Blog Herbal No. 1 Indonesia

Cara Mengatasi Milia pada Wajah dengan 9 Bahan Alami


By Cindy Wijaya

Benjolan-benjolan putih kecil kadang bisa muncul di wajah, biasanya di hidung, pipi, dagu, bawah mata. Benjolan putih mirip jerawat kecil ini disebut sebagai milia. Beda dengan jerawat, milia tidak memerah, cenderung keras, dan tidak terasa sakit saat ditekan. Namun kehadirannya tetap bisa mengganggu penampilan.

Jika Anda memilikinya, Anda mungkin sedang mencari cara mengatasi milia pada wajah. Anda datang ke artikel yang tepat karena di sini akan dibahas berbagai cara untuk menghilangkan milia dengan bahan-bahan alami.

Milia muncul jika ada serpihan kulit kecil yang terperangkap di kantong kecil dekat permukaan kulit, atau jika ada penumpukan keratin dan terperangkap di permukaan kulit.

Milia sering terjadi pada bayi baru lahir. Bahkan sebanyak 40 – 50 persen dari bayi baru lahir memiliki milia di kulit mereka selama sebulan setelah lahir. Tetapi bukan hanya bayi baru lahir, milia juga dapat terjadi pada anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Apakah milia bisa hilang dengan sendirinya? Pada bayi baru lahir, milia hampir selalu bisa hilang dengan sendirinya tanpa perawatan apapun. Tetapi pada orang dewasa, milia lebih sulit untuk hilang dengan sendirinya sehingga biasanya perlu dikeluarkan atau dihilangkan melalui perawatan.

Ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menghilangkan milia dan mencegah lebih banyak milia terbentuk. Berikut adalah cara mengatasi milia pada wajah dengan 9 bahan alami.

1. Air Mawar

Kelopak bunga mawar adalah obat alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda. Selain mengatasi milia, air mawar (rosewater) juga bisa membuat pipi merona. Air mawar mengandung minyak mawar sehingga menambah khasiat anti-inflamasinya. Karena faktor ini, air mawar dianggap sebagai salah satu pengobatan terbaik untuk cara mengatasi milia dengan bahan alami.

Anda cukup memercikkan beberapa tetes air mawar atau menyemprotkannya secukupnya ke area kulit yang memiliki milia. Anda bisa melakukan ini setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk hasil yang terbaik.

2. Madu Manuka

Madu manuka sedikit berbeda dari madu biasa karena madu ini lebih kaya akan sifat anti-bakteri. Penampilan manuka juga berbeda karena lebih gelap, kental, dan berasal langsung dari tanaman manuka. Madu ini memiliki sifat anti-bakteri, anti-mikroba, dan anti-inflamasi alami yang berguna sebagai cara mengatasi milia pada wajah.

Cara terbaik untuk memperoleh manfaatnya adalah dengan mengoleskan 1 sendok madu manuka pada kulit secara merata dan biarkan selama sekitar 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih, dan lakukan ini setiap hari untuk memperbaiki kondisi kulit Anda.

3. Scrub Lemon-Gula Pasir

Scrub campuran lemon dan gula pasir dapat berfungsi sebagai pengelupas alami kulit. Pengelupasan kulit dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat. Butirgan gula pasir berguna untuk scrub, sehingga bagus untuk cara mengatasi milia dengan bahan alami di rumah. Lemon membantu mengurangi ukuran pori-pori kulit.

Campurkanlah air perasan lemon dengan sedikit gula pasir. Oleskan campuran itu ke wajah Anda. Pijat dengan lembut selama sekitar 15 – 20 menit dan ulangi lakukan ini setiap hari. Benjolan milia Anda biasanya akan berkurang dalam waktu seminggu.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga bisa menjadi cara mengatasi milia pada wajah yang sangat baik. Anda hanya perlu mengoleskannya ke wajah dan memijatnya dengan lembut. Minyak kelapa memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu mengurangi bekas luka di wajah Anda.

Minyak kelapa membuat milia yang keras menjadi lembut dan halus, sehingga lebih untuk menghilangkannya. Anda bisa mengaplikasikannya sebelum tidur malam, lalu membilasnya besok paginya.

Minyak Kelapa untuk Cara Mengatasi Milia dengan Bahan Alami
Credit: Pixel-Shot/Shutterstock

5. Makanan yang Kaya Vitamin A

Makanan yang kaya vitamin A dikenal sangat bagus untuk kesehatan kulit. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa krim yang banyak mengandung vitamin A terbukti efektif menghilangkan milia dari kulit. Vitamin A membantu menghilangkan sel-sel kulit mati serta menjaga kesehatan kulit dalam kondisi baik.

Makanan yang kaya vitamin A antara lain wortel, ubi jalar, bayam, brokoli, almond, alpukat, dan lain sebagainya. Rekomendasi umum untuk asupan vitamin A ialah 600 – 800 μg (mikrogram) setiap hari. Karena itu, pola makan bergizi seimbang juga berpengaruh pada kulit Anda.

6. Kentang

Kentang adalah cara mengatasi milia dengan bahan alami yang berikutnya. Kentang berfungsi sebagai bahan pembersih untuk kulit Anda dan juga membantu menghilangkan milia. Kentang mengandung zat pati dalam jumlah besar yang mencegah dan bahkan mengobati benjolan-benjolan putih di wajah Anda.

Cara menggunakan kentang yaitu dengan menggiling kentang dan mengambil air sarinya. Simpan sari kentang ini di lemari es dan gunakan setelah beberapa waktu. Anda cukup mencelupkan kapas ke dalam sari kentang ini dan oleskan pada milia di wajah. Biarkan mengering sendiri, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini dua kali sehari sampai hasilnya memuaskan.

7. Bubuk Kayu Cendana

Anda juga bisa menggunakan bubuk cendana untuk cara mengatasi milia pada wajah. Campurkan bubuk cendana dengan air untuk membuat campuran kental. Bisa juga mengganti air dengan air mawar sebagai campuran untuk manfaat yang lebih besar. Lalu oleskan campuran kental itu ke area wajah yang memiliki milia, pijat dengan lembut selama beberapa saat dengan gerakan melingkar.

Kemudian, biarkan mengering selama beberapa menit. Bilas wajah dengan air hangat, dan lakukan ini minimal dua kali sehari. Anda bisa melakukan ini setiap hari untuk memberikan sensasi menenangkan dan menyegarkan pada kulit, di samping untuk menghilangkan milia. Dan bubuk cendana bukan hanya mengatasi milia tetapi juga mencegahnya muncul kembali.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya (Aloe vera) punya banyak manfaat, mulai dari mengobati kulit terbakar hingga mengatasi jerawat. Gel ini juga dipakai untuk melindungi bibir pecah-pecah, siku dan lutut yang kering, bahkan untuk perawatan rambut. Anda bisa memasukkan lidah buaya ke dalam rutinitas perawatan kecantikan harian dan menikmati manfaatnya. Selain itu, antioksidan yang dimiliki lidah buaya memiliki sifat penyembuhan yang kuat.

Lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu dalam mengobati milia dan menenangkan serta menyejukkan area kulit yang ditumbuhi milia. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang terdapat milia.

9. Minyak Jarak

Minyak jarak punya sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk kulit. Mengoleskan minyak jarak salah satu cara mengatasi milia dengan bahan alami yang terbaik. Sebelum mengoleskan minyak ini, bersihkan dulu wajah dengan air lalu keringkan.

Kemudian, pijat daerah yang terkena milia dengan beberapa tetes minyak jarak dan biarkan selama minimal setengah jam. Terakhir, bilas wajah sampai bersih dan keringkan dengan tepuk-tepuk menggunakan tisu atau handuk bersih. Ulangi lakukan ini setiap hari untuk menghilangkan milia dengan cepat dan efektif.

Pengingat penting: Jangan pernah memencet atau menusuk milia, melakukannya dapat memicu terjadinya infeksi dan meninggalkan bekas luka yang tidak enak dilihat.

Selagi menggunakan salah satu cara di atas untuk mengatasi milia, pastikan Anda selalu membersihkan wajah secara teratur. Gunakan sabun khusus wajah yang berbahan ringan untuk mencegah iritasi kulit. Anda juga bisa memilih sabun khusus untuk kulit wajah yang sensitif.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang cara mengatasi milia pada wajah dengan 9 bahan alami. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan dan pemanfaatan bahan-bahan alami hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. How to Get Rid of Milia: 7 Ways. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/how-to-get-rid-of-milia

Medical News Today. How can I get rid of milia?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320953

Onlymyhealth. Having Milia On Your Face? Here Are 10 Useful Home Remedies To Get Rid Of Them. https://www.onlymyhealth.com/having-milia-on-your-face-here-are-10-useful-home-remedies-to-get-rid-of-them-1608800216

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}