Tips Perawatan Wajah Berdasarkan Golongan Darah

655

Diedit:

Anda mungkin pernah mendengar mengenai identifikasi karakter dengan golongan darah yang biasa dipercaya oleh masyarakat dari kawasan Asia Timur. Atau juga cukup familier dengan beberapa pandangan medis mengenai kondisi genetik yang dibawa oleh golongan darah berdasarkan riset dari salah satu pakar diet asal Jepang.

Belakangan, muncul pandangan baru mengenai tips perawatan wajah dengan pendekatan golongan darah. Pandangan ini masih menggunakan sudut pandang yang sama dengan sudut pandang kesehatan genetik dan tipe diet untuk golongan darah.

Perawatan Wajah Berbeda Tiap Golongan Darahnya

Dalam pandangan ini diyakini bahwa setiap golongan darah secara genetik membawa sejumlah faktor yang menyebabkan kondisi tertentu pada wajah dan kulit seseorang. bahwa mereka dengan golongan darah A akan memiliki sejumlah kondisi yang secara khas akan berbeda dengan mereka dari golongan darah O dan demikian seterusnya.

Memang pandangan mengenai karakter kulit berdasarkan golongan darah, belum terlalu banyak dikaji mendalam, namun konsep yang juga berangkat dari sejumlah peneliti dermatologi asal Jepang ini meyakini adanya efektivitas dalam menentukan perawatan wajah yang disesuaikan dengan karakter khas yang dibawa oleh golongan darah.

Salah satu pioneer dari pemanfaatan konsep perawatan wajah dengan acuan golongan darah, Dr. James D’Adamo, menjelaskan bahwa prinsip dasar dari perawatan wajah berbasis golongan darah adalah melakukan perawatan dengan berdasarkan pada karakter genetik yang dibawa dari setiap golongan darah.

Menurutnya, golongan darah merupakan satu bentuk dasar pemetaan karakter dari seluruh tubuh. Setiap golongan darah akan membentuk sejumlah ciri khas dalam tubuh seperti titik kerentanan, titik kekuatan dan tentu saja sejumlah karakter pada seluruh bagian tubuh, termasuk kulit dan wajah. Alasan ini menjadi dasar kenapa perawatan wajah yang cukup dengan mengacu pada karakter golongan darah bisa dianggap efektif.

Perawatan Wajah Berdasarkan Golongan Darah

Apakah Anda tertarik untuk mencoba mengenali apakah karakter kulit Anda sesuai dengan gambaran dari sifat genetik kulit golongan darah? Anda bisa bandingkan kondisi kulit Anda dengan karakter bawaan golongan darah berikut ini serta bagaimana cara perawatan wajah yang tepat untuk jenis kulit Anda.

1. Golongan darah A

Kulit pada golongan darah A memiliki beberapa kelebihan seperti pori-pori yang kecil, keringat dan minyak yang sedikit serta kulit yang cenderung lebih halus. Jelas ini memberi Anda cukup keuntungan karena pada umumnya Anda tidak akan membutuhkan banyak lapisan untuk mengatasi kekurangan pada wajah.

Pada dasarnya, gunakan make up yang ringan karena kulit Anda membutuhkan ruang cukup untuk bernafas mengingat pori-pori yang Anda miliki kecil. Pilih jenis foundation yang tidak berat dan hindari pelapisan berlebihan yang menutup pori.

Baca juga:  Takut Gagal Operasi Plastik Kecantikan? Baca Artikel Ini Sebelum Memutuskan

Selain itu, tubuh Anda memiliki masalah dalam mengatasi suhu karena keringat yang jarang. Untuk menjaga suhu tubuh dan melindungi sistem dalam tubuh Anda, sebaiknya perbanyak makan sayur ketimbang protein hewani. Karena protein hewani mendorong panas tubuh meningkat dan ini bukan kondisi yang baik bagi golongan darah A.

Toleransi kulit pada perawatan wajah dengan sarat kandungan kimiawi cukup rendah sehingga kulit Anda juga mudah mengalami iritasi dan kering. Lakukan perawatan alami yang sifatnya membantu menenangkan dan melembabkan kulit karena ini akan membantu kulit Anda tidak kering dan iritasi.

Perhatikan masalah kulit yang mengering dan penuaan dini karena kulit Anda tak banyak memproduksi minyak alami. Perawatan wajah dengan minyak essensial seperti minyak zaitun atau minyak kelapa akan efektif untuk kulit Anda.

2. Golongan darah B

Beberapa pakar dermatologi beranggapan bahwa kulit kalangan bergolongan darah B memiliki sifat sangat sensitif. Kutikula kulit sangat tipis dengan warna kulit yang dangkal, sehingga kondisi kulit menjadi relatif mudah terpengaruh cuaca, perubahan perawatan, make up, kondisi lingkungan bahkan suasana hati dan pola makan Anda.

Mereka dengan golongan darah B cenderung memproduksi keringat dan minyak lebih banyak untuk mengimbangi metabolisme mereka yang tinggi. Kulit mereka juga sedikit memiliki masalah dengan kadar ph yang seimbang sehingga mudah teriritasi oleh kandungan alkali tinggi. Kondisi ini membuat mereka cenderung lebih aman menggunakan perawatan kulit dengan basis bahan berkadar sedikit asam.

Perawatan dengan bahan minyak, susu dan krim akan terlalu memberatkan sifat kulitnya dan kadang memicu jerawat serta komedo. Hindari pula jenis perawatan dengan kadar wewangian berlebihan yang kadang menyebabkan kulitnya menjadi lebih rentan.

Selain juga untuk berhati-hati dengan pemilihan produk scrub yang bisa jadi malah melukai kutikula kulit Anda yang tipis. Kutikula tipis ini pula yang menyebabkan kulit golongan darah B mudah memiliki bekas luka dan bekas jerawat berupa lubang pada wajah. Perlu perawatan lebih panjang untuk mengembalikan tekstur wajah mereka dari golongan darah B.

3. Golongan darah AB

Bila dikatakan tubuh bergolongan darah AB memiliki karakter yang cenderung kompleks, justru kulit dari golongan darah AB cenderung lebih mudah beradaptasi. Mereka cenderung lebih tahan terhadap paparan sinar matahari juga tahan terhadap sejumlah paparan penyebab kerusakan kulit termasuk make up dan radikal bebas dari lingkungan.

Namun, pembuluh darah AB memiliki kecenderungan untuk mengalami anemia. Karakter ini menyebabkan biasanya kulit mereka terlihat pucat. Meski dalam beberapa tradisi, kulit yang pucat menjadi salah satu standar kecantikan.

Boleh dibilang kulit Anda cukup bandel, tetapi ternyata kulit Anda tak cukup kuat melawan penuaan dini. Kulit golongan darah AB lebih cepat mengalami proses penuaan dari yang lain. Beberapa pakar memperkirakan adanya kaitan anemia dengan kulit yang mudah menjadi kusam dan menua, ini karena kulit tidak mendapatkan cukup oksigen dari darah.

Baca juga:  9 Bahan Alami yang Manjur Menghilangkan Bintik Lemak di Wajah

Karenanya, akan lebih sehat untuk memperhatikan kesehatan kulit Anda dengan terapi mineral dan pelembab ringan. Beberapa pakar dermatologi sebenarnya memberi lebih banyak ruang untuk golongan darah B memilih perawatan dan make up untuk kulit mereka. Tetapi perawatan wajah alami terbaik untuk golongan darah AB adalah terapi masker putih telur. Karena putih telur membantu mengikat oksigen dan membantu mengatasi kelebihan minyak pada wajah. Lakukan terapi hanya selama 1 menit untuk menghindari kulit mengering.

4. Golongan darah O

Golongan darah O memiliki karakter unik untuk bertahan pada udara dingin. Ini karena metabolisme mereka cukup tinggi disertai selera makan mereka yang tinggi terhadap jenis daging dan ikan.

Tetapi hal berbeda berlaku pada udara panas dan paparan matahari. Metabolisme ini mendorong mereka lebih banyak berkeringat dan memproduksi minyak. Akibatnya, pori-pori mereka menjadi cukup besar, kadang mereka memiliki tekstur kulit yang tidak lembut. Dan kabar buruknya lagi, kondisi ini membuat kulit mereka lebih rentan terhadap matahari. Kulit sangat mudah menguapkan kadar air di dalamnya sehingga kulit mudah sekali kering.

Kunci dari perawatan wajah untuk golongan darah O adalah tidur yang cukup. Ini untuk mengimbangi metabolisme mereka yang tinggi. Tidur yang cukup artinya tidak kurang dan tidak lebih karena keduanya akan menyebabkan kulit kusam dan kehilangan cahayanya.

Gunakan pembersih wajah dengan sifat ringan, seperti gel atau lotion. Foam cleanser atau krim susu pembersih jelas bukan pilihan untuk golongan darah O yang sudah berlimpah minyak. Kulit Anda sangat lembab selama Anda menjaganya tetap di dalam dengan mencegah penguapan berlebihan oleh sinar matahari.

Karenanya pastikan Anda menggunakan SPF untuk membantu Anda lebih kebal terhadap sinar UV. Sinar UV juga bekerja cepat menggelapkan kulit Anda, selain kulit Anda juga rentan dengan bekas luka dan jerawat.

Mereka dengan golongan darah O memiliki bentuk tubuh dan wajah yang cukup jelas dan kuat, tetapi bertekstur kurang halus. Jadi tak ada salahnya membantu menampilkannya dengan penerapan make up yang tepat, tetapi hindari produk non oil free mengingat kondisi kulit Anda.

Berdasarkan gambaran di atas, apakah kondisi kulit Anda memang sesuai dengan karakter kulit berdasarkan golongan darah Anda sendiri? Bila benar demikian, tidak ada salahnya menjajal beberapa tips perawatan wajah di atas untuk membantu kulit Anda lebih sehat.

Advertisement
Alinesia