS KAMI SEKARANG!
Ilustrasi Jus Penurun Kolesterol Ilustrasi Jus Penurun Kolesterol Shutterstock

3 Resep Jus Penurun Kolesterol Alami yang Manjur dan Sangat Bernutrisi

Jika kolesterol tidak diturunkan, penderitanya akan mengalami banyak masalah kesehatan, bahkan penyakit serius. Sebut saja stroke, penyakit jantung, dan jantung koroner. Seperti yang kita ketahui, penyakit jantung maupun stroke tergolong penyakit yang akibatnya cukup mematikan. Karena itu sebelum terlambat mari kita berupaya menurunkan kolesterol.

Kolesterol adalah zat berlemak yang terdapat dalam darah. Tubuh kita menggunakan zat ini untuk membentuk enzim-enzim serta hormon-hormon yang penting demi keberlangsungan fungsi sistem tubuh. Jadi sampai taraf tertentu, kolesterol sebenarnya dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi masalah terjadi bila jumlahnya berlebihan.

Kolesterol bisa dikelompokkan menjadi 2 jenis: LDL (low density lipoprotein) yaitu kolesterol ‘jahat’, dan HDL (high density lipoprotein) yaitu kolesterol ‘baik’. Kolesterol HDL memiliki manfaat-manfaat positif, tetapi kolesterol LDL, bila jumlahnya berlebihan, akan memicu penumpukan plak pada dinding-dinding pembuluh darah sehingga mengarah pada berbagai masalah kesehatan.

Berdasarkan keterangan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), lebih dari sepertiga orang Dewasa di Amerika memiliki kadar tinggi kolesterol jahat LDL. Dan menurut pemberitaan oleh CNN Indonesia, dikatakan bahwa kadar kolesterol orang Indonesia berada dalam kisaran yang sama dengan orang Amerika. Disebutkan juga bahwa ada 25 dari 1000 orang Indonesia yang meninggal akibat masalah kolesterol tinggi.

Kabar baiknya, kita dapat menekan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kuncinya adalah dengan terus mengupayakan pola makan serta gaya hidup sehat. Pola makan dengan nutrisi yang tepat terbukti mampu mengurangi kadar LDL sekaligus meningkatkan HDL.

Bahan-Bahan Alami Penurun Kolesterol

Di bawah ini adalah beberapa bahan-bahan alami yang bermanfaat sebagai obat kolesterol karena mengandung nutrisi yang membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

Apel: Kandungan pektin, polifenol, serat, dan fitostreol di dalam apel menahan oksidasi dari LDL, sehingga menjadikannya sebagai buah yang ideal untuk menurunkan kolesterol jahat.

Jeruk: Jeruk kaya akan vitamin C, folat, dan hesperidin (sejenis flavonoid) yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Suatu penelitian tahun 2000 yang dirilis dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa minum jus jeruk setiap hari membantu meningkatkan HDL dan menurunkan rasio kolesterol LDL.

Teh hijau: Penelitian tahun 2011 yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition mengamati bahwa konsumsi teh hijau bermanfaat menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Teh hijau mengandung senyawa-senyawa, seperti katekin, yang mencegah penyerapan kolesterol pada usus serta merangsang eliminasi kolesterol dari tubuh.

Jahe: Kandungan gingerol dalam jahe mengaktifkan enzim-enzim tertentu yang meningkatkan penggunaan kolesterol oleh tubuh, dengan begitu kadarnya akan berkurang. Studi tahun 2008 yang dimuat di Saudi Medical Journal meneguhkan pendapat bahwa jahe memiliki efek ampuh dalam menurunkan kolesterol.

Akar bit: Akar bit mengandung sejumlah besar serat larut dan senyawa betacyanin yang membantu mengurangi oksidasi kolesterol jahat, sehingga mencehanya agar tidak menumpuk di sekitar dinding pembuluh darah.

Buah pir: Kandungan pektin di dalamnya membuatnya bisa dimanfaatkan sebagia obat kolesterol alami. Nutrisi dalam pir juga berperan untuk memerangkap kolesterol sebelum diserap ke dalam darah, kemudian kolesterol akan dibawa keluar dari tubuh.

Bayam: Bayam mengandung sejumlah besar karotenoid yang membantu mencegah penumpukan kolesterol pada pembuluh darah.

Timun: Timun kaya akan kandungan strerol tumbuhan, senyawa yang berfungsi dalam mengurangi kadar kolesterol LDL. Karena itu timun sering disebut sebagai obat penurun kolesterol alami.

Lemon: Lemon kaya akan polifenol serta limonoid, yaitu sejenis fitokimia yang sangat bermanfaat menurunkan kolesterol sekaligus mengendalikan sel-sel lemak dalam tubuh.

Flaxseed: Flaxseed adalah sumber dari asam alfa-linolenik, sejenis asam lemak omega 3 dari tumbuhan yang menurunkan kolesterol LDL dan kadar trigliserida di dalam darah. Studi tahun 2010 yang dirilis oleh Nutrition Research mengamati bahwa konsumsi lignan flaxseed setiap hari efektif untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Cuka apel: Cuka apel mengandung asam asetat, yang bermanfaat sebagai penurun kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah. Penelitian tahun 2014 yang dirilis The Journal of Membrane Biology menunjukkan bahwa cuka apel memiliki efek pengurasan stres oksidatif serta menghambat peroksidasi lipid, sehingga berperan mengurangi kadar lipid serum.

Madu: Madu juga dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol yang meninggi. Laporan tahun 2009 yang dimuat di Journal of Medicinal Food mempelajari efek-efek konsumsi larutan madu atau larutan gula yang sebanding dengan madu pada 60 partisipan yang menderita kolesterol tinggi. Didapati bahwa meskipun kedua larutan tersebut tidak secara signifikan menurunkan kolesterol atau trigliserida, tetapi partisipan wanita yang mengonsumsi larutan gula mengalami peningkatan kolesterol LDL, sedangkan yang minum larutan madu tidak mengalaminya.

Para peneliti memperkirakan bahwa konsumsi madu mungkin pada umumnya tidak menurunkan kolesterol LDL, tetapi mengganti gula dengan madu mungkin bermanfaat bagi wanita yang ingin mengendalikan kadar kolesterol mereka.

Resep Jus Obat Kolesterol Alami

Berdasarkan bahan-bahan alami di atas, Anda bisa melakukan sendiri cara menurunkan kolesterol dengan memasukkan mereka ke dalam menu sehari-hari. Bahkan Anda juga bisa membuat jus lezat dari campuran bahan-bahan tersebut. Berikut ini adalah 3 contoh resep membuat jus dan smoothie yang bermanfaat sebagai obat kolesterol alami.

Jus Apel, Timun, Lemon, dan Jahe


Bahan-bahan:

  • Apel – 2 buah
  • Timun – 1 buah
  • Jahe – seukuran jempol
  • Lemon – 1 buah

Langkah-langkah:

  • Masukkan potongan-potongan dari 2 buah apel ke dalam juicer untuk mengekstrak sarinya. Nyalakan
  • Tambahkan 1 timun (sudah dikupas) dan nyalakan juicer.
  • Tambahkan jahe dan nyalakan
  • Peras sari dari ½ buah lemon ke dalam jus.

Anda bisa menikmati jus sehat ini 2 kali sehari untuk mendapat hasil yang efektif. Bisa disimpan sisa jusnya di dalam kulkas untuk dikonsumsi nanti.

Jus Jeruk dan Pir


Bahan-bahan:

  • Jeruk – 2 buah
  • Pir – 2 buah
  • Jahe – seukuran jempol
  • Madu murni – 1 sendok makan
  • Cuka apel – 1 sendok makan

Langkah-langkah:

  • Kupas jeruk dan taruh isinya ke dalam Nyalakan juicer.
  • Tambahkan pir dan nyalakan
  • Tambahkan jahe dan nyalakan
  • Tambahkan 1 sendok makan madu murni.
  • Tambahkan 1 sendok makan cuka apel raw, unfiltered.

Anda bisa minum 2 – 3 gelas jus obat kolesterol alami ini setiap hari. Untuk hasil yang efektif, minumlah 1 gelas jus ini sebelum sarapan pagi.

Smoothie Akar Bit Hijau


Bahan-bahan:

  • Akar bit – 1 cup
  • Bayam – ¾ cup
  • Teh hijau (diseduh dan didinginkan) – 1 cup
  • Apel hijau – 1 buah
  • Jeruk – 1 buah
  • Jahe – 1 rimpang
  • Bubuk flaxseed – 1 sendok makan
  • Cuka apel – 1 sendok makan
  • Madu murni – 1 sendok makan

Langkah-langkah:

  • Taruh ¾ cup bayam ke dalam
  • Tambahkan 1 cup akar bit yang sudah dipotong-potong.
  • Tambahkan 1 cup teh hijau.
  • Nyalakan blender sampai halus.
  • Tambahkan 1 rimpang jahe.
  • Tambahkan 1 cup apel hijau yang sudah dipotong-potong.
  • Tambahkan 1 buah jeruk yang sudah dipisah-pisah (bijinya dibuang).
  • Tambahkan 1 sendok makan bubuk flaxseed.
  • Tambahkan 1 sendok makan madu murni.
  • Tambahkan 1 sendok makan cuka apel raw, unfiltered.
  • Nyalakan lagi blender sampai semuanya halus.

Nikmati smoothie ini sebanyak 2 kali sehari. Anda bisa menyimpan sisanya di dalam kulkas untuk diminum nanti dalam waktu beberapa hari.

Sebelum mencampurkan apel, pastikan Anda sudah mencucinya sampai bersih untuk menghindari residu pestisida yang mungkin ada. Jika Anda ingin menjaga kandungan serat dari bahan-bahan tetap utuh, bisa gunakan resep jus untuk membuat smoothie dengan blender, bukan dengan juicer.

Boleh juga tambahkan buah-buahan dan sayuran lain yang bermanfaat menurunkan kolesterol, seperti wortel, seledri, pisang, dan alpukat. Wortel sangat bagus untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Walaupun jus dan smoothie obat kolesterol ini bisa disimpan sampai 2 hari, tapi disarankan untuk segera meminumnya agar nutrisi yang Anda konsumsi masih maksimal.

Kolesterol tinggi tidak boleh diabaikan dan sekarang pun banyak kalangan muda yang kadar kolesterolnya sudah tinggi. Dilihat dari kebiasaan makan yang berkembang belakangan ini, tampaknya sudah jelas apa penyebabnya. Pastilah pola makan yang asal-asalan dan cuman ingin yang enak-enak saja menjadi salah satu biang keroknya.

Jika Anda tidak ingin menderita dampak serius akibat kolesterol tinggi, maka mulai sekarang segera terapkanlah pola makan yang lebih sehat. Antara lain dengan rutin mengonsumsi bahan-bahan alami penurun kolesterol, ataupun dengan mencoba resep-resep jus obat kolesterol seperti di atas.

BACA JUGA ARTIKEL REKOMENDASI HERBAL BERIKUT:

Noni Juice Teruji Untuk Darah Tinggi, Diabetes, Asam Urat, Gangguan Jantung

noni fruit 10
Noni juice telah membantu banyak orang untuk bebas dari darah tinggi, diabetes tipe 1 & 2, asam urat, gangguan jantung. Noni juga efektif untuk penderita kolesterol, stroke, sulit tidur, stress […] Baca Selengkapnya »

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram