Blog Herbal No. 1 Indonesia

7 Penyebab Bibir Hitam dan Cara Alami Mencerahkannya Kembali


By Cindy Wijaya

Sama seperti kulit, warna bibir bisa berbeda-beda pada setiap orang. Memang, memiliki bibir merah muda dan sehat tentu akan membuat penampilan kita lebih menarik dan membuat warna lipstik jadi menonjol. Sayangnya tidak semua orang beruntung memiliki bibir merah. Sebagian orang punya bibir yang gelap, yang sering disebut bibir hitam.

Apa penyebab bibir hitam? Ada berbagai hal yang bisa membuat bibir kita mengalami hiperpigmentasi dan kehilangan warna merah muda alaminya. Warna bibir kita juga dapat bervariasi tergantung pada kebiasaan gaya hidup dan juga faktor kesehatan. Dalam artikel ini akan dikupas berbagai penyebab bibir menjadi gelap serta lima cara alami untuk mencerahkan warnaya kembali.

Apa Penyebab Bibir Hitam?

Ada variasi alami dalam warna bibir masing-masing orang. Pigmen yang memberi warna pada kulit setiap orang disebut sebagai melanin. Jika ada lebih sedikit melanin maka warna kulitnya lebih terang, sedangkan lebih banyak melanin maka warna kulitnya lebih gelap.

Lalu jika kulit mulai memproduksi lebih banyak melanin lebih dari biasanya, itu dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi menyebabkan bercak-bercak kulit berkembang lebih gelap dari kulit di sekitarnya.

Contoh umum hiperpigmentasi adalah bintik-bintik penuaan. Kondisi ini terkait dengan paparan sinar matahari dan hal ini dapat terjadi hampir di semua area tubuh, termasuk bibir.

Penyebab hiperpigmentasi yang dapat membuat warna bibir menghitam antara lain: paparan sinar matahari, merokok, kehamilan, obat-obatan tertentu, masalah kesehatan, cedera, dan alergi.

Paparan Sinar Matahari

Kulit yang terkena langsung sinar matahari memicu tubuh untuk membuat melanin untuk menyerap sinar ultraviolet. Ini berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh sinar matahari. Tetapi proses alami ini juga menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. Bibir yang terkena langsung sinar matahari dapat menjadi penyebab bibir hitam seiring waktu.

Karena itu penting untuk memakai pelindung matahari di bibir, serta di bagian-bagian tubuh lainnya. Lip balm yang memiliki faktor perlindungan matahari (sun protection factor) 30 atau lebih tinggi dapat melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari.

Merokok

Zat nikotin dan benzpiren dalam asap rokok dapat mendorong produksi melanin di kulit. Karena itulah merokok dapat menjadi penyebab bibir hitam. Hal ini dapat terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu.

Selain itu merokok juga punya banyak dampak buruk lain bagi kesehatan, misalnya dapat memicu kanker, sistem imun melemah, gangguan mata, penyakit gigi dan mulut, penyakit jantung dan pembuluh darah, serta penyakit sistem pernapasan.

Kehamilan

Beberapa wanita dapat mengalami perubahan kulit selama masa kehamilan. Ini karena perubahan pada hormon dalam tubuh mereka.

Bagian-bagian tubuh termasuk bibir, puting payudara, dahi, pipi, dan hidung dapat mengembangkan bercak-bercak kulit yang lebih gelap. Namun bagian-bagian tersebut seharusnya kembali ke warna semulanya setelah kehamilan usai.

Obat-obatan Tertentu

Sejumlah jenis obat dapat memicu hiperpigmentasi, yang dapat menjadi penyebab bibir hitam. Ini termasuk obat anti-malaria dan minocycline antibiotik oral. Kulit akan kembali ke warna asalnya setelah pengobatan selesai. Tapi pada beberapa orang, hiperpigmentasi mungkin dapat bertahan.

Cedera

Setiap cedera pada bibir dapat menjadi penyebab bibir hitam kebiruan. Seberapa banyak perubahan warna terutama tergantung pada seberapa parah cedera dan berapa lama lukanya sudah ada. Cedera juga dapat menyebabkan perkembangan melanoacanthoma, yang muncul sebagai area berpigmen dalam.

Alergi

Kadang penyebab bibir hitam adalah reaksi alergi terhadap zat-zat kimiawi yang terdapat dalam kosmetik atau pasta gigi, misalnya pada kondisi cheilitis.

Masalah Kesehatan

Ada sejumlah masalah kesehatan yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit. Salah satu yang paling terkenal adalah penyakit Addison.

Biasanya, ini terjadi karena masalah pada sistem kekebalan yang menghentikan kelenjar adrenal untuk membuat cukup hormon yang penting. Kondisi ini dapat menyebabkan bercak-bercak gelap pada kulit, bibir gelap, atau gusi gelap. Gejala-gejala lain dari penyakit Addison antara lain kekurangan energi, kelemahan, dan mood yang buruk.

Selain itu jika bibir Anda tampak lebih gelap dan berwarna biru atau ungu, atau Anda mengalami kesulitan bernapas, Anda harus segera mencari pertolongan medis. Itu bisa menjadi tanda-tanda sianosis, atau kondisi yang berkembang saat tidak ada cukup oksigen dalam darah Anda.

Cara Alami Mencerahkan Bibir Hitam

Memiliki kulit bibir yang kering dapat membuatnya tampak lebih gelap atau kusam. Kita bisa mengupayakan beragam cara alami untuk membantu mencerahkan kembali warna bibir dan membuatnya terlihat sehat.

Pengelupasan dengan Scrub Madu

Mengelupas bibir dengan lembut dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Anda dapat membuat scrub sendiri di rumah menggunakan cara sederhana berikut:

  • Campurkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh gula pasir.
  • Gosok perlahan campuran tersebut ke bibir dengan gerakan melingkar kecil.
  • Bilas dengan air hangat.

Pengelupasan kulit yang terlalu sering bisa menyebabkan iritasi dan sensitivitas. Karena kulit di bibir sangat halus, Anda sebaiknya tidak melakukan pengelupasan lebih dari sekali seminggu.

Mengatasi Penyebab Bibir Hitam
Credit photo: Yastremska/Bigstock

Pijat Bibir dengan Minyak Almond

Memijat minyak ke bibir dapat membantu melembapkan dan meningkatkan sirkulasi. Pembuluh darah di bibir membantu memberi warna alami, dan memijatkan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke area tersebut.

Gunakan minyak almond atau minyak kelapa berkualitas baik sebagai obat alami untuk bibir kering. Gosokkan minyak dengan lembu ke bibir beberapa kali sehari. Efeknya akan terlihat dalam satu atau dua hari.

Membuat Lip Balm Sendiri

Menggunakan lip balm secara teratur dapat membantu bibir tetap lembap dan sehat. Berikut adalah resep mudah untuk membua lip balm sendiri dengan bahan-bahan alami:

  • Taruh 1 sendok makan beeswax pellet ke dalam mangkuk microwave.
  • Panaskan dalam microwave dengan daya tinggi selama 45 detik.
  • Tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa ke mangkuk dan panaskan lagi selama 45 detik.
  • Lanjutkan panaskan dengan daya tinggi selama 30 detik sampai semua bahan meleleh.
  • Tambahkan 3 tetes minyak esensial peppermint dan panaskan selama 15 detik.
  • Tuangkan campuran ke dalam wadah atau tabung kecil.
  • Biarkan selama 5 menit hingga dingin dan menjadi padat.

Simpanlah lip balm buatan sendiri ini di tempat yang sejuk agar tidak gampang meleleh. Anda bisa menggunakannya setiap hari layaknya memakai lip balm biasa.

Minum Air yang Cukup

Minum air yang cukup adalah salah satu cara terbaik untuk merawat kulit. Bibir adalah salah satu area kulit pada tubuh yang paling pertama terlihat kering dan pecah-pecah jika Anda kurang minum air. Coba tambahkan irisan timun atau lemon ke dalam segelas air yang Anda minum untuk menambah kesegaran.

Kesimpulan tentang Penyebab Bibir Hitam

Apa penyebab bibir hitam? Kulit bibir dapat kehilangan warna alaminya dan menghitam akibat hiperpigmentasi. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan hiperpigmentasi itu, antara lain paparan sinar matahari, merokok, kehamilan, obat-obatan tertentu, masalah kesehatan, cedera, dan alergi.

Bagaimana cara alami mencerahkan warna bibir? Sejumlah cara alami mencerahkan warna bibir yang dibahas di artikel ini yaitu mengelupas sel-sel kulit mati dengan scrub madu, memijat bibir dengan minyak almond, menggunakan lip balm alami buatan sendiri, dan minum air yang cukup.

Semoga dengan mengupayakan cara-cara alami tersebut warna bibir Anda bisa kembali cerah seperti sedia kala. Namun jika perubahan warna bibir terkait dengan masalah kesehatan, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang apa penyebab bibir hitam. Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi masalah yang Anda alami. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Medical News Today. Causes and home remedies for dark lips. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104

eMediHealth. Dark Lips: Possible Causes and Treatment Options. https://www.emedihealth.com/skin-beauty/more-skin-conditions/dark-lips-treatment

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}