Tips Mengecilkan Pori-Pori Wajah secara Natural


By Cindy Wijaya

Salah satu masalah kecantikan yang kerap mengusik para wanita adalah keluhan ukuran pori-pori yang besar dan terkesan terbuka pada wajah. Pori-pori yang besar dan tampak jelas memberi kesan wajah kusam dan tidak segar. Untuk itulah pada kesempatan ini kami akan mencoba mengulas mengenai tips mengecilkan pori-pori pada wajah.

Kasus pori-pori besar erat kaitannya dengan masalah kulit berminyak. Pada kulit berminyak, proses keluarnya minyak berlebih pada kulit kerap membuat kotoran yang terjebak di dalam pori-pori mengeras dan akhirnya membentuk sebum. Sebum demi sebum bahkan jerawat yang terjebak dalam pori-pori inilah yang kemudian melebarkan ukuran pori-pori.

Kebanyakan orang menyerah dengan urusan pori-pori ini dan menganggapnya sebagai kondisi permanen yang tidak bisa lagi diatasi. Sekalipun keluhan jerawat dan sebum sudah bisa diatasi, rupanya sisa pori-pori besar masih menjejak pada wajah dan sulit untuk dihilangkan. Akhirnya banyak orang memilih membiarkan pori-pori besar ini dan bersiasat dengan menutupnya menggunakan make up. Tidak mereka sadari cara ini justru semakin menciptakan masalah pada pori-pori besar mereka.

Make-up tebal tadi malah masuk ke dalam pori-pori, membentuk sumbatan baru, dan bisa menjadi masalah baru bagi wajah. Sebagaimana dikatakan di atas, mereka dengan pori-pori besar biasanya juga memiliki masalah kulit berminyak. Dan ketika sisa make-up terjebak dalam pori-pori kemudian tercampur dengan minyak alami wajah, kadang inilah yang membuat jerawat batu atau sebum besar, dan membentuk pori-pori makin besar.

Sembarangan memilih perawatan kulit untuk pori-pori besar juga kadang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan kering. Padahal sebenarnya minyak alami pada kulit itu juga penting untuk menjaga kelembapan kulit dan menahan proses penuaan. Sebenarnya ada beberapa cara alami untuk mengatasi pori-pori besar, sebagaimana tips mengecilkan pori-pori wajah berikut ini.

  • Terapi Es

    Bersihkan wajah dan gunakan sebuah balok es kecil dan oleskan pada wajah selama kisaran 10 detik. Lakukan di sore hari ketika kulit tidak lagi terpapar panas matahari, karena justru bisa menyebabkan iritasi kulit. Beberapa pakar kecantikan malah menyarankan Anda membekukan beberapa ml jus tomat atau jus lemon untuk perawatan ini.

  • Madu dan Yoghurt

    Madu adalah salah satu bahan alami yang terbukti membantu meredakan keluhan pemilik kulit berminyak. Mengandung anti bakteri dan potassium yang membantu menekan pembentukan sebum pada pori. Juga manfaatkan yoghurt yang mengandung sejumlah senyawa asam alami dan vitamin C untuk mengangkat kulit mati dan menekan membantu mengembalikan kesegaran kulit berminyak termasuk membantu mengecilkan kembali pori-pori pada wajah. Padukan kedua bahan ini sebagai masker dan lakukan setiap sekitar 10 menit setiap 5 hari sekali.

  • Cuka Apel

    Cuka apel terbukti berkhasiat mengecilkan pori-pori berkat kandungan antibakteri dan senyawa asam di dalamnya. Campurkan setidaknya 100 cc air mineral dengan 1 sendok makan air cuka apel. Aduk rata dan oleskan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit. Bersihkan dengan air dingin dari kulkas untuk membantu memaksimalkan hasilnya. Lalukan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Infused Water

    Anda pernah mendengar infused water? Air ini sebenarnya air biasa, hanya di dalamnya direndam sejumlah jenis buah segar dengan rasa asam segar seperti kiwi, lemon, jeruk, strawberry, dan lain sebagainya. Biasanya butuh waktu sekiar 12 – 24 jam di dalam lemari pendingin untuk melarutkan nutrisi buah dalam air. Selain baik untuk mengembalikan kesegaran tubuh bila dikonsumsi, air dengan suhu rendah ini juga baik untuk mencuci wajah. Manfaatkan air rendaman buah ini untuk sentuhan terakhir setelah Anda membersihkan make-up pada wajah. Nutrisi dan senyawa asam yang larut di dalamnya mencegah pembentukan sebum dan membantu mengatasi pori-pori besar.

  • Jus Timun dan Air Mawar

    Rendam mawar segar dalam air dan diamkan selama 24 jam. Manfaatkan air rendaman ini dengan mencampurnya dengan jus timun. Oleskan pada wajah dan diamkan 15 menit. Lakukan setiap 3 hari sekali dan dapatkan hasil optimal setelah beberapa pekan.

  • Putih Telur dan Air Lemon

    Campur 1 sendok makan putih telur yang sudah dikocok dengan 1 sendok teh air perasan lemon. Aduk dan manfaatkan sebagai masker pada wajah selama 15 menit. Bersihkan dengan air dingin untuk mendapatkan hasil optimal. Masker putih telur akan mengangkat kotoran yang terjebak dalam pori, sedangkan air perasan lemon membantu mengecilkan pori-pori berkat kadar asamnya.

Jadi, mana dari tips mengecilkan pori-pori di atas yang sekiranya cocok bagi Anda? Manfaatkan satu dari banyak tips di atas dan jangan gabungkan beberapa cara sekaligus, karena beberapa tips mengecilkan pori-pori bisa membuat kulit menjadi kering dan iritasi bila dilakukan berlebihan.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.