Rahasia Kulit Glowing Super Model Dunia Ini Ternyata dari Buah Asli Indonesia Loh!


By Cindy Wijaya

Siapa pun yang pernah melihat Miranda Kerr, meski hanya lewat layar kaca, tidak bisa menyangkal bahwa ia punya kulit glowing yang diidamkan setiap wanita. Memang parasnya sudah rupawan sejak lahir, tapi kulitnya yang glowing kian mempertegas aura kecantikannya. Mungkin ini salah satu faktor yang membuatnya menjadi super model tersohor di dunia.

Namun siapa sangka rahasia kulit indah sang super model itu rupanya berasal dari jus buah yang berasal dari Indonesia. Ya, kulitnya yang memancarkan kilau alami dan tampak kenyal itu diakuinya bukan dari produk atau teknik skincare glowing yang rumit dan sulit dijangkau orang awam.

Banyak orang pikir perawatan untuk kulit glowing adalah produk skincare, tetapi pengalaman Miranda Kerr menunjukkan bahwa yang terbaik untuk kulit glowing adalah perawatan dari dalam.

Kalau itu benar, berarti kita semua bisa saja memperoleh kondisi kulit yang cantik jika mengikuti jejaknya, dengan mengonsumsi jus buah itu setiap hari.

Jadi benarkah rahasianya sesimpel minum jus buah? Banyak orang sudah biasa minum jus buah tiap hari tapi kulitnya biasa saja? Tunggu dulu… Jus buah yang diminumnya bukan buah sembarangan.

Rahasia Kulit Glowing Miranda Kerr, Minum Jus Buah Ini Setiap Hari

Dalam beberapa kali membintangi wawancara di televisi dan majalah wanita terkemuka, ia mengungkapkan bahwa ia selalu minum Noni juice setiap hari yang membantu menjaga penampilan kulit cantiknya. Nah ini dia kuncinya, buahnya adalah Noni atau yang lebih dikenal orang Indonesia sebagai Mengkudu.

Ia menceritakan pertama kali diberitahu tentang jus buah ini oleh neneknya yang sudah rutin meminumnya, dan sejak kecil ia juga mulai mengikuti jejak neneknya dengan rutin meminumnya. Ia juga mengatakan bahwa neneknya tetap punya kulit yang terlihat cantik dan sehat di usianya yang lansia.

“Saya minum ini [Noni juice] sejak umur 14 tahun, dan saat saya harus melalui hari yang panjang, itu salah satu yang tidak bisa saya tinggalkan.”
—Miranda Kerr, dikutip Cosmopolitan Australia.

Apa sebenarnya Noni juice itu? Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu Noni juice, meski tinggal di Indonesia, yang merupakan salah satu negeri asli penghasil buah Noni dan banyak produsen Noni juice di sini.

Sebagaimana diungkapkan oleh sang super model sendiri, Noni juice dibuat dari sari buah Noni yang banyak tumbuh di Tahiti. Mengenai sejarah Noni di Tahiti ini ada yang unik, di sana 1.600 tahun lalu buah ini dianggap sebagai buah suci oleh para tabib (Kahuna) di desa-desa karena sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Dan sampai zaman sekarang pun Noni terus dikenal sebagai herbal multi-khasiat, termasuk untuk kecantikan, bukan hanya di Tahiti tapi juga di seputar dunia.

Kenapa Noni Dibilang Buah Asli Indonesia?

Kalau dilihat sejarahnya, Noni sebetulnya tumbuh lebih dulu di Indonesia sekitar 6000 tahun lalu, antara lain di kepulauan Maluku. Sepanjang tahun Noni biasa dipanen di sana untuk dikonsumsi sebagai buah yang kaya nutrisi dan baik untuk kesehatan.

Lalu 2000 – 3000 tahun lalu, ada sekelompok orang dari Maluku yang mulai pindah ke tempat lain dengan berlayar ke arah timur, ke Melanesia dan Polinesia, dengan perahu-perahu kecil sambil membawa banyak tumbuhan asli Indonesia, termasuk Noni.

Melalui cara inilah Noni bisa menyebar sampai ke pulau Tahiti, yang adalah salah satu pulau terbesar di wilayah Polinesia. Karena itu orang-orang asli Tahiti sejak ribuan tahun lalu dapat ikut menikmati manfaat Noni untuk kesehatan, sama seperti di Indonesia.

(Sumber: situs resmi Tokyo Noni Research Center).

Bagaimana Cara Noni Juice Bikin Kulit Glowing?

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan Noni untuk perawatan kulit dapat secara signifikan memperbaiki garis-garis halus dan kerutan, serta kekenyalan (elastisitas) dan kekencangan kulit. Manfaat-manfaat tersebut terlihat dalam waktu 2 minggu penggunaan produk berbahan dasar Noni. (Sumber: jurnal ilmiah Current Research Journal of Biological Sciences).

Nah kondisi kulit yang sehat, bebas garis-garis halus dan kerutan, kenyal, dan kencang adalah faktor penting untuk mendapat kulit glowing.

Ini selaras dengan yang dikatakan oleh dr. Leni Kumalasari, Dipl.AAAM, CEO Skinda Dermato-Aesthetic Clinic. Seperti yang dikutip dalam Tribunnews, dr. Leni menjelaskan bahwa kulit glowing berarti kulit yang sehat, terasa kenyal, dan tampak tidak kusam.

Manfaat Noni untuk kulit glowing kemungkinan ada kaitannya dengan kemampuannya untuk membantu regenerasi sel-sel dalam tubuh, termasuk sel-sel kulit. Dengan kemampuan ini, sel-sel kulit yang sudah mati akan selalu diregenerasi dan diganti dengan sel-sel baru yang sehat. Inilah yang membantu kulit selalu tampak kenyal atau glowing.

Jadi dengan kata lain, manfaat Noni untuk kulit berasal dari dalam tubuh. Noni memberikan asupan nutrisi, vitamin, enzim, dan mineral ke dalam tubuh agar tubuh bisa melakukan regenerasi sel dengan baik.

Karena itu yang perlu kita lakukan adalah setiap hari memberi tubuh asupan yang dibutuhkannya untuk menjaga dan memperbarui penampilan kulit.

Kulit glowing adalah kulit yang sehat, terasa kenyal, dan tampak tidak kusam. Noni membantu memperbaiki garis-garis halus dan kerutan serta kekenyalan dan kekencangan kulit sehingga membuat kulit tampak lebih glowing.

Noni Juice, Rahasia Kulit Glowing
Credit Gambar Noni: Sommai Larkjit / 123rf

8 Manfaat Noni Lainnya untuk Kecantikan

Kini kita sudah tahu bahwa super model dunia sekelas Miranda Kerr ternyata memanfaatkan jus buah asli Indonesia untuk mendapat kulit glowing. Sebenarnya rahasia ini bisa dibilang sudah jadi “rahasia umum”, sebab buah Noni sudah kesohor khasiatnya untuk kecantikan.

Tak sedikit produk perawatan kecantikan yang menonjolkan Noni sebagai bahan bakunya, supaya orang-orang percaya dengan manfaat produk tersebut bagi kecantikan. Misalnya saja skincare, masker, krim, salep, sampai sampo penghitam rambut, yang memajang foto buah Noni di kemasan produk mereka.

Jadi sudah tertanam dalam pikiran banyak orang bahwa Noni bermanfaat untuk kecantikan. Untuk lebih jelasnya perhatikanlah daftar manfaat kecantikan yang ditawarkan oleh Noni untuk kita semua, selain membuat kulit glowing.

Melindungi Kulit dari Kerusakan

Selain membantu memperbaiki kondisi kulit yang kurang baik akibat kerusakan seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur, Noni juga melindungi kulit kita agar tidak mengalami kerusakan.

Noni mengandung antioksidan seperti glutathion, asam askorbat, alfa-tokoferol, beta-karoten, bilirubin, selenium, asam dihidrolipoat, CoQ10, melatonin, dan lain sebagainya. Kesemua antioksidan ini berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kulit.

Kemudian ada juga kandungan flavonoid yang berfungsi melawan enzim-enzim “jahat” penyebab kulit kusam seperti lipooksigenase, monooksigenase, siklooksigenase, glutatione-S , dan transferasexantin oksidase.

Membuat Kulit Mulus Bebas Jerawat

Kulit kita akan gagal glowing kalau masih ada jerawat yang membandel. Di sini lah peran Noni yang memuluskan kulit kita.

Noni mengandung banyak vitamin C dan E, zink, antrakuinon, flavonoid, juga fenol yang semuanya bermanfaat untuk menghilangkan masalah jerawat di kulit.

Vitamin C membantu memperkuat daya tahan tubuh dan mematikan bakteri penyebab jerawat. Vitamin E membantu memperbaiki keseimbangan hormon yang memicu kemunculan jerawat.

Zink dapat melancarkan peredaran darah sehingga membantu mendetoksifikasi toksin dalam darah yang bisa memicu jerawat. Antrakuinon merupakan senyawa fitronution yang ikut memperkuat daya tahan tubuh, memperbaiki keseimbangan hormon, dan juga membantu menyembuhkan luka bekas jerawat.

Kemudian flavonoid serta fenol merupakan antioksidan aktif yang berfungsi mengangkat kelebihan lemak, melancarkan peredaran darah, mengoptimalkan daya tahan tubuh, merangsang pembentukan kolagen, dan mendetoksifikasi toksin dari dalam tubuh.

Menghambat Penuaan Dini

Aktivitas di luar ruangan dan terkena cahaya matahari memang bikin kita sehat, tapi sayangnya ada bahaya dari sinar UV bagi kulit. Nah Noni bisa melindungi kita dari kerusakan kulit akibat paparan sinar UV itu.

Noni punya antioksidan yang dapat menetralisir radikal-radikal bebas yang dilepaskan oleh radiasi sinar UV. Dan karena mengandung beragam nutrisi penting bagi kulit, Noni mampu mencegah berbagai kondisi yang memicu penuaan dini seperti kulit kering dan penumpukan sel-sel mati.

Di samping itu Noni juga adalah energy booster dan mood booster alami, yang membuat kita lebih berenergi dan bersemangat untuk melakukan kegiatan fisik. Kegiatan fisik, termasuk olahraga, merupakan cara yang sangat dianjurkan untuk menghambat penuaan dini.

Membantu Rambut Jadi Kuat, Berkilau, Bebas Ketombe

Sayang sekali punya kulit glowing tapi rambut kusam, gampang rontok, atau berketombe. Itu bisa dihindari kalau minum Noni, karena manfaat kecantikan Noni juga sampai ke rambut kita.

Noni menutrisi rambut dari dalam, membantu menjaganya tetap kuat, berkilau, dan sehat. Nutrisi itu juga merawat kulit kepala yang kering dan bersisik karena meningkatkan sirkulasi darah ke area itu, jadi bisa mencegah ketombe.

Selain itu kandungan vitamin dan mineralnya sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi kerontokan rambut.

Membantu Mencapai Berat Badan Ideal

Tidak lengkap rasanya jika kondisi kulit sudah sesuai keinginan, tapi bentuk dan bobot badan masih jauh dari harapan. Noni membantu kita memiliki berat badan yang ideal karena punya kemampuan untuk memperbaiki metabolisme tubuh.

Jika punya metabolisme yang baik, tubuh bisa lebih optimal dalam membakar kalori dan mencegah penumpukan lemak. Noni juga punya beragam kandungan nutrasetikal yang bermanfaat untuk menyesuaikan nafsu makan Anda sesuai kebutuhan tubuh.

Dan karena Noni membuat kita lebih berenergi dan bersemangat untuk lebih banyak olahraga, maka kalori dan timbunan lemak dalam tubuh kita juga akan lebih banyak terbakar.

Menambah Energy Level

Manfaat yang satu ini sangat cocok buat kita yang punya banyak kegiatan sepanjang hari, mungkin sebagai pelajar, pekerja kantoran, atau ibu rumah tangga.

Noni punya seluruh komponen bahan pembentuk glutathion, yang dijuluki sebagai antioksidan super. Maksudnya glutathion sebagai senyawa antioksidan punya kemampuan untuk membuat produksi energi tubuh lebih efektif, dengan cara meningkatkan pembakaran serta merangsang daya serap sel terhadap glukosa (zat gula).

Glutathion juga turut mengoptimalkan penyerapan dan penyaluran nutrisi sehingga nutrisi bisa diantarkan dengan baik ke seluruh tubuh. Berbekal produksi energi yang efektif serta penyerapan dan penyaluran nutrisi yang baik, tentunya badan kita akan bertambah energy level-nya.

Mengurangi Stres

Stres punya dampak serius bagi kesehatan kulit kita. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami stres dan kecemasan bisa terlihat jauh lebih tua dari umur sebenarnya.

Noni dapat mengurangi tingkat stres kita, karena mengandung scopoletin yang berguna untuk meningkatkan aktivitas kelenjar pineal dalam otak. Kelenjar ini adalah penghasil serotonin yang kemudian digunakan untuk menciptakan hormon melatonin.

Serotonin dan melatonon inilah yang membantu mengendalikan berbagai aktivitas tubuh untuk menetralisir stres. Aktivitas itu misalnya tidur yang nyenyak, pengaturan suhu badan, pengaturan suasana hati (mood), pengendalian pubertas, siklus menstruasi, rasa lapar, dan perilaku seksual.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur adalah bagian penting dari kecantikan. Kenapa? Saat kita tidur, kulit kita memulihkan dirinya sendiri dari kerusakan yang mungkin dialaminya. Penelitian menunjukkan bahwa sel-sel kulit baru tumbuh lebih cepat saat sedang tidur.

Menyambung poin sebelumnya, Noni mampu merangsang aktivitas kelenjar penghasil serotonin dan melatonin. Bila tubuh tercukupi kebutuhan serotoninnya, maka stres akan berkurang dan tidur jadi lebih mudah.

Dan melatonin berperan sebagai “alarm” alami yang mengingatkan tubuh untuk beristirahat. Jadi bila tubuh punya cukup melatonin, maka kita akan lebih mudah untuk merasa rileks dan mengantuk saat tiba waktunya tidur.

Manfaat Noni akan melindungi dan memperbarui kulit dan rambut kita dari hari ke hari. Noni juga meningkatkan kecantikan dari dalam, yang membantu kita punya berat badan ideal, energy level yang prima, tidak gampang stres, cukup tidur—yang semuanya penting untuk menunjang penampilan.

Skincare Glowing Miranda Kerr
Credit Photo: Instagram / mirandakerr

Minum Noni Setiap Hari Agar Kulit Glowing Alami

Sekarang, apakah Anda ingin punya kulit glowing yang memancarkan keindahan alami seperti Miranda Kerr? Maka ikutilah rahasia kecantikan dari sang super model itu, bukan fokus pada teknik skincare glowing yang rumit, tetapi dengan rutin minum Noni juice setiap hari yang sudah dibuktikannya sendiri selama bertahun-tahun.

Noni banyak tumbuh di Indonesia, jadi ada banyak toko produk kesehatan offline maupun online yang menjual Noni juice dalam berbagai merek. Namun pastikan produk Noni juice yang Anda pilih murni terbuat dari 100% sari buah Noni supaya Anda memperoleh manfaat sepenuhnya dari seluruh kandungan Noni, yang membuat Anda bukan hanya cantik dari luar tetapi juga dari dalam.

Jika masih ragu, tenang saja, Anda bisa coba dulu minum hanya untuk 1 bulan. Bila dalam 1 bulan itu tidak dirasakan perubahan apa-apa, barulah Anda bisa bilang bahwa Noni tidak bermanfaat. Tapi dari pengalaman orang-orang yang sudah minum Noni, kemungkinan besar Anda akan merasakan efek positif bagi tubuh.

Selain kulit menjadi lebih cantik, efek yang paling cepat dirasakan oleh orang-orang yang mulai rutin minum Noni adalah tidur lebih lelap, mood lebih stabil, dan badan lebih bertenaga.

Jadi rasakanlah sendiri perubahan dalam hidup Anda, bayangkan Anda akan punya kulit glowing alami, suasana hati lebih baik, dan bugar dari hari ke hari!

Sumber

Sumber Referensi:

West, B., & Sabin, R. (2012). Efficacy of a Morinda citrifolia Based Skin Care Regimen. URL: https://www.researchgate.net/publication/267201851_Efficacy_of_a_Morinda_citrifolia_Based_Skin_Care_Regimen

Cosmopolitan.com. Miranda Kerr’s beauty secrets. URL: https://www.cosmopolitan.com/uk/beauty-hair/news/a12618/miranda-kerrs-beauty-secrets-/

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>