Vitamin D Bantu Menjauhkan Anda dari Penyakit Gula Tipe 2

404

Diedit:

Percayakah Anda dengan judul di atas? Kenapa tidak? Sebuah studi di Tufts University Medical Center, Boston, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa vitamin D bisa menurunkan resiko Anda terkena penyakit gula.

Tentu tak perlu kita bahas lagi apa itu penyakit gula. Ya, ini diabetes melitus. Hasil penelitian di universitas tersebut menyebutkan bahwa vitamin D bisa memperbaiki sel yang memproduksi insulin, terutama pada mereka penderita penyakit gula tahap awal.

Penyakit gula tipe 2 banyak dijumpai pada mereka yang memiliki masalah obesitas dan kurang olahraga. Sudah bukan rahasia lagi, obesitas menyebabkan terjadinya penumpukan kadar gula dalam darah.

Kasarnya seperti ini, tubuh Anda harus membuang sejumlah besar kalori karena berat tubuh Anda yang melebihi normal, sementara yang Anda buang sehari-hari tak sebesar yang seharusnya dikarenakan aktivitas fisik Anda yang sangat minim.

Ketika kadar gula sudah meninggi, tubuh Anda tak mampu merespon insulin dengan baik, padahal insulin inilah yang mampu menetralkan darah Anda dari kadar gula yang berlebih.

Sinar Matahari, Vitamin D Terbaik

Berdasarkan hasil penelitian, resiko mereka yang memiliki asupan vitamin D yang cukup untuk terkena diabetes terhitung rendah. Apakah ingin mencoba kesahihan hasil penelitian ini?

Mengapa tidak? Bukankah vitamin D juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menguatkan otot dan tulang Anda? Bahkan bukan cuma itu saja, vitamin D bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung dan beberapa jenis kanker.

Jika saat ini Anda termasuk penderita obesitas, besar kemungkinan Anda masuk dalam zona pra-diabetes. Jadi, tak ada salahnya mengonsumsi vitamin D agar terhindar dari penyakit gula tahap lanjut. Betul?

Menariknya, vitamin D bisa didapat dengan mudah. Cukup dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Kecuali, Anda tak suka dengan yang gratisan pemberian Tuhan, karena mungkin khawatir kulit jadi gosong.

Baca juga:  Kenali Ciri-Ciri Diabetes Agar Terhindar dari Banyak Komplikasi!

Menu Vitamin D Terbaik untuk Membantu Penderita Pra-Penyakit Gula

Yang lebih sulit adalah menentukan menu bervitamin D bagi Anda yang harus menghindari kolesterol, sementara kita tahu vitamin D banyak terkandung di hati, keju, telur, dan ikan.

Pernah dengar menghindari kolesterol sangat baik jika Anda adalah penderita penyakit gula, meskipun masih tahap awal atau bahkan pra-penderita? Kolesterol jika jumlahnya melebihi batas normal yang dibutuhkan tubuh tentu berbahaya bagi siapa saja, bukan cuma penderita penyakit gula.

Lalu, bagaimana kita berdamai dengan situasi yang demikian? Anda tak suka berjemur, dan Anda diet kolesterol. Tenang, ada satu buah yang bisa Anda andalkan, buah Noni.

Buah ini kaya akan vitamin, bukan cuma vitamin D saja. Ada kandungan vitamin C, E, dan K yang cukup tinggi dalam buah ini. Apalagi, saat ini Anda tak perlu repot membuat sari buah Noni sendiri.

Sudah banyak Noni juice yang dijual di pasaran, tapi hati-hati jangan membeli sembarang merk. Pastikan Anda mengonsumsi olahan buah Noni yang terbaik, demi kesehatan Anda.

Teruskan membaca di Memahami Dulu Penyebab Diabetes dan Obat Diabetes untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Advertisement
Alinesia