Tips Diet Sehat: Atasi Hormon Lapar Anda

254

Diedit:

Kadang Anda mengeluhkan bagaimana diet Anda gagal total hanya karena Anda seperti terus menerus merasa lapar. Niat hati mengendalikan makan, justru berakhir dengan makan besar yang tak rampung-rampung. Jangan-jangan masalah Anda terletak pada hormon lapar Anda yang berlebihan. Ini dia tips diet sehat yang bisa membantu Anda mengatasi situasi ini!

Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis hormon yang berkaitan dengan rasa lapar dan kenyang. Hormon yang memicu rasa lapar bernama Ghrelin dan hormon yang menyebabkan rasa kenyang bernama leptin. Tips diet sehat kali ini berbicara tentang bagaimana cara untuk mengendalikan produksi hormon lapar.

Ghrelin merupakan hormon yang diproduksi oleh sistem pencernaan manusia ketika lambung dan perangkat pencernaan lain meningkatkan aktivitasnya untuk mencerna makanan. Ghrelin akan dikirim menuju otak untuk memerintahkan diri Anda segera makan. Ghrelin muncul secara periodik tiap 4 -6 jam sekali dan biasanya berkaitan dengan kondisi lambung yang kosong sekaligus pula terkait dengan ritme sistem pencernaan untuk aktif bergerak peristaltik menggilas makanan.

Ghrelin juga mendorong tubuh menurunkan metabolisme, menurunkan pembakaran lemak dan meningkatkan selera makan. Itu sebabnya ketika Anda lapar, Anda merasa sedikit lesu dan kadang merasa pusing. Ini berlawanan dengan leptin yang justru memacu metabolisme, meningkatkan pembakaran lemak untuk membentuk energi dan mendorong aliran darah lebih kencang.

Untuk itu, penting bagi seseorang yang menjalani diet, untuk menekan produksi ghrelin dan membantu memicu produksi leptin. Adapun cara untuk meningkatkan hormon lapar tersebut antara lain.

Sarapan dengan Protein Tinggi

Dalam riset yang dikembangkan oleh American Journal of Clinical Nutrition Found ditemukan fakta bahwa memulai hari dengan sarapan sarat protein tinggi akan menekan produksi ghrelin lebih baik dari sarapan dengan karbohidrat tinggi. Protein cenderung lama dicerna dan menimbulkan efek perut penuh lebih lama. Ini membantu Anda tidak terlalu berselera makan di waktu siang.

Baca juga:  Gula Alkohol: Pemanis Buatan Pengganti Gula Biasa?

Makan dengan Teratur

Pastikan makan di jam yang sama setiap harinya sehingga otomatis terbentuk ritme tetap pada sistem pencernaan Anda. Dengan demikian produksi ghrelin akan terjadwal, Anda bisa makan secukupnya dan ghrelin otomatis turun. Selain itu cara ini membuat Anda dengan mudah pula menghindari munculnya rasa lapar yang datang tidak tentu.

Pastikan Tidur Cukup

Sebuah riset lain yang dikembangkan oleh PLOS Medicine ditemukan adanya kaitan produksi ghrelin dengan kurang tidur. Ketika tidur, seseorang akan menurunkan produksi hormon ghrelin. Ketika Anda tidur cukup, tanpa rasa gelisah tentu saja, Anda akan bangun tanpa merasa lapar. Ini akan memberi Anda waktu untuk menyesuaikan kondisi pencernaan Anda sebelum memulai sarapan. Juga membantu tubuh membakar sisa lemak hari kemaren untuk aktivitas pagi Anda sebelum mengisinya kembali.

Hindari Diet Rendah Kalori

Diet rendah kalori memaksa tubuh membakar cadangan lemak untuk membentuk energi. Selintas cara ini efektif karena secara otomatis Anda juga memakan lebih banyak cadangan energi untuk proses pembakaran. Namun sayangnya, kondisi ini memunculkan sinyal kekurangan kalori yang berarti pula sebagai penanda untuk memproduksi ghrelin. Itu sebabnya banyak pelaku diet rendah kalori malah mengakhiri dietnya dengan balas dendam dengan mengkonsumsi makanan berlebihan.

Banyak Makanan Manis

Siapa sangka makanan manis mendorong seseorang semakin mudah lapar. Makanan manis akan bekerja berlawanan arah dengan insulin. Dan ketika tekanan terhadap insulin terlalu tinggi, maka otomatis produksi ghrelin meningkat yang pada akhirnya memicu Anda merasa kembali lapar.

Hindari Stress

Beberapa orang memang kerap mengeluh menjadi lebih banyak makan ketika merasa stress. Faktanya, menurut UT Southwestern Medical Center, ketika seseorang merasa stress, untuk menurunkan efek tekanan tubuh memproduksi hormon ghrelin. Ketika hormon ini bisa diturunkan tentu saja dengan makan, tubuh akan memproduksi hormon-hormon anti depresi.

Baca juga:  Diet Tanpa Rasa Lapar? Coba 8 Tips Untuk Mengurangi Porsi Makan Ini

Itulah beberapa tips diet sehat yang membantu Anda untuk menekan produksi hormon ghrelin yang menyebabkan Anda merasa lapar. Mengendalikan rasa lapar jelas menjadi pilihan bijak dalam menjalankan diet yang sehat.

Advertisement
Alinesia