6 Cara Menghilangkan Bibir Hitam secara Alami


By Cindy Wijaya

Sama seperti warna kulit, warna alami bibir setiap orang berbeda-beda. Tidak ada warna bibir yang lebih unggul daripada yang lainnya, semuanya sama-sama bagus. Tetapi ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bibir menghitam atau lebih gelap dari aslinya. Jika mengalaminya, Anda mungkin ingin berupaya mencerahkannya kembali. Bagaimana cara menghilangkan bibir hitam secara alami?

Kenapa secara alami? Karena penggunaan bahan-bahan alami diyakini lebih aman dan lebih ditoleransi oleh tubuh daripada penggunaan bahan buatan. Selain itu, bahan-bahan alami yang mudah diperoleh juga lebih terjangkau daripada produk perawatan yang biasanya cukup menguras kantong.

Sebenarnya bibir menghitam termasuk masalah hiperpigmentasi kulit. Maksudnya hiperpigmentasi adalah kulit memproduksi lebih banyak melanin daripada biasanya, sehingga muncul area-area kulit yang lebih gelap daripada kulit sekitarnya. Ada beberapa masalah penyebab hiperpigmentasi itu, misalnya paparan sinar matahari, merokok, perubahan selama kehamilan, konsumsi obat, dan masalah kesehatan tertentu.

Mengatasi masalah hiperpigmentasi sering kali dilakukan menggunakan perawatan kosmetik. Perawatan laser dan bahan kimia seperti hidrokuinon dan asam kojic sering dipakai untuk mengobati hiperpigmentasi pada bibir. Banyak perawatan untuk hiperpigmentasi itu bekerja dengan cara menghambat enzim yang menghasilkan melanin.

Namun, kita dapat menggunakan cara megatasi bibir hitam secara alami yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kita. Berikut adalah beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan.

Cara Menghilangkan Bibir Hitam secara Alami

Ini adalah bahan-bahan alami yang telah diselidiki kegunaannya untuk membantu mencerahkan kembali area kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Namun perlu diingat, kadang ada kulit wajah yang mengalami iritasi atau alergi terhadap bahan-bahan alami tertentu.

Jadi sebaiknya selalu lakukan tes dulu dengan mengoleskan atau menggosokkan bahan tersebut ke kulit pergelangan tangan. Biarkan selama 24 jam dan jika tidak ada reaksi apapun, berarti bahan itu aman bagi Anda.

1. Lemon

Suatu penelitian menunjukkan bahwa kulit buah citrus (seperti lemon) dapat bermanfaat sebagai penghambat melanin.

Jadi setiap malam sebelum tidur, potong sebuah lemon dan gosokkan dengan lembut bagiannya yang berair ke bibir. Keesokan paginya, bilaslah bibir dengan air dingin.

Ulangi langkah ini setiap malam sampai Anda mendapatkan hasil yang memuaskan. Bisa jadi dibutuhkan waktu 30 hari.

2. Lemon dan Gula

Sebelum tidur, potong irisan lemon dan celupkan ke dalam gula. Gosokkan bibir Anda dengan lemon yang sudah digulai itu. Keesokan paginya, bilaslah bibir dengan air hangat.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga merupakan buah citrus lain yang kemungkinan punya manfaat penghambat melanin.

Untuk cara menghilangkan bibir hitam secara alami, dalam mangkuk kecil campurkan jadi satu:

  • 1 ½ sendok teh air jeruk nipis segar
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok teh gliserin

Oleskan campuran itu dengan lembut ke bibir Anda sebelum tidur. Kemudian bilas bibir Anda keesokan paginya.

4. Kunyit

Penelitian menunjukkan bahwa kunyit juga dapat bermanfaat sebagai penghambat melanin.

Untuk cara mengatasi bibir hitam secara alami, dalam mangkuk kecil campurkan jadi satu:

  • 1 sendok makan susu
  • Bubuk kunyit secukupnya

Campurkan sampai menjadi seperti salep, lalu dengan ujung jari gosokkan salep itu pada bibir. Diamkan selama sekitar 5 menit sebelum membilasnya dengan air dingin.

Setelah bibir sudah kering, oleskan bibir dengan lip balm favorit Anda.

5. Lidah Buaya

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya (aloe vera) punya kandungan yang bermanfaat menghambat produksi melanin.

Jadi sekali setiap hari, oleskanlah lapisan tipis gel lidah buaya segar ke bibir yang menghitam. Setelah gel itu mengering, bilaslah dengan air hangat.

6. Delima

Delima juga merupakan bahan alami yang telah diselidiki kemampuannya untuk mencerahkan hiperpigmentasi kulit.

Untuk cara memerahkan bibir hitam secara alami, campurkanlah bahan-bahan berikut menjadi satu:

  • 1 sendok makan biji delima
  • 1 sendok teh air mawar
  • 1 sendok makan krim susu segar

Campurkan ketiga bahan di atas sampai menjadi seperti salep. Lalu pijatkan dengan lembut salep itu ke bibir Anda selama sekitar tiga menit, lalu bilas bibir dengan air dingin. Ulangi setiap hari.

Cara Menghilangkan Bibir Hitam secara Alami Lainnya

Ada juga bahan-bahan alami lain yang digunakan sebagai cara mengatasi bibir hitam. Akan tetapi masih dibutuhkan penelitian untuk mengetahui keefektifan bahan-bahan tersebut. Anda bisa mencobanya jika ingin.

  • Minyak kelapa: Oleskan secara perlahan sedikit minyak kelapa dengan ujung jari ke seluruh bibir. Lakukan ini beberapa kali di siang hari dan juga sebelum tidur malam.
  • Air mawar: Campurkan 2 tetes air mawar dengan 6 tetes madu. Oleskan ke bibir 3 – 4 kali sehari, dan bisa juga sebelum tidur malam.
  • Minyak zaitun: Sebelum tidur, pijatkan beberapa tetes minyak zaitun ke bibir Anda.
  • Jus timun: Blender setengah potong timu lalu dinginkan dalam lemari es. Setelah dingin, celupkan bola kapas ke dalamnya dan oleskan bola kapas itu dengan lembut ke bibir. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air dingin.
  • Stroberi: Campurkan 5 buah stroberi ukuran sedang yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok teh soda kue. Campur sampai jadi salep dan oleskan dengan lembut ke bibir sebelum tidur. Bilas dengan air dingin keesokan paginya.
  • Almond: Dalam mangkuk kecil, campurkan 1 senodk makan krim susu segar dan bubuk almond secukupnya sampai jadi salep. Pijatkan salep ke bibir selama 3 – 5 menit. Biarkan mengering 5 menit, lalu bilas air hangat. Ulangi setiap hari.
  • Minyak almond: Setiap sebelum tidur malam, pijatkan 1 – 2 tetes minyak almond ke bibir Anda.
  • Gula: Campurkan 3 sendok teh gula dan 2 sendok teh mentega. Tiga kali seminggu, pijatkan campuran ini ke bibir selama 3 – 4 menit. Jika suka, bisa mengganti mentega dengan minyak zaitun.
  • Bit: Giling bit sampai halus dengan blender atau food processor. Dua kali seminggu, oleskan bit yang sudah halus ini ke bibir. Biarkan 5 – 10 menit, lalu bilas. Setelah bibir bersih dan kering, oleskan tipis petroleum jelly.

Kesimpulan tentang Cara Mengatasi Bibir Hitam secara Alami

Seberapa cerah atau gelap bibir seseorang dapat berbeda pada tiap-tiap orang. Dan seberapa menarik itu tergantung pada pilihan pribadi setiap orang. Akan tetapi ada berbagai hal yang bisa memicu bibir menjadi lebih gelap daripada warna aslinya.

Jika mengalaminya, Anda mungkin ingin berupaya mencerahkan kembali bibir Anda. Dalam artikel ini telah dikupas 6 cara mengatasi bibir hitam secara alami. Bahan-bahan alami utamanya adalah lemon, gula, kunyit, dan lidah buaya.

Namun ada juga berbagai cara memerahkan bibir hitam secara alami lain yang bisa Anda coba, meski perlu penelitian untuk meninjau keefektifannya.

Jika memungkinkan, ada baiknya Anda terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan bahan alami yang cocok dan aman bagi Anda. Dokter juga bisa memastikan apa sebenarnya penyebab bibir hitam Anda sehingga dapat membantu menemukan perawatan yang paling sesuai.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang cara menghilangkan bibir hitam secara alami dengan bahan-bahan yang gampang diperoleh. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan informatif lain seputar kesehatan dan pemanfaatan bahan-bahan alami hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. 16 Ways to Lighten Dark Lips. URL: https://www.healthline.com/health/dark-lips

Medical News Today. Causes and home remedies for dark lips. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/326104

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>