Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Membuat Wajah Mulus Membuat Wajah Mulus Shutterstock

Ingin Lebih Cantik? Konsumsilah Makanan Ini untuk Membuat Kulit Mulus

Tahukah Anda bahwa apa yang Anda makan sebenarnya adalah cara untuk membuat kulit mulus dan cantik? Ada kaitan erat antara apa yang Anda konsumsi sehari-hari dengan bagaimana penampilan Anda.

Jika mengonsumsi makana/minuman yang tepat, Anda bahkan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan, penebalan, warna tidak merata, dan kurangnya kelenturan pada kulit. Di sisi lain, mengonsumsi makanan/minuman tersebut akan membantu menjaga kesehatan dari dalam. Tubuh yang sehat selalu memancarkan kulit yang sehat.

Pola makan bergizi seimbang adalah kunci penting untuk memperoleh kulit mulus dan berseri. Makanan-makanan yang mengandung antioksidan tinggi, misalnya vitamin A, C, dan E, juga selenium, membantu menjaga kulit terlindung serta ternutrisi dengan baik. Berikut adalah 10 makanan terbaik untuk membuat kulit mulus dan cantik alami.

Buah-buahan Beri

Berbagai jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, mulberry, blackberry, cranberry, raspberry, cherry, dan boysenberry dianggap sangat bagus untuk kulit berkat kandungan tinggi antioksidan yang mereka miliki.

Sebenarnya, suatu penelitian tahun 2012 yang diterbitkan di Journal of Zhejian University Science B mendapati bahwa buah-buahan beri mempunyai kemampuan antioksidan kuat.

Antioksidan melawan radikal-radikal bebas dan memperlambat proses penuaan dengan cara mengurangi kerusakan oksidatif terhadap sel-sel. Selain antioksidan, buah beri juga memiliki kemampuan anti inflamasi.

Beri sangat cocok dijadikan camilan sehat dan Anda bisa menambahkannya sebagai campuran untuk sereal, jus, atau yogurt setiap hari agar dapat menikmati manfaatnya untuk membuat wajah mulus dan berseri-seri.

Minyak Zaitun

Minyak zaitunsumber yang baik untuk memperoleh polifenol, antioksidan seperti vitamin E, dan asam lemak esensial, yang dapat benar-benar membantu menunda proses penuaan.

Juga kaya akan kandungan squalane, sejenis emolien alami yang sangat bagus untuk kulit dan kuku, bibir, serta rambut Anda. Tingginya jumlah vitamin E dalam minyak zaitunmembantu melindungi selaput sel serta kulit Anda dari kerusakan akibat sinar ultravioter yang berbahaya di matahari.

Anda bisa langsung mengoleskan minyak zaitun ke kulit yang masih lembap sesudah mandi untuk menjaga kelembapannya. Juga bisa dimanfaatkan sebagai pelembap tangan serta pembersih make up alami.

Untuk menikmati manfaat kesehatan sekaligus kecantikan dari minyak zaitun, cobalah tambahkan minyak zaitun ke dalam masakan sehari-hari Anda.

Ikan Tuna

Ikan tuna adalah salah satu sumber untuk mendapatkan asam lemak omega 3, yang membantu mempertahankan selaput-selaput sel untuk memungkinkan masuknya air serta nutrisi, tetapi menjaga agar racun-racun berbahaya tidak masuk.

Jenis lemak sehat ini juga mengurangi inflamasidi dalam tubuh dan menurunkan risiko kanker kulit. Ikan tuna juga mengandung selenium, sejenis mineral yang melindungi kulit dari sinar UV yang merusak.

Anda disarankan untuk mengonsumsi ikan setidaknya 2 porsi dalam seminggu. Satu porsi sama dengan 2 – 3 ons. Anda bisa menikmati ikan tuna yang dipanggang, dicampur dengan salad atau pasta, atau sebagai lauk pendamping nasi. Selain tuna, ikan salmon, haring, makerel, dan sarden juga bermanfaat membuat wajah mulus dan cerah.

Bayam

Sayuran berdaun hijau ini kaya akan antioksidan dan vitamin B, C, dan E, potasium, kalsium, zat besi, magnesium, serta asam lemak omega-3, yang sangat baik untuk kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di International Journal of Cancer, disimpulkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak bayamlebih sedikit yang menderita tumor kulit dibandingkan dengan mereka yang hanya sedikit makan bayam.

Hal ini kemungkinan karena kandungan tinggi folat di dalam bayam yang membantu memperbaiki serta mempertahankan DNA sehat, mencegah kerusakan sel, dan memperlambat proses penuaan. Juga, kandungan air pada bayam menembus selaput sel dan sanggup membuat kulit menjadi lebih tebal dan hanya sedikit keriput.

Tomat

Tomat adalah sumber terbaik dari antioksidan anti-penuaan likopen. Likopen membantu mengurangi reaksi inflamasi terhadap kerusakan akibat UV, sehingga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Untuk menikmati manfaat likopen ini, Anda perlu memasak tomat, bukan dengan memakannya mentah-mentah.

Tomat juga mengandung sejumlah vitamin C, yang membantu menciptakan kolagen serta melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung sejumlah besar vitamin C, yang membantu produksi kolagen, sejenis protein yang mengurangi kerutan serta membantu menjaga kulit mulus dan cantik. Disamping itu, vitamin A di dalam ubi jalar memberikan kulit warna yang lebih cerah.

Anda bisa memasukkan ubi jalar ke dalam menu sehari-hari, dengan memanggang atau mengukusnya. Anda bahkan bisa mencoba memanggangnya untuk dijadikan lauk makanan.

Pepaya

Pepaya adalah sumber yang sangat baik untuk vitamin C yang membantu melindungi sel-sel kulit dari sinar matahari dengan cara mendorong perbaikan DNA yang dirusak oleh sinar UV. Pepaya juga kaya akan enzimpapain, yang membantu menutrisi dan mendukung kesehatan kulit dengan cara memecah sel-sel kulit agar lebih mudah mengelupas.

Kulit pepaya bisa digunakan untuk mengelupas kulit, dan pepaya mentah yang digerus halus dapat dijadikan masker wajah untuk mengobati jerawat dan bisul. Selain itu, pepaya matang bisa dimakan mentah-mentah, sedangkan yang masih hijau bisa digunakan untuk campuran sop.

Cokelat Hitam

Cokelathitam mengandung flavonoid yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, melindunginya dari kerusakan akibat matahari, serta meningkatkan aliran darah. Terdapat juga sejumlah besar kandungan kokoa yang membantu menurunkan hormon-hormon stres, yang artinya lebih sedikit pemecahan kolagen sehingga lebih sedikit kerutan dan garis-garis halus.

Dalam sebuah penlitian yang dirilis di Journal of Nutrition, wanita yang meminum kokoa yang diperkaya dengan 326 mg flavonol memiliki tekstur kulit yang lebih baik. Selain meminumnya, Anda juga bisa memakan sedikit cokelathitam setiap hari.

Teh Hijau

Teh hijausangat baik untuk membuat kulit mulus sekaligus menyehatkan seluruh tubuh Anda. Kandungan polifenol di dalamnya mempunyai kemampuan anti inflamasi, dan sangat bersifat melindungi selaput-selaput sel. Teh ini bahkan mampu mencegah dan mengurangi risiko kanker kulit.

Suatu penelitian tahun 2007 yang diterbitkan di Journal of Nutritional Biochemistry mendapati bahwa meminum 2 – 6 cangkir teh hijaudalam sehari bukan cuman membantu mencegah kanker kulit, tapi juga mampu memulihkan efek kerusakan akibat matahari dengan cara menetralkan perubahan-perubahan yang tampak pada kulit.

Kacang Pohon

Kacang dari pohon seperti almond dan kenari bagus untuk kesehatan kulit. Konsumsi segenggam kacang pohon setiap hari dapat membuat wajah mulus dan rambut berkilau, berkat adanya kandungan tinggi nutris-nutrisi seperti asam lemak omega-3 dan vitamin E yang mereka miliki.

Vitamin E mengurangi radikal bebas yang berkaitan dengan penuaan kulit serta melindungi kulit dari kerusakan UV. Juga membantu menjaga kulit terhidrasi, memberikan kelegaan dari masalah kulit kering, dan membuatnya tampak lebih muda. Di sisi lain, omega-3 membantu mengurangi inflamasi dalam tubuh dan menurunkan risiko kanker kulit.

Jadi, rahasian di balik kulit mulus dan cantik adalah makanan yang Anda makan sehari-hari. Konsumsilah makanan-makanan yang tepat, bersama dengan mengupayakan olahraga teratur, menikmati tidur cukup setiap hari, dan menghindari paparan sinar matahari berlebihan.

Jika Anda mengupayakan hal-hal tadi, Anda akan mendapatkan penampilan yang awet muda dengan wajah mulus, untuk saat ini dan bahkan hingga berpuluh-puluh tahun ke depan.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register