10 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah yang Alami Tapi Mujarab

1063
cara meratakan warna kulit wajah
Meratakan Warna Kulit Wajah (Credit: Farknot Architect / Shutterstock)

Diedit:

Warna kulit tidak merata adalah salah satu masalah yang banyak dibenci oleh para wanita, atau mungkin juga pria. Masalah kulit ini dicirikan oleh area-area putih, merah, atau cokelat keabu-abuan pada kulit, dan bisa juga muncul rasa gatal dan kemerahan yang cukup parah. Adakah cara meratakan warna kulit wajah yang alami tapi mujarab?

Sebenarnya masalah kulit ini bukan hanya di wajah, tapi juga sering terjadi di area dada, kaki, dan lengan. Tidak soal apa penyebabnya, masalah kulit tidak merata bisa tampak tidak enak dilihat dan membuat Anda terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya. Jika Anda mengalaminya, kemungkinan Anda pun rela melakukan cara apa saja yang masuk akal untuk meratakan warna kulit wajah.

Apa Penyebab Warna Kulit Tidak Merata?

Ada banyak penyebab dari masalah warna kulit tidak merata. Bisa karena penyakit kulit seperti rosacea, eksim, psoriasis, atau keratosis pilaris. Bisa juga akibat terkena pengaruh cuaca ekstrem, misalnya karena terlalu dingin atau terlalu kering.

Selain itu kadang-kadang warna kulit jadi kurang merata akibat perubahan hormon, seperti pada waktu sedang hamil. Kondisi ini umumnya disebut sebagai melasma atau kloasma.

Area kulit yang berwarna lebih gelap atau bernoda juga bisa muncul setelah kulit Anda terluka, misalnya akibat luka bakar atau cedera; gangguan kulit misalnya ruam, reaksi alergi, atau jerawat; dan infeksi, misalnya tinea versicolor atau kurap. Pemicu lainnya adalah stres yang berlebihan, iritasi lingkungan, dan faktor genetik.

Kabar baiknya, Anda bisa gunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya bila penyebab dari masalah ini tidaklah serius. Namun jika penyebabnya cukup serius, Anda dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter kulit. Berikut cara meratakan warna kulit wajah dengan bahan-bahan alami.

Cara Meratakan Warna Kulit: Lidah Buaya

Lidah buaya dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk meratakan warna kulit wajah, terutama jika itu disebabkan oleh terbakar sinar matahari. Kemampuan anti-peradangan yang dimilikinya dapat mengurangi peradangan, kemerahan, dan bengkak pada kulit yang diakibatkan oleh terbakar matahari.

Juga, efek melembapkannya sanggup membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga pada akhirnya turut menenangkan kulit serta mengembalikan warna alami kulit Anda.

  • Ambil bagian gel dari daun lidah buaya.
  • Dengan jari oleskan gel tersebut ke area warna kulit tidak merata.
  • Diamkan sampai sekitar 20 – 30 menit.
  • Terakhir, bilas wajah sampai bersih dengan air.
  • Lakukan ini 2 – 3 kali setiap hari sampai warna kulit merata.

Cara Meratakan Warna Kulit Wajah: Oatmeal

Cara meratakan warna kulit wajah lain yang mudah dan alami adalah menggunakan oatmeal. Bahan ini merupakan pelembap yang sangat bagus untuk membantu menghidrasi kembali kulit kering Anda, yang bisa jadi penyebab dibalik warna kulit tidak merata.

Disamping itu, oatmeal memiliki kemampuan anti-peradangan serta antioksidan yang membantu mengatasi kemerahan dan rasa gatal pada wajah.

Anda bisa menerapkan salah satu dari beberapa cara di bawah selama 3 – 4 kali dalam seminggu:

  • Siapkan 2 sdm oatmeal bubuk (sudah digiling) dan tambahkan 2 – 3 sdm air hangat (atau jus tomat) dan ½ sdt madu. Campurkan semua sampai rata. Oleskan campuran ini ke area warna kulit tidak merata. Diamkan sekitar 5 menit, lalu pijat pelan-pelan dengan jari yang dibasahi. Lalu bilas sampai bersih dengan air hangat.
  • Isi bak mandi dengan air hangat. Tuangkan ½ – 1 gelas oatmeal bubuk ke dalamnya dan aduk sampai rata. Berendamlah di dalamnya selama 15 – 20 menit, lalu mandi seperti biasa dan keringkan badan dengan ditepuk-tepuk handuk.
  • Masaklah 2 sdm oatmeal di dalam ½ gelas susu. Tuangkan 2 sdm minyak zaitun ke dalamnya. Campur sampai rata dan biarkan mendingin. Oleskan campuran ini ke area warna kulit tidak merata dan diamkan 20 menit sebelum membilasnya.

Cara Meratakan Warna Kulit: Minyak Kelapa

Kandungan asam lemak di dalam minyak kelapa menjadikannya sebagai pelembap yang sangat baik untuk kulit kering—salah satu penyebab dibalik warna kulit tidak merata. Kemampuannya ini akan mengembalikan kelembapan alami kulit Anda.

Di waktu yang sama, kemampuan anti-peradangan dan antibakteri yang dipunyainya juga mengurangi kemerahan serta peradangan di kulit.

  • Gosokkan minyak kelapa extra-virgin (yang sudah dihangatkan) secukupnya di antara telapak tangan. Oleskan minyak ini ke area warna kulit tidak merata. Gosok pelan-pelan area tersebut selama 5 – 10 menit. Lalu diamkan agar minyak diserap oleh kulit. Lakukan 2 – 3 kali sehari.
  • Cara lain, campurkan 2 sdm minyak kelapa extra-virgin bersama 1sdt gula merah dan 1 sdt madu. Campurkan sampai rata dan oleskan ke area warna kulit tidak merata. Gosok pelan-pelan beberapa menit dengan jari basah, lalu bilas dengan air. Lakukan ini 1 – 2 kali seminggu.
Baca juga:  Lindungi dan Cerahkan Kulit dengan Noni Juice

Cara Meratakan Warna Kulit Wajah: Yogurt

Yogurt bekerja sangat baik pada warna kulit tidak merata, terutama jika itu disebabkan oleh terbakar matahari. Yogurt juga sanggup mengurangi bintik-bintik penuaan.

cara meratakan warna kulit wajah
Masker Yogurt untuk Meratakan Warna Kulit Wajah (© Dmytro Zinkevych | Dreamstime.com)

Bahan alami ini mengandung asam laktat, yang sering dimanfaatkan dalam produk-produk kosmetik yang dirancang untuk mengatasi kulit kering dan kasar. Asam laktat bekerja sebagai alat pengelupas untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang mungkin adalah penyebab warna kulit Anda tidak merata.

Yogurt juga mempunyai efek mendinginkan kulit, yang bermanfaat untuk menenangkan luka terbakar akibat matahari. Berikut cara meratakan warna kulit wajah dengan yogurt.

  • Oleskan tebal-tebal yogurt plain ke area warna kulit tidak merata. Diamkan 20 – 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini 1 kali setiap hari.
  • Cara lain, campur rata 1 sdm yogurt plain dan 1 sdt bubuk kunyit. Ratakan campuran ini ke seluruh area kulit yang terpengaruh. Diamkan 20 – 30 menit atau sampai mengering. Bilas dengan air hangat dan keringkan wajah. Lakukan ini 3 – 4 kali seminggu.

Cara Meratakan Warna Kulit: Teh Hijau

Secangkir teh hijau yang biasa Anda nikmati setiap hari juga dapat dimanfaatkan untuk meratakan warna kulit, sebab mengandung kandungan antioksidan serta anti-peradangan.

Teh hijau membantu mengatasi kemerahan dan bengkak pada wajah. Berikut cara meratakan warna kulit dengan bantuan teh hijau.

  • Rendam sekantung teh hijau di dalam ½ cangkir air hangat selama 10 menit.
  • Buang kantungnya, dan tuangkan sejumlah tepung beras ke dalam teh hijau dan aduk rata sampai membentuk salep.
  • Oleskan salep ini ke area warna kulit tidak merata seperti masker.
  • Diamkan 15 – 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.
  • Lakukan ini 2 – 3 kali seminggu.

Padukan juga cara alami meratakan warna kulit wajah di atas dengan meminum 2 – 3 cangkir teh hijau setiap hari untuk membantu menyembuhkan kulit Anda dari dalam.

Cara Meratakan Warna Kulit: Baking Soda

Kadang-kadang untuk meratakan warna kulit, yang Anda butuhkan adalah mengelupas sel-sel kulit mati yang menumpuk. Untuk mengelupas kulit secara lembut, salah satu bahan dapur yang terbaik adalah baking soda.

Baking soda juga dapat membantu membuka dan membersihkan pori-pori tersumbat agar semakin meratakan warna kulit Anda. Berikut cara meratakan warna kulit wajah dengan baking soda.

  • Buatlah salep dengan mencampurkan 2 – 3 sdm baking soda dengan sedikit air.
  • Oleskan salep ini ke area warna kulit tidak merata.
  • Gosok pelan-pelan beberapa menit area tersebut dengan ujung jari-jari.
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih dan tepuk-tepuk dengan handuk.
  • Oleskan wajah dengan bahan pelembap ringan atau gel lidah buaya.
  • Lakukan setiap 2 – 3 hari sekali sampai warna kulit merata.

Cara Meratakan Warna Kulit: Minyak Vitamin E

Vitamin E juga membantu meratakan warna kulit dan bercak-bercak gelap di hampir seluruh bagian tubuh Anda. Karena merupakan antioksidan, vitamin E sanggup memulihkan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV dari matahari.

Vitamin E juga melembapkan kulit Anda, yang sangat penting ketika merawat kulit kering dengan warna tidak merata. Ikutilah cara meratakan warna kulit berikut.

  • Ambil kandungan minyak dari 1 – 2 kapsul vitamin E. Campurkan dengan 1 sdt minyak jarak. Oleskan campuran ini ke area warna kulit tidak merata sebelum tidur, diamkan semalaman. Bilas bersih di pagi harinya. Lakukan ini setiap hari sampai warna kulit merata.
  • Cara lain, pijatkan minyak vitamin E ke area kulit yang terpengaruh selama 10 – 15 menit sebanyak 2 kali sehari. Lakukan ini untuk beberapa minggu sampai warna kulit merata.

Cara Meratakan Warna Kulit: Air Mawar

Anda bisa menggunakan air mawar untuk mengurangi bercak-bercak gelap/merah/putih di kulit. Bahan natural ini membantu menenangkan kulit serta mengurangi kemerahan dengan kandungan anti-peradangan yang dimilikinya. Selain itu, air mawar membantu menjaga warna kulit tetap merata dan meregenerasi sel-sel kulit mati.

  • Teteskan air mawar secukupnya ke bola kapas dan oleskan ke kulit yang ingin diratakan warnanya.
  • Diamkan 15 – 20 menit, lalu bilas kulit.
  • Lakukan ini 1 kali setiap hari selama seminggu.
Baca juga:  Inilah Perawatan Kulit yang Didasarkan pada Usia

Cara Meratakan Warna Kulit Wajah: Madu

Madu dianggap sebagai salah satu bahan pelembap natural yang dipenuhi dengan kandungan antioksidan yang membantu menenangkan kulit serta mengatasi warna kulit tidak merata dan kulit kering.

Madu membantu mempertahankan kelembapan yang membuat kulit terlihat lembut dan halus. Selain itu, madu mengandung banyak vitamin dan mineral esensial yang membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda.

  • Gosokkan madu murni ke seluruh area kulit yang terpengaruh. Diamkan 10 menit sebelum mandi. Lakukan ini 1 kali setiap hari.
  • Cara lain, campurkan madu murni, lilin lebah (beeswax), dan minyak zaitun dalam jumlah sama. Pertama, cairkan lilin lebah dengan microwave. Lalu, campurkan ke dalamnya minyak zaitun dan madu, dan biarkan mendingin. Oleskan campuran ini ke seluruh area kulit yang terpengaruh dan diamkan 10 menit sebelum mandi. Lakukan ini 2 kali sehari.

Cara Meratakan Warna Kulit Wajah: Timun

Kemampuan menyegarkan serta mendinginkan dari timun dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meratakan kulit wajah dan mengatasi kulit kering, karena timun dapat berkhasiat membantu mengendalikan produksi melanin kulit.

Timun mempunyai sejumlah senyawa antioksidan yang membantu mengurangi peradangan pada kulit Anda. Timun juga kaya akan vitamin C, yang bermanfaat bagi kulit dan memulihkan kerusakan yang terjadi padanya.

Disamping itu, kandungan asam pantotenat di dalamnya membantu kulit untuk mempertahankan kelembapannya. Berikut cara meratakan warna kulit wajah dengan timun.

  • Campurkan sari timun dan sari perasan lemon dalam jumlah sama.
  • Oleskan campuran ini ke area warna kulit tidak merata dan diamkan kira-kira 20 – 30 menit.
  • Bilas bersih dengan air dingin.
  • Lakukan ini 1 kali setiap hari.
Ingatlah bahwa cara meratakan kulit wajah secara alami efeknya tidak akan secepat jika Anda menggunakan produk-produk kimia, biasanya perubahan baru terlihat setelah rutin melakukannya selama 1 – 2 minggu. Namun bahan-bahan alami Anda relatif aman digunakan dalam waktu lama, asalkan digunakan dengan tepat.

Bukan hanya memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi warna kulit tidak merata dari luar, Anda pun harus menutrisi kulit dari dalam. Karena itu Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 yang penting untuk melembutkan dan meratakan warna kulit.

Selain itu, Anda juga harus perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, karena mereka membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik dan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk mendukung kesehatan kulit Anda. Dan yang tak kalah penting agar mencegah warna kulit tidak merata, oleskanlah sunscreen ber-SPF minimal 30 sekitar 20 menit sebelum pergi ke luar rumah.

Noni Juice: Alternatif Herbal untuk Mengatasi Kulit Belang

Noni juice adalah minuman herbal yang dibuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia). Buah Noni telah digunakan ribuan tahun untuk keperluan kesehatan. Hingga kini, Noni tetap tersohor di berbagai belahan dunia karena khasiatnya yang berlimpah, termasuk untuk kecantikan.

herbal noni untuk pencegahan monkeypox
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: LIKIT SUPASAI / Shutterstock)

Manfaat terbaik yang diberikan oleh Noni untuk kecantikan berasal dari dalam tubuh. Itu karena jika dikonsumsi, Noni akan memberikan berbagai nutrisi yang penting untuk menjaga serta meningkatkan kecantikan Anda. Nutrisi tersebut menjadi asupan bagi kulit untuk menangkal radikal bebas, radiasi, dan mengurangi dampak stres bagi kulit.

Dalam hal khasiatnya untuk meratakan dan mencerahkan kulit, Noni mengandung aneka mineral seperti zat besi, zink, selenium, dan mangan yang akan mengaktifkan enzim-enzim antioksidan yang dimiliki tubuh. Jika diminum secara teratur, Noni juice akan membantu tubuh dalam mengurangi oksidasi sel-sel kulit sehingga warna kulit dapat tampak lebih cerah dan merata.

Noni juga mengandung antioksidan seperti asam askorbat, beta-karoten, alfa-tokoferol, glutathion, bilirubin, dan melatonin yang berperan penting untuk melindungi kulit dari kerusakan. Kandungan flavonoid di dalamnya juga membantu melawan enzim-enzim “jahat” seperti monooksigenase, glutatione-S transferase, dan siklooksigenase yang membuat kulit terlihat kusam.

Jadi dengan meminum Noni juice secara rutin, kecantikan kulit Anda akan ditingkatkan dari dalam. Selain itu Noni juga membantu melindungi kerusakan lebih lanjut pada kulit Anda. Manfaat Noni ini bahkan sudah dirasakan sendiri oleh Miranda Kerr, supermodel dunia. Miranda mengungkapkan bahwa Noni juice adalah rahasia dari aura kecantikannya yang tampak sempurna.

Kisah tentang Miranda Kerr dan Noni juice bisa Anda baca lebih lanjut di artikel berikut: “Terungkap, Rahasia Kecantikan Miranda Kerr, Wanita Tercantik di Dunia, Ternyata Berasal dari Indonesia!


Referensi Cara Meratakan Warna Kulit Wajah:

Top10HomeRemedies. How to Get Rid of Blotchy and Uneven Skin. Published: 2019-03-05. URL: https://www.top10homeremedies.com/how-to/get-rid-blotchy-uneven-skin.html. Accessed: 2019-05-29. (Archived in WebCite®)


Advertisement
Alinesia