Tidur: Bagaimana Cara Menikmati Tidur Malam Yang Nyenyak?


By Fery Irawan

Seorang spesialis tidur di Brasil mengatakan bahwa 35% penduduk di seluruh dunia mengalami insomnia, sayangnya dari antara mereka yang mengalami hal ini tidak sadar apa penyebabnya. Beberapa orang menganggap kesulitan tidur sebagai hal yang biasa saja dan tidak mengambil langkah untuk mengatasinya, alhasil keesokkan harinya rasa kantuk menyerang dan mereka merasa kesal karena sulit beraktivitas. Adakah solusinya?

Cara Menikmati Tidur Malam yang Cukup

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, Anda perlu melakukan higiene tidur. Apa itu? Ini bukanlah kebiasan mandi sebelum tidur, tapi serangkaian cara guna mengendalikan stres dan perasaan khawatir sebelum tidur—walau demikian mandi air hangat sebelum tidur juga dapat membantu.

Olahraga

Melakukan rutin olahraga pada pagi maupun sore hari selama 30 hingga 45 menit akan membantu otot tubuh agar lebih relaks saat beristirahat. Saat berolahraga, cobalah untuk memilih jenis olahraga ringan yang tidak menimbulkan cedera otot yang berat.

Relaksasi

Jika Anda senang menonton televisi pastikan agar tidak melihat acara yang menegangkan, misterius, ataupun mengerikan. Halnya sama jika Anda gemar membaca buku ataupun mendengar musik, mengapa? Hal-hal yang memacu adrenalin hanya akan membuat Anda terjaga.

Lingkungan

Para ahli juga menganjurkan agar melakukan pemrogaman pada otak, sehubungan dengan makna “ranjang” hanya sebagai tempat tidur, bukan untuk makan, bekerja, belajar, maupun nonton TV atau main video game. Ini dilakukan dengan cara berbaring hanya saat Anda merasa ingin tidur, hindari meletakkan barang-barang elektronik yang dapat mengganggu Anda.

Selain itu, pastikan agar lingkungan atau kamar tidur Anda memiliki suhu ruangan yang mendukung untuk istirahat, jauh dari kebisingan, memiliki pencahayaan yang cukup redup, memiliki kasur yang empuk disertai dengan bantal yang nyaman. Tapi, ingatlah bahwa kelebihan tidur juga tidak baik, karena dapat merusak pola yang telah terbentuk sehingga Anda harus mulai dari awal lagi.

Pola Makan

Hal lainnya yang juga tak kalah penting adalah pola makan, hidarilah makan berlebihan atau membiarkan perut kosong sewaktu hendak tidur, karena menimbulkan risiko yang berbahaya bagi kehidupan. Hindari minuman berbahan kola, teh, kopi, cokelat, dan alkohol—ini adalah jenis minuman yang dapat merangsang dan menekan saraf, bukan membuat Anda relaks.

Sebaiknya konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan kadar senyawa serotonin dalam tubuh seperti; ubi jalar, mangga, kesemek, pisang, toge, dan kacang. Walau nasi juga termasuk, Anda juga perlu waspada akan peningkatan berat badan. Dan, jika Anda menghitung jumlah waktu dalam 1 hari, ini memperlihatkan ada ⅓ waktu yang dihabiskan hanya untuk istirahat. Maka dari itu tidur sangat penting bagi regenerasi sel dalam tubuh Anda, kualitas tidur yang baik akan membuat Anda segar.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}