11 Makanan Untuk Tidur Lebih Lelap

869

Pernahkah Anda merasa tidak puas dengan waktu tidur Anda? Bisa jadi yang jadi masalah bukan apakah Anda cukup tidur, tetapi apakah kualitas tidur Anda cukup baik. Dan Anda tidak sendiri berhadapan dengan kendala ini. Banyak orang tidak pernah benar-benar tidur dalam kualitas tidur yang cukup baik meski mereka sudah tidur selama 8 jam.

Keluhan ini memang tidak termasuk insomnia, tetapi sudah cukup membuat tidur Anda kurang berkualitas. Anda tidur dengan kondisi tidak benar-benar tidur, dengan membawa kegelisahan, tekanan dan rasa tidak tenang Anda di atas ranjang. Sehingga mengakibatkan tidur berlangsung dengan kondisi gelisah dan tidak nyenyak. Inilah yang membuat Anda merasa sama buruknya dengan mereka yang setiap hari kurang tidur.

Cara terbaik untuk membantu Anda tidur lebih lelap adalah relaksasi. Pastikan Anda telah melepas setiap tekanan dalam pikiran Anda sebelum pergi tidur. Hindari stress dan kegelisahan yang akan mengganggu kualitas tidur Anda. Atau, mungkin dengan mencoba untuk mengonsumsi “makanan untuk tidur” yang memiliki kemampuan merangsang tidur lebih lelap.

Dengan tidur lebih lelap, Anda bisa mendapatkan tidur lebih berkualitas dan bangun tidur dengan lebih segar. Lalu apa saja jenis makanan yang tergolong sebagai makanan untuk tidur lebih lelap?

1. Pisang

Tidak banyak yang tahu akan adanya manfaat pisang untuk memperbaiki kualitas tidur seseorang. Manfaat pisang untuk membantu memperbaiki kualitas tidur berasal dari kandungan potasium dan magnesium di dalamnya yang ternyata memberi efek relaksasi pada otot.

Efek relaksasi ini membantu Anda lebih mudah untuk tidur. Ditambah dengan khasiat vitamin B6 di dalamnya yang turut berperan meningkatkan produksi hormon serotonin dan melatonin yang berperan besar dalam membantu memperbaiki kualitas tidur dengan menurunkan intensitas ketegangan pada pusat syaraf.

2. Almond

Kacang satu ini ternyata mengandung kekayaan magnesium yang ternyata memiliki khasiat sangat besar untuk membantu memperbaiki tidur Anda. Bukan hanya soal kualitas tetapi juga kemampuan untuk mengatur waktu tidur dengan lebih baik. Hal ini dijelaskan dalam The Journal of Orthomolecular Medicine yang menjelaskan bagaimana seseorang yang kekurangan magnesium akan menunjukan gejala kesulitan tidur dan gangguan kualitas tidur.

Di sisi lain, selain kandungan magnesiumnya, almond merupakan salah satu sumber protein yang sehat. Protein ini terbukti membantu menjaga kestabilan kadar gula darah. Kadar gula darah yang stabil membantu menjaga tubuh memiliki kualitas tidur yang baik.

3. Kenari

Kenari juga menjadi salah satu pilihan baik untuk Anda yang butuh memperbaiki kualitas tidur. Kandungan triptopan di dalam kenari menjadi salah satu aspek terbaik yang memberinya kekuatan membantu memperbaiki tidur Anda. Triptopan adalah sejenis asam amino essensial yang bekerja membantu proses relaksasi tubuh.

Di dalam kenari juga terkandung vitamin B6 yang membantu pembentukan hormon relaksas seperti melatonin dan serotonin yang memberi efek tubuh terasa nyaman. Efek nyaman ini membuat Anda mudah mengantuk dan terlelap dengan lebih cepat.

4. Jus cherry

Jus dari buah cherry ternyata juga memberi manfaat untuk mengatasi keluhan tidur, bahkan banyak disarankan untuk terapi pasien insomnia. Dalam riset yang dikembangkan pada Universities of Pennsylvania and Rochester, dijelaskan bagaimana buah cherry memiliki khasiat mendorong produksi melatonin.

Hormon melatonin sendiri adalah hormon alami tubuh ini yang sangat berperan untuk membantu Anda mudah mengantuk, merasa sangat relaks dan nyaman sehingga mudah untuk jatuh tidur serta terlelap cukup dalam. Sejumlah pakar medis menyarankan pasien insomnia untuk mengonsumsi setangkup cherry segar atau 200 ml jus cherry sekitar 1,5 jam sebelum waktu tidur untuk memudahkan mereka tidur lelap secara alami.

5. Noni juice

Noni juice adalah sari buah Noni (Mengkudu). Herbal ini mampu mengendalikan kadar serotonin tubuh agar tetap seimbang. Diketahui bahwa serotonin adalah zat yang penting untuk memicu tubuh tertidur. Noni juice juga mengandung 10 asam amino esensial, termasuk bahan baku serotonin, yaitu asam amino trpitofan.

Sehingga apabila Noni juice dikonsumsi secara rutin maka di dalam tubuh akan terjadi lebih banyak pembentukkan serotonin. Serotonin membantu Anda mengurangi stress sehingga dapat lebih mudah tertidur.

Disamping itu, herbal ini mengandung selenium dalam jumlah tinggi sehingga turut membantu penderita insomnia untuk mengendalikan stress yang dialaminya. Itulah sebabnya mengapa Noni juice bukan hanya dimanfaatkan sebagai obat herbal insomnia, tetapi juga untuk mengatasi depresi.

Lebih lengkap lagi, Noni juice mengandung sejumlah besar vitamin B kompleks yang membantu tubuh bisa tidur lebih lelap sekaligus membantu Anda merasa lebih segar ketika bangun. Ini karena kemampuan vitamin B dalam memperbaiki sel-sel otot sehingga tubuh bisa pulih dari kelelahan. Informasi selengkapnya mengenai herbal Noni juice dapat dibaca di artikel: Noni Juice—Herbal Teruji Taklukkan Berbagai Penyakit!

6. Susu dan produk olahannya

Beberapa orang tua menyarankan anak mereka untuk meminum segelas susu sebelum waktu tidur malam mereka tiba. Ternyata memang benar, susu adalah salah satu pendorong kualitas tidur. Bahkan bukan hanya susu, tetapi segala jenis produk turunan susu seperti keju dan yoghurt.

Menurut sumber reader digest dikatakan penyebab utamanya adalah kandungan kalsium di dalamnya. Kalsium membantu memperbaiki masalah ketegangan pada otot dan syaraf. Membantu meredakan efek ketegangan pada sstem neurotransmitter dan membantu Anda merasa lebih relaks.

Susu juga mengandung triptopan yang menjadi salah satu elemen penting pembentukan hormon relaksasi seperti serotonin dan melatonin. Sehingga menjadi alasan kuat kenapa meminum susu akan membantu Anda merasa lebih mudah tidur.

7. Ikan

Sejumlah jenis ikan ternyata memiliki kandungan triptopan dan vitamin B6 yang relatif tinggi. Sebagaimana beberapa kali kami ungkap di atas, bahwa triptopan berperan besar dalam membantu proses relaksasi. Dan vitamin B6 membantu menguba triptopan tadi menjadi hormon serotonin dan hormon melatonin untuk mendorong rasa relaks, nyaman dan mengatasi ketegangan otot.

Sejumlah jenis ikan yang dinyatakan mengandung triptopan dan vitamin B6 antara lain tuna, tongkol, salmon, pari dan beberapa yang lain. Jenis seafood seperti udang dan kepiting juga dikenal kaya akan triptopan.

8. Sereal

Beberapa jenis sereal termasuk oatmeal terbukti juga membantu memperbaiki kualitas tidur. Kebanyakan sereal mengandung kekayaan mineral seperti potasium, magnesium, fosfor dan kalsium. Bahkan sereal masuk dalam daftar rekomendasi makanan untuk tidur lebih lelap bagi pengidap insomnia oleh National Sleep Foundation.

Dikatakan bahwa karbohidrat ternyata berperan dalam membantu seseorang lebih mudah jatuh tidur dan terlelap dengan lebih nyenyak. Karena ada kaitan antara proses metabolisme karbohidrat menjadi glukosa dan kemudian menjadi energi dengan efek kantuk. Tentu saja pastikan Anda tidak menambah terlalu banyak gula untuk mengurangi resiko kelebihan glukosa dalam darah.

9. Nasi

Bicara soal kantuk, pernahkah Anda menyadari ketika Anda baru saja memenuhi perut Anda dengan sepiring nasi dan tak lama Anda menjadi mengantuk? Inilah kondisi yang terjadi akibat kenaikan kadar gula darah yang cukup tinggi dan mendadak dan mendorong terbentuknya metabolisme dan memberi efek relaksasi otot setelahnya. Termasuk mendorong efek relaksasi pada sistem saraf yang memicu rasa kantuk.

ini karena kenaikan produksi insulin akan membantu memudahkan triptopan masuk ke dalam otak dan mempengaruhi kondisi syaraf pusat untuk memproduksi hormon serotonin dan melatonin.

Untuk jangka pendek, mengonsumsi nasi akan membantu Anda mudah mengantuk sehingga efektif untuk Anda dengan masalah insomnia. Tentu saja pastikan Anda mengonsumsinya dengan bijak mengingat berlebihan dengan nasi akan memicu diabetes.

10. Teh Chamomile

Chamomile mengandung senyawa unik bernama glycine yang bekerja efektif dalam mendorong relaksasi. Ada pengaruh sedatif pula dalam chamomile yang akan membantu Anda merasa lebih mudah mengantuk. Terapi chamomile akan membantu mereka yang sedang dalam kondisi stress untuk cepat mengantuk dan terlelap sehingga bangun lebih segar dan menghadapi tekanan dengan lebih relaks.

Tambahkan madu dibandingkan gula. Karena madu memiliki pengaruh cukup positif terhadap produksi insulin yang berperan meningkatkan efek relaksasi pada tubuh namun, relatif lebih aman untuk tubuh ketimbang gula.

11. Sayuran hijau

Rahasia dari sayuran hijau terhadap kualitas tidur terletak pada kandungan kalsiumnya. Diketahui bahwa kalsium memberi manfaat dalam membantu mengatasi ketegangan otot dan membantu mengatasi efek pegal, lelah dan kejang pada otot yang mengacu pada kram.

Namun tidak hanya itu, karena peran ini membantu menstimulasi otak untuk mudah merasa mengantuk, sementara kalsium juga mendorong aliran triptopan menuju otak yang membentuk hormon serotonin dan melatonin. Ini membuat mereka yang gemar sayuran hijau akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Manfaatkanlah makanan-makanan yang disebutkan di atas untuk membantu mengatasi masalah susah tidur yang Anda alami. Sebisa mungkin jangan sampai Anda bergantung pada obat tidur. Obat-obatan tersebut memiliki efek bahaya bagi otak dan memicu penurunan fungsi otak serta penyakit demensia seperti Alzheimer.

Paling baik adalah dengan mengupayakan kebiasaan tidur yang baik dibantu oleh jenis makanan untuk tidur lebih lelap seperti dalam artikel ini. Kualitas tidur bukan hanya soal berapa lama Anda tidur, tetapi soal seberapa nyenyak Anda tidur. Semakin baik kualitas tidur Anda, semakin baik Anda mencapai efek istirahat yang lebih optimal dan membantu Anda merasa lebih segar dengan lebih baik sebangun Anda dari tidur.