10 Cara Natural dan Sederhana untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

602

Diedit:

0
()

Musim hujan mulai datang, perubahan suhu yang kadang terjadi mendadak menyebabkan Anda rentan mengalami berbagai keluhan kesehatan seperti flu, diare, demam berdarah, tipus, ISPA dan berbagai keluhan peradangan. Adakah cara praktis dan alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya dapat menghindari serangan beragam penyakit tersebut?

Tentu saja ada, menurut Centers of Disease Control of USA dikatakan bahwa beberapa langkah sederhana bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan bertahan dari berbagai serangan infeksi, tidak hanya flu, tetapi berbagai bakteri dan virus berbahaya yang bisa memicu peradangan dan infeksi serius. Dan berikut ini 10 cara natural dan sederhana yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh menurut Center of Disease Control of USA.

  • Jaga Pola Tidur

    Untuk menjaga tubuh tetap fit dengan daya tahan tubuh yang prima, seseorang tidak hanya disarankan untuk menjaga tidur untuk tetap berkisar antara 6 sampai 8 jam, tetapi juga waktu tidur yang tetap sehat. Hindari bergadang, karena tetap terjaga sampai pukul 2 malam secara rutin juga mempengaruhi penurunan kondisi tubuh.

  • Hindari Tembakau

    Tembakau terbukti menjadi salah satu pemicu penurunan daya tahan tubuh. Tidak hanya perokok aktif, tetapi juga perokok pasif. Karena tingginya kadar toksin dalam tembakau dan asap rokok akan menyebabkan berbagai masalah dengan kondisi hati, aliran darah dan fungsi jantung yang akan berperan menjaga mekanisme sistem tubuh termasuk metabolisme dan imunitas.

  • Batasi Alkohol

    Alkohol dalam dosis kecil memang diakui memberi efek baik terhadap tekanan darah tinggi. Tetapi jumlah yang berlebihan akan mengganggu sistem saraf, menyebabkan kerusakan pada hati, menyebabkan beberapa efek iritasi pada tenggorokan, pencernaan dan pembuluh darah yang akan meningkatkan kerentanan terhadap masalah peradangan dan menurunkan daya tahan tubuh.

  • Perbanyak Makanan Segar

    Buah, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah makanan sehat yang tidak hanya baik untuk membantu mengendalikan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh Anda. Tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin seperti vitamin C, B, dan E, serta mineral penting seperti magnesium, zink dan kalium yang akan berperan besar dalam menjaga imunitas tetap prima. Dalam bahan-bahan segar ini juga ditemukan sejumlah senyawa anti oksidan seperti flavonoid, terpenoid, antosianin dan masih banyak lagi yang terbukti memberi efek positif terhadap pertahanan tubuh.

  • Lakukan Sedikit Olahraga

    Terbukti mereka yang menyediakan setidaknya 20 menit sehari untuk aktivitas fisik dan berkeringat akan lebih tahan terhadap penyakit dengan lebih baik dari mereka yang bertahan di dalam ruangan tanpa aktivitas fisik. Diakui memang di musim penghujan, bertahan di dalam rumah terasa lebih nyaman, tetapi aktivitas fisik dan keringat juga bisa Anda dapatkan di dalam ruangan bukan?

  • Paparan Sinar Matahari Pagi

    Meski cuaca cenderung mendung, begitu Anda temukan matahari pagi muncul di cakrawala, sempatkan beberapa menit menikmati hangatnya matahari pagi. Matahari pagi membantu tubuh mengolah asupan vitamin D sehingga lebih mudah diserap tubuh. Vitamin D tidak hanya berperan untuk menjaga kualitas tulang, tetapi juga membantu menjaga imunitas. Cahaya matahari pagi juga bekerja melancarkan aliran darah, mendorong tubuh memecah residu dan toksin yang mengendap dalam pembuluh darah dan lapisan kulit sehingga lebih mudah dibuang melalui sistem pembuangan.

  • Asupan Probiotik

    1 – 3 kali dalam 1 minggu sempatkan untuk menikmati segelas kecil yogurt atau satu cup kecil tape ketan yang segar. Makanan dengan fermentasi semacam ini memiliki kandungan bakteri baik yang bersifat probiotik yang membantu Anda membersihkan usus Anda. Pencernaan yang lebih bersih dan pembuangan yang lancar terbukti akan meningkatkan daya tahan tubuh 2 kali lebih baik.

  • Tambahan Bahan-Bahan Herbal

    Bawang putih, jahe, ekstrak sarang semut, Echinacea, jamur dan masih banyak lagi ternyata terbukti memberi efek positif terhadap daya tahan tubuh. Bahan-bahan alami ini mengandung sejumlah senyawa yang mengaktifkan sistem metabolisme dan imunitas dalam tubuh.

  • Hindari Makanan yang Diawetkan

    Beberapa makanan yang diawetkan atau mengandung pengawet sering kali mengandung senyawa-senyawa yang memberatkan fungsi hati. Hati memiliki peran sangat besar dalam menjaga kondisi metabolisme dan imunitas.

  • Hindari Stress

    Tambahkan sedikit teh oregano, cokelat atau teh hijau terbukti membantu menurunkan ketegangan saraf. Sementara saraf yang tegang akibat stress dan kelelahan akan menurunkan kemampuan pertahanan tubuh. Jadi cobalah untuk lebih rileks, lepaskan stress Anda dengan aktivitas yang menenangkan dan menghibur untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga:  Mengenal 4 Hormon Senang dalam Tubuh Manusia

Itulah 10 cara natural dan sederhana untuk membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh Anda dan membantu Anda meningkatkan pertahanan terhadap serangan beragam infeksi khas musim hujan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Rating: / 5. Pemilih:

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?