7 Tanda-Tanda Kanker Rahim Stadium Awal

490
Shutterstock

Diedit:

Tanda-tanda kanker rahim harus dikenali sejak dini! Kanker rahim merupakan kanker ke-6 yang paling sering menyerang wanita. Meski kanker ini tidak masuk 10 besar kanker yang paling banyak terdiagnosa.

Kanker ini berkembang pada dinding rahim, organ wanita yang berperan sebagai tempat penyimpanan janin dalam masa kehamilan. Kanker rahim lebih banyak terjadi pada mereka di atas usia 60 tahun. Meski tidak menutup kemungkinan adanya perkembangan kanker rahim pada usia produktif.

Dan menurut sumber medscape.com kebanyakan kasus kanker rahim merupakan kanker sekunder yang berasal dari perkembangan kanker serviks stadium lanjut.

Kanker rahim sendiri dapat terjadi pada dua bagan lapisan dari dinding rahim. Baik pada dinding dalam atau endometrium maupun dinding luar atau sel adenosid yang menopang kantung rongga rahim.

Untuk Anda pahami, dinding endometrium adalah dinding yang nantinya akan menyimpan massa darah untuk kemudian luruh pada saat menstruasi. Sedang dinding adenosid adalah dinding otot yang menyangga sisi luar dari setiap organ tubuh, termasuk rahim.

Pada kesempatan ini kita akan fokus pada kanker carcinoma yang terjadi pada dinding adenosid. Dan pada kesempatan berikutnya kita akan lebih fokus pada kanker endometrium.

Kanker rahim primer atau benar-benar tumbuh dari sel adenosid rongga rahim dan bukan dari perkembangan sekunder kanker lain dalam rongga perut lebih mungkin untuk di atasi dan disembuhkan. Tentu saja dengan syarat kanker dapat terdeteksi awal pada stadium 0 atau 1.

Tentu saja untuk itu, Anda perlu memahami dengan baik apa saja tanda-tanda kanker rahim stadium awal. Ini membantu pasien memahami lebih dini bilamana dirinya memang mengalami masalah kanker rahim. Dan menurut sumber cancer.net, berikut adalah sejumlah gejala kanker rahim stadium awal.

  • Nyeri pada Perut dan Pinggang

    Kasus kanker rahim yang berkembang pada dinding adenosid rongga rahim biasanya memicu pasien mengeluhkan rasa nyeri yang menekan pada perut hingga pinggang. Gejala kanker rahim ini datang sewaktu-waktu, tetapi kadang muncul cukup kuat pada saat setelah melakukan aktivitas seks. Pada wanita usia subur, rasa nyeri bisa semakin kuat pada saat menstruasi datang.

  • Perut Membesar

    Jaringan ligamen pada rongga rahim yang mengalami efek inflamasi karena invasi sel kanker biasanya akan membengkak. Ini membuat pasien tampak memiliki perut yang besar dan sedikit terasa keras.

  • Rasa Nyeri saat Kencing

    Karena lokasi rahim yang berdekatan dengan ginjal dan kandung kemih, banyak pasien stadium awal juga mengeluhkan gejala kanker rahim dengan nyeri pada saat kencing kadang juga disertai efek kesulitan untuk kencing. Ini karena perkembangan sel kanker pada dinding rahim menekan organ-organ lain di sekitarnya.

  • Menstruasi Berat

    Kebanyakan kasus penyakit ini akan menimbulkan ciri-ciri kanker rahim dengan menstruasi yang berat. Darah yang dikeluarkan sangat banyak dengan periode yang panjang. Meski dinding endometrium tidak terinvasi, tetap saja kerusakan pada dinding luar rahim akan mempengaruhi dinding dalam rongga rahim.

  • Perdarahan

    Kasus perdarahan rahim memang biasanya lebih banyak terjadi pada kasus kanker endometrium. Tetapi efek dari kerusakan pada dinding luar rahim juga bisa memberi efek tekanan pada dinding dalam rahim dan memicu terjadinya perdarahan. Biasanya gejala kanker rahim berupa perdarahan terjadi relatif lebih ringan hingga hanya muncul bercak darah saja.

  • Rasa Lelah Berlebihan

    Karena efek serangan sel kanker banyak pasien juga mengeluhkan masalah kelelahan yang cukup berat. Bukan hanya itu pasien juga tampak mudah lesu dan lemas. Beberapa pasien juga mengalami gangguan libido akibat efek gangguan fungsi saraf pada area genital wanita.

  • Masalah Berat Badan

    Ciri-ciri kanker rahim pada umumnya juga mudah dikenali dari masalah selera makan yang menurun. Di saat yang sama pasien juga mudah meras mual dan muntah. Di saat yang sama, sel kanker secara agresif menarik lebih banyak nutrisi. Ini akan membuat pasien dengan cepat mengalami penurunan berat badan.

Memahami dengan baik apa saja ciri-ciri kanker rahim pada stadium awal akan membantu Anda mengenali lebih dini keberadaan kanker rahim. Ini akan meningkatkan kemungkinan hidup pasien dengan lebih efektif.

Jika Anda sudah benar-benar yakin bahwa keluhan-keluhan yang Anda alami adalah tanda-tanda kanker rahim, sebaiknya segeralah pastikan itu dengan periksa ke dokter. Semakin cepat ditangani, meskipun masih baru menunjukkan gejala-gejala saja, maka kemungkinan besar Anda tidak perlu menjalani berbagai jalan pengobatan yang lebih rumit.

Advertisement
Alinesia